Inilah Fungsi Surat Keterangan Masih Bekerja

Berikut ini adalah penjelasan tentang fungsi surat keterangan masih bekerja yang wajib diketahui oleh para pegawai. Perhatikan poin-poinnya.

Kegunaan dan Fungsi Surat Keterangan Masih Bekerja
ilustrasi freepik/@stories

CEROBOH – Pernah dengar surat keterangan kerja? Tahu nggak sih, surat keterangan kerja itu surat untuk apa? Jika tak tahu, mari ulas sedikit.

Surat keterangan kerja merupakan surat yang menginformasikan posisi kerja seseorang sekaligus memberikan konfirmasi tentang posisi pekerjaan seseorang dalam sebuah perusahaan.

Biasanya yang menulis surat keterangan kerja adalah HRD atau personalia–yang memiliki wewenang dalam perusahaan tersebut.

Lalu, apa saja sih, fungsi surat keterangan masih bekerja dari surat keterangan kerja?

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan surat keterangan kerja bagi karyawan perusahaan:

Sebagai Syarat Untuk Menarik Dana BPJS

Kegunaan dari surat keterangan kerja pertama adalah sebagai syarat ketika kita ingin menarik BPJS ketenagakerjaan. Jika tak ada surat keterangan kerja, kemungkinan tak bisa mencairkan dana BPJS.

Sebab untuk mencairkan dana BPJS, salah satu surat penting yang mesti kamu lampitkan adalah surat keterangan kerja yang telah mendapat legalisir dari perusahaan tempat kamu bekerja, sekaligus fotokopian suratnya.

Jika kamu melampirkan surat keterangan kerja, kamu akan bisa menarik dana BPJS hingga 30 persen meski statusmu di perusahaanmu hanya sebagai karyawan.

Lihat juga: Etos Kerja Orang Jepang

Untuk Mencari Pekerjaan Baru

Fungsi surat keterangan masih bekerja selanjutnya dari surat keterangan kerja tentu saja untuk mencari pekerjaan baru di perusahaan lain. Ini sih, sudah menjadi rahasia umum, ya.

Seringnya surat keterangan kerja memang digunakan untuk referensi mencari pekerjaan baru di tempat lain. Selain itu, surat keterangan kerja bisa digunakan untuk membuat catatan sejarah atas pengalaman karier yang kamu lewati selama ini.

Ini berarti bahwa, perusahaan tempat kamu kerja selanjutnya bisa melihat pencapaian-pencapaian yang telah kamu raih selama ini. Dan tentu saja itu akan membantu sekali.

Tapi perlu dicatat.  Surat keterangan kerja bisa kamu peroleh jika kamu pernah menempati posisi sebagai supervisor. Sebab, menjadi supervisor adalah bukti jenjang kariermu.

Untuk Mengajukan Beasiswa Profesional

Jika kamu ingin mendaftar kuliah dan telah memiliki pengalaman kerja di suatu perusahaan, kamu bisa menggunakan surat keterangan kerjamu dengan jalur beasiswa profesional.

Banyak kok, beasiswa profesional jika kamu jeli untuk mencarinya. Baik beasiswa dari pemerintah ataupun dari pihak-pihak swasta.

Untuk memperoleh beasiswa jenis ini, kamu akan dimintai lampiran surat keterangan kerja yang sah sekaligus yang dilegalisir perusahaan tempat kamu kerja.

Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja

Untuk Melakukan Pinjaman di Bank

Terakhir, fungsi surat keterangan masih bekerja yaitu bisa berguna ketika kamu melakukan pinjaman ke suatu bank. Biasanya untuk meminjam di bank, kamu akan dimintai surat keterangan kerja buat persyaratan.

Ini dikarenakan, pihak bank membutuhkan keterangan yang jelas mengenai posisimu di perusahaan tempat kamu bekerja. Jadi, nanti bank akan tahu mana pinjaman yang mampu untuk kamu bayar.

Itulah beberapa kegunaan dari surat keterangan kerja atau SKK. Sekarang sudah tahu kan, fungsi dari surat keterangan kerja itu buat apa saja?

BERI KOMENTAR