Jenis-Jenis Emas Yang Populer dan Banyak Beredar

Pada tulisan ini akan dijelaskan jenis-jenis emas yang palin banyak beredar dipasaran. Saya merangkumnya menjadi lima jenis emas terpopuler.

Jenis-Jenis Emas Yang Populer dan Banyak Beredar

CEROBOH – Di zaman yang serba digital ini, emas tak hanya dimanfaatkan sebagai nilai tukar ataupun sebagai perhiasan saja. Namun, emas juga dimanfaatkan sebagai investasi.

Wajar saja, harga emas yang semakin hari naik, membuat salah satu media investasi ini digemari banyak orang karena menguntungkan.

Namun apakah emas hanya bisa diinvestasikan dalam bentuk perhiasan atau dalam bentuk emas batangan? Apakah hanya dua bentuk emas seperti itu yang beredar di pasaran?

Jika kamu bercita-cita ingin berinvestasi atau menabung dalam bentuk emas, sebaiknya kamu juga harus tahu dahulu.

Apa saja sebenarnya jenis dan bentuk emas yang beredar di pasaran?

Lalu apa saja jenis-jenis emas yang beredar di pasaran yang perlu diketahui?

1. Jenis Koin Emas

Jenis-Jenis Emas Yang Populer dan Banyak Beredar
foto instagram/@deigoldandsilvercoins

Jenis emas pertama yang harus kamu tahu sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi emas yaitu jenis koin emas. Nah, koin emas  kini masih digunakan untuk alat pembayaran internasional–dalam bentuk koin emas dinar.

Namun perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin berinvestasi emas, sebaiknya kamu tak berinvestasi dalam bentuk koin. Hal ini dikarenakan, emas masuk dalam kategori perhiasan yang yang terkena pajak.

Apalagi emas hanya memiliki harga jual tinggi jika dijual di forum/komunitas tertentu.

Di Indonesia sendiri, kamu akan menemui beberapa jenis koin emas yang beredar di pasaran. Mulai dari emas ONH, emas dinar hingga emas koperasi.

Baca juga: Tips Membeli Gelang Emas 24 Karat

2. Jenis Emas Batangan

Jenis-Jenis Emas Yang Populer dan Banyak Beredar
foto instagram/@endeavormetals

Jenis emas berikutnya yaitu jenis emas batangan. Buat kamu yang ingin berinvestasi atau menabung emas, menabung dalam bentuk emas batangan menjadi media terbaik kalau dibanding dengan jenis emas lain.

Tak seperti koin emas, emas batangan tak dikenai pajak. Nah, emas batangan yang terkenal di Indonesia yaitu emas batangan yang diproduksi oleh PT ANTM (Anake Tambang) dengan ciri khas logo berbentuk huruf LM pada batang emasnya.

Antam menjadi perusahaan emas terpopuler di Indonesia karena kualitasnya yang terjamin. Bahkan kamu akan menemukan emas batangan Antam dengan kadar hingga 99,99 persen.

3. Jenis Emas Perhiasan

Jenis-Jenis Emas Yang Populer dan Banyak Beredar
foto instagram/@originalmutiara.

Selain emas batangan, emas jenis lain yang bisa dijadikan instrumen investasi atau menabung adalah jenis emas perhiasan. Sebab meski harganya terbilang rendah dan tidak disarankan untuk dijadikan investasi, namun ada beberapa orang yang berinvestasi dengan emas perhiasan.

Nah. Selain mereka berinvestasi emas, mereka juga bisa memakainya karena emas indah, berkilau dan memiliki nilai estetika yang tinggi di mata masyarakat. Kita semua pasti tahu kan, bahkan perhiasan emas sendiri bisa menjadi simbol status sosial di dalam sebuah lingkungan.

Bentuk emas perhiasan sendiri memiliki banyak variasi yang kita temui. Mulai dari cincin, gelang, kalung hingga anting.

4. Jenis Emas Online

Jenis-Jenis Emas Yang Populer dan Banyak Beredar
foto instagram/@endeavormetals

Jenis emas selanjutnya yaitu emas online. Emas online sendiri merupakan emas yang diperjualbelikan oleh perusahaan emas seperti emas Antam atau emas di pegadaian. Jadi, kedua perusahaan ini memakai metode menabung emas.

Jadi, semisal kamu membeli emas di pegadaian contohnya, nanti perhitungannya bukan lagi berdasar pada kadar gram emas. Namun akan dikonversi sesuai harga jual emas saat itu dengan uang.

Jadi berkat teknologi yang semakin berkembang pesat, transaksi jual beli emas di Antam atau Pegadaian akan secara otomatis disesuaikan harga emas yang berlaku saat itu.

Lihat juga: Jenis-jenis Warna Emas

5. Jenis Emas Granule

Jenis-Jenis Emas Yang Populer dan Banyak Beredar
foto instagram/@dana_jewelleryoficial

Jenis emas terakhir yang bisa kamu jumpai yaitu emas granule. Sesuai dengan istilahnya, emas granule merupakan emas berbentuk butiran-butiran emas.

Jadi karena berbentuk butiran, emas akan mudah lebur jika dipanaskan. Sehingga, emas seperti ini akan mudah dibentuk perhiasan emas atau bentuk emas lain.

Perlu kamu tahu. Emas granule biasanya hanya dimiliki oleh para pengrajin emas atau di toko-toko emqs.

Itulah beberapa jenis emas yang beredar di pasaran. Sekarang sudah tahu kan, apa saja jenis-jenis emas yang mungkin bisa kita temui. Semoga artikelnya membantu ya!