Hari Pertama Kerja? Inilah 5 Hal Yang Harus Dilakukan

Hari pertama kerja memang banyak canggungnya, suasana baru membuatmu serba bingung mau melakukan apa. Benar kan?

Hari Pertama Kerja? Inilah 5 Hal Yang Harus Dilakukan

CEROBOH – Kamu adalah seorang pelamar kerja? Dan kini telah melewati tahap-tahap seleksi dan kemudian akhirnya diterima?

Pasti tak sedikit dari kamu yang sekarang mengalami kebingungan sendiri. Bingung tentang, bagaimana sih, cara beradaptasi dengan tempat kerja yang baru?

Kadang-kadang kamu bingung sendiri bagaimana menanggulangi ketakutanmu. Misalnya ketika jam makan siang, kamu bingung harus makan siang seperti apa?

Lalu apa saja yang harus dilakukan di hari pertama kerja?

Nah, untuk mengurangi rasa bingungmu itu, mungkin beberapa cara di bawah bisa kamu coba agar impresi kerja di hari pertamamu baik:

Cobalah untuk Mengajak Berkenalan Karyawan Lain

Hari Pertama Kerja? Inilah 5 Hal Yang Harus Dilakukan

Hari pertama kerja, yang harus kamu lakukan agar impresi pada dirimu baik di tempat kerja barumu yaitu, dengan mencoba mengajak berkenalan pada rekan tempat kerja.

Misalnya saja, kamu memperkenalkan dirimu dengan menyebutkan namamu. Kemudian sambung dengan cerita-cerita tentang betapa bagusnya perusahaan barumu.

Kamu juga bisa bertanya-tanya terkait budaya apa saja yang biasa diterapkan di dalam perusahaan tersebut.

Menjadi seorang karyawan baru jangan menyurutkanmu untuk mengajak karyawan lain dengan berbagai divisi. Terutama karyawan yang satu divisi denganmu.

Sebab bagaimanapun, kamu harus menjadi seorang karyawan yang pandai beradaptasi dengan cepat dan baik. Dan tentu ini akan menciptakan impresi yang baik untukmu.

Berkeliling Area Kantor agar Saling Mengenal Lebih Dalam

Hari Pertama Kerja? Inilah 5 Hal Yang Harus Dilakukan

Cara selanjutnya setelah mencoba mengajak berkenalan dengan karyawan lain, yaitu dengan menyempatkan berkeliling ke seluruh sudut kantor.

Agar kamu tahu dan mengenal lebih dalam setiap sudutnya, sekalian berkenalan dengan lebih banyak orang lain.

Biasanya sih, HRD atau atasan dalam divisi lain juga akan membimbing dan memperkenalkanmu dengan berbagai divisi lain di hari pertama.

Jika kamu berkeliling kantor, kemungkinan besar ketakutanmu akan berkurang dan lebih tenang. Dan tentu saja akan menghasilkan impresi baik di hari-hari mendatang.

Datanglah ke Kantor Tepat Waktu

Hari Pertama Kerja? Inilah 5 Hal Yang Harus Dilakukan

Sebenarnya ini adalah hal paling penting yang harus kamu penuhi agar impresi di tempat kerja barumu baik.

Hadirlah tepat waktu. Apalagi di hari pertama kerja. Jika kamu telat, tentu saja atasanmu akan berpikiran, hari pertama saja telat. Apalagi hari-hari selanjutnya?

First impression sangat penting guna menciptakan the next impression. Jika sejak awal kamu sudah menciptakan impresi kedisiplinan, tentunya para atasan dan karyawan lain akan terkesan dengan kedisiplinanmu.

Jadi, jika kamu adalah karyawan baru, hindari untuk telat di hari pertama, ya!

Jangan Mudah Berkomentar Tentang Tempat Kerja Barumu

Hari Pertama Kerja? Inilah 5 Hal Yang Harus Dilakukan

Jika kamu sudah mulai kenal satu persatu perihal karyawan lain dan para atasan serta sudut-sudut area tempat kerja, tentu kamu akan mendapatkan banyak cerita terkait perusahaan. Maka dari itu, hindarilah untuk berkomentar terkait perusahaan barumu itu.

Maka dari itu, semestinya cerita dan berita terkait perusahaan kamu simpan saja di dalam pikiran dan tak perlu lontarkan komentar-komentar. Karena berita yang kamu dapatkan belum tentu benar adanya.

Sebaiknya kamu fokus saja pada apa yang menjadi tugasmu di dalam divisimu. Untuk menghindari kesan-kesan negatif yang mungkin saja menimpamu. Misalnya saja kamu akan dibilang ceplas-ceplos dan nggak mikir nantinya.

Baca juga: Tanda-tanda Akan Dipecat Perusahaan

Aktif Bertanya Terkait Tugasmu di Tempat Kerja Barumu

Hari Pertama Kerja? Inilah 5 Hal Yang Harus Dilakukan

Seperti yang dijelaskan sekilas di pembukaan, di tempar kerja baru sebagian besar karyawam baru akan bingung harus melakukan apa ketika di hari-hari pertama masuk kerja. Termasuk bingung mengenai apa saja sih, sebenarnya tugasmu?

Nah, agar tak terlalu bingung, sebaiknya kamu aktif bertanya kepada teman satu divisi yang mungkin bisa menjelaskan deskripsi pekerjaanmu.

Penjelasan di atas adalah beberapa tips untuk membuat impresi baik di hari pertama kerja. Semoga kamu cepat beradaptasi dengan baik, ya!

BERI KOMENTAR