Inilah 7 Jenis Investasi Syariah Paling Menguntungkan

Mau tau apa saja jenis-jenis investasi syariah yang ada di Indonesia? Berikut ini saya jelaskan investasi syariah paling menguntungkan yang ada.

Inilah 7 Jenis Investasi Syariah Paling Menguntungkan

Ceroboh.com – Semakin hari, kini sebagian besar masyarakat mulai menyadari dan memahami tentang betapa pentingnya berinvestasi. Namun, pada beberapa yang beragama Islam masih ragu perihal halal dan haramnya hukum berinvestasi.

Tapi ternyata ahli ekonomi Islam kini mencoba membangun investasi sesuai hukum fiqih Islam. Tentunya halal, mudah dan menguntungkan.

Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa berinvestasi akan menambah pemasukan-pemasukan di masa depan untuk kepentingan seperti dana hari tua, dana kesehatan, dana pendidikan, dana darurat dan masih banyak lagi.

Kalau kamu penasaran berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis investasi syariah menguntungkan dan tentu saja halal serta jelas hulu hilirnya.

Simaklah beberapa jenis investasi syariah paling menguntungkan yang bisa kamu pakai fasilitasnya berikut ini:

1. Investasi Reksadana Syariah

Investasi syariah pertama yang bisa kamu gunakan fasilitasnya, sekaligus juga menguntungkan yaitu investasi reksadana syariah.

Dalam pelaksanaanya, investasi reksadana diawasi dan dipantau oleh Dewan Syariah MUI. Dana yang dibutuhkan dalam reksadana syariah juga tak begitu tinggi.

Investasi reksadana syariah sebenarnya dikelola secara kolektif oleh manager investasi. Caranya adalah dengan menginvestasikan dana yang dikelola untuk dimasukkan daalam efek syariah. Misalnya saja sukuk, saham syariah dan intrumen-instrumen syariah lain di bank-bank syariah yang berkaitan.

Baca juga: Cara Hemat Uang Untuk Anak Kost

2. Investasi Pasar Modal Syariah

Investasi syariah yang menguntungkan selanjutnya yaitu investasi pasar modal syariah. Tentu saja investasi syariah satu ini tak bertentangan dengan prinsip syariah yang sudah ditetapkan.

Selain itu, investasi pasar modal syariah benar-benar berjalan sesuai koridor syariah Islam yang diberlakukan para ahli ekonomi Islam.

Untuk basis pasarnya, pasar modal syariah memang tetap sama dengan pasar-pasar modal pada umumnya. Pasar modal syariah juga mengikutsertakan jual beli saham dan sukuk serta modal.

3. Investasi Bisnis Syariah

Investasi syariah selanjutnya yaitu investasi bisnis syariah. Nah, investasi bisnis syariah ini seringnya diterapkan oleh para pebisnis syariah yang ada di sektor-sektor keuangan syariah.

Contohnya ketika memberikan modal kerja untuk pengusaha-pengusaha mikro, kecil maupun menengah (UMKM). Investasi bisnis syariah juga diterapkan pada korporasi dengan modal besar.

4. Investasi Emas Syariah

Yang sekarang sedang gencar-gencarnya diminati orang-orang dalam berinvestasi yaitu investasi emas. Sebab, keuntungan investasi emas, nilainya tetap stabil. Jadi tak salah jika orang banyak yang tergiur.

Jika harga emas naik, tentunya untung yang akan kita peroleh juga semakin tinggi. MUI pun menyampaikan secara jelas bahwa jika modal investasi tak cukup, bisa dibeli dengan cara kredit.

Hanya saja jika ingin investasi emas syariah, emas tak boleh dijadikan jaminan, tak bertambah selama masa perjanjian masih banyak lagi syarat investasi emas syariah yang perlu menjadi perhatian.

5. Investasi Tanah Syariah

Investasi syariah yang menguntungkan selanjutnya yaitu investasi tanah. Tentunya ini sudah jelas, bukan?

Kalau nggak percaya, coba sekarang kamu.membeli sebidang tanah, lalu biarkan bertahun-tahun. Pasti setelah dijual harganya lebih tinggi daripada harga beli awal.

Jadi sudah sangat jelas. Investasi tanah adalah investasi yang pasti untung karena setiap tahun nilainya bertambah.

6. Investasi Deposito Syariah

Investasi deposito syariah juga investasi yang menguntungkan. Pasalnya, selain semakin banyak diminati deposito syariah ternyata sudah dijalan di hampir semua bank syariah.

Yang membedakan investasi deposito syariah dengan investasi deposito lain yaitu sistem keuntungan yang diterapkan dengan menggunakan sistem bagi hasil.Bukan sistem bunga bank.

Lihat juga: Tabungan Haji di Bank Syariah Mandiri

7. Investasi Saham Syariah

Investasi selanjutnya juga merupakan investasi yang mulai banyak diminati oleh orang-orang yang menggunakan bank syariah. Yaitu investasi saham syariah.

Konsep saham yang diterapan adalah dengan konsep musyarakah dan syirkah. Jadi, konsep saham tersebut mengikutsertakan modal bersama dengan hak bagi hasil usaha.

Demikian jenis investasi syariah paling menguntungkan yang mungkin bisa kamu manfaatkan. Selamat berinvestasi, ya!

BERI KOMENTAR