6 Ide Usaha Untuk Karyawan yang Sibuk Banget

Apakah kamu seorang karyawan yang sedang mencari usaha sampingan? Pertimbangkan beberapa ide usaha untuk karyawan berikut ini, yuk!

6 Ide Usaha Untuk Karyawan yang Sibuk Banget

Ceroboh.com – Setiap orang yang bekerja kantoran memang selalu mendapatkan gaji dengan nominal tertentu perbulannya.

Sayangnya, kadang-kadang gaji yang diberikan dari pihak perusahaan hanya mencukupi untuk kebutuhan makan, bayar kos/kontrakan dan hang-out sederhana bersama teman ataupun pasangan.

Misalnya memiliki keinginan untuk berinvestasi atau menabung, pastinya gaji tak bisa diandalkan. Maka dari itu, beberapa karyawan mencoba untuk berbisnis sampingan.

Kalau kamu adalah seorang karyawan yang ingin mencoba berbisnis sampingan untuk menambah penghasilan, sebenarnya banyak sekali berbagai jenis usaha sampingan bagi pegawai-pegawai kantoran.

Apa aja sih usaha yang bisa dilakukan oleh seorang karyawan yang sibuk banget?

Inilah 6 ide usaha untuk karyawan kantoran untuk menambah penghasilan:

Ide Usaha 1: Berjualan Kaos

6 Ide Usaha Untuk Karyawan yang Sibuk Banget
Instagram/@hootnblow

Jika kamu seorang karyawan dan kebetulan menyukai desain, kamu bisa berjualan kaos pre-order yang desainnya costum. Kerjaan ini sangat cocok buat desainer yang kerja part-time karena pagi harus kerja di pagi hari sampai siang atau sore. Kamu bisa mendesain gambar sesuai pesanan para pelanggan.

Jangan lupa juga bikin promo-promo menarik di sosial media supaya orang makin tertarik. Lumayan loh, keuntungannya. Bisa sekali untuk nambah-nambah untuk menabung. Lumayan, kan?

Baca juga: Ide Produk Jualan Untuk Pemula

Ide Usaha 2: Bisnis Jasa Titip (Jastip)

6 Ide Usaha Untuk Karyawan yang Sibuk Banget
Instagram/@urbanprovidoreaustralia

Biasanya jasa titip barangnya berasal dari luar negeri yang mana barang tersebut belum ada di Indonesia. Jadi, usaha jasa titip dilaksanakan dengan cara menyediakan jasa nitip belanja barang-barang tertentu lalu kita mengambil untung dengan mengambil komisi dari jasa titipan belanja tersebut.

Tapi seiring perkembangan, jasa titip tak hanya belanjaan yang berasal dari luar negeri loh. Tapi dari dalam negeri sendiri. seringnya sih, orang-orang jastip barang-barang yang ada di pameran-pameran/event-event tertentu. Lumayan loh, komisinya.

Tak perlu modal besar untuk membuka jasa titip. Karena kamu hanya akan modal tiket parkir sama uang bensin doang.

Ide Usaha 3: Menjadi Fotografer

6 Ide Usaha Untuk Karyawan yang Sibuk Banget
Instagram/@chechan.e

Kalau kamu adalah seorang karyawan yang memiliki hobi fotografi, mungkin kamu cocok dengan pekerjaan sampingan satu ini.

Daripada hasil karyamu hanya kamu pasang di instagram, mendingan kamu pasang di marketplace-marketplace tempat menjual foto-foto yang basisnya sudah luar negeri seperti shutterstock atau freepick. Semakin banyak yang download, tentu akan semakin banyak pula dolar yang masuk ke rekeningmu.

Kamu juga menawarkan keahlian fotografimu di instagram dengan jasa seperti kelahiran bayi, wedding, engaging atau foto-foto keluarga.

Ide Usaha 4: Membuka Jasa Catering

6 Ide Usaha Untuk Karyawan yang Sibuk Banget
Instagram/@makanajadah

Bagi kamu karyawan yang memiliki keahlian memasak, sepertinya membuka jasa catering sangat direkomendasikan. Pasalnya, usaha ini hanya bermodal keahlian memasak saja karena nanti kamu bisa membukanya dengan sistem pre-order. Jadi nggak bakalan rugi.

Kalau kamu pinter promo-promo hasil masakanmu ke teman-teman kantormu, ini bisa menjadi peluang besar buat kamu sebagai karyawan yang ingin mendapatkan uang tambahan selain gaji bulanan.

Ide Usaha 5: Membuat Crafting Pernikahan

6 Ide Usaha Untuk Karyawan yang Sibuk Banget
Instagram/@itstheflowershower

Tak perlu khawatir lagi kalau sebagai karyawan dan gajimu pas-pasan. Kamu bisa mendapatkan uang tambahan lalu bisa ditabung dengan membuka jasa pembuatan hantaran pernikahan.

Gencarkan promosi keahlian crafting-mu ke teman-teman kantormu atau teman sekitarmu yang ingin melangsungkan pernikahan atau lamaran.

Kalau harga crafting di luar terlalu mahal, kamu bisa menawarkan kepada mereka dengan harga yang lebih terjangkau. Pasti mereka pada mau. Coba deh.

Baca juga: Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Usaha 6: Membuka Jasa Gambar

6 Ide Usaha Untuk Karyawan yang Sibuk Banget
Instagram/@chloe_doodling

Untuk usaha satu ini, kamu bisa melakukannya ketika hari libur kerjamu atau di malam hari sepulang kerja. apalagi bidangmu sebelumnya kamu memang sudah ahli dalam urusan gambar menggambar digital.

Lumayan sekali loh membuka open comission gambarin orang lain. Satu gambar patok saja dengan harga lebih terjangkau. Pasti laris. Hasilnya nanti bisa kamu gunakan untuk menabung atau untuk sekadar travelling kecil-kecilan untuk melepas penat.

Itulah enam ide usaha untuk karyawan dengan modal minim tapi dapat menambah penghasilan selain gaji bulanan. Kalau ada yang cocok, coba deh terapkan salah satunya. Selamat mencoba. Goodluck, ya!

BERI KOMENTAR