Jenis-Jenis Tabungan yang Paling Banyak Penggunanya

Untuk mengatur keuangan yang ideal, mari simak pembahasan tentang jenis-jenis tabungan yang harus kamu ketahui

Jenis-Jenis Tabungan yang Paling Banyak Penggunanya

CEROBOH – Halo cer! Sudah tau kan bahwa menabung merupakan kegiatan yang manfaatnya bisa dirasakan untuk masa depan.

Selain itu aktifitas menabung juga bisa dikatakan aktifitas menyimpan harta dengan harapan bisa digunakan ketika ada keperluan mendadak.

Dengan tabungan, kondisi ekonomi keluarga bisa lebih aman ketika menghadapi resiko. Selain itu menabung juga bisa dikatakan sebagai kegiatan berinvestasi, yang bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan ini.

Namun, sepertinya tidak banyak yang tau. Bahwasannya jenis tabungan itu bermacam-macam. Agar kondisi keuangan atau kondisi ekonomi keluarga lebih tertata mari kita belajar jenis-jenis tabungan yang ada.

Berikut ini adalah tiga jenis tabungan yang harus kamu ketaui perbedaannya.

1. Tabungan Rencana

Jenis-Jenis Tabungan yang Paling Banyak Penggunanya
Menabung Dengan Senyuman

Tabungan rencana adalah salah satu jenis tabungan yang direncanakan. Dimana tabungan ini nantinya akan digunakan untuk keperluan tertentu atau kebutuhan khusus yang sudah direncanakan sebelumnya.

Tabungan rencana hampir mirip seperti Deposito, hanya saja ada asuransi yang menyertai pada tabungan rencana.

Salah satu contoh tabungan rencana adalah tabungan untuk keperluan Haji. Tabungan haji biasanya sudah ditentukan nominalnya, misalnya 75 Juta. Maka ketika tabungan sudah mencapai 75 juta, kita sudah terdaftar sebagai peserta Haji di Kementrian Agama.

Contoh selanjutnya adalah Tabungan Pendidikan Anak. Tabungan ini tergolong pada tabungan rencana jangka panjang. Karena tabungan akan bisa digunakan ketika anak hendak masuk sekolah/kuliah.

Baca juga : Alasan Harus Menabung Emas

2. Tabungan Bisnis

Jenis-Jenis Tabungan yang Paling Banyak Penggunanya

Setiap bank biasanya menyediakan layanan tabungan bisnis. Tabungan bisnis adalah tabungan yang fungsinya untuk keperluan bisnis.

Biasanya pada tabungan bisnis layanan atau fitur yang disediakan dapat mempermudah nasabah melakukan transaksi bisnisnya.

Oia, tabungan bisnis ini bisa untuk perorangan dan bisa juga untuk perusahaan.

3. Tabungan Investasi

Jenis-Jenis Tabungan yang Paling Banyak Penggunanya
Meri Berinvestasi Sejak Dini

Tabungan investasi adalah jenis tabungan yang menawarkan keuntungan bagi nasabahnya, dengan ketentuan dana harus diendapkan pada jangka waktu tertentu. Biasanya setelah diendapkan nilai tabungan akan berlipat atau mendapatkan keuntungan.

Secara umum tabungan investasi ini dapat digolongkan menjadi tiga, diantaranya adalah: Saham, Deposito dan Valuta Asing (Valas). Mari kita bahas satu persatu.

A. Tabungan Saham

Saham adalah surat berharga atas kepemilikan suatu perusahaan. Jika perusahaan terbuka, maka sahamnya bisa dimiliki atau dibeli oleh siapapun. Tabungan saham merupakan instrumen investasi yang dapat membuat kekayaanmu berlipat ganda.

Untuk menabung saham kita bisa datang ke bank yang menyediakan layanan menabung saham. Bawa sejumlah uang lalu tabungkan dalam bentuk saham, bank ini biasanya disebut bank kustodian.

Ketika kita sudah membeli sejumlah saham, artinya kita sudah memiliki sebuah perusahaan, dan berhak mendapatkan keuntungan dari perusahaan tersebut.

B. Tabungan Deposito

Deposito adalah tabungan yang menawarkan bunga yang cukup menggiurkan. Dengan syarat uang yang ditabungkan diendapkan, dan tidak bisa ditarik dalam jangka waktu tertentu.

Misal, kita memilih deposito dalam jangka waktu 6 bulan, maka uang yang kita tabungkan tidak bisa diambil selama enam bulan lamanya.

Apabila sebelum 6 bulan uang tabungan sudah diambil, maka nasabah akan dikenakan penalti. Sebaliknya, jika selama 6 bulan tidak diambil, maka nasabah akan mendapatkan keuntungan bunga dari dana yang sudah ditabungkan.

C. Tabungan Valuta Asing (Valas)

Valas atau Valuta Asing adalah cara menabung dengan membeli mata uang asing. Keuntungan bisa didapat dari selisih naik dan turunnya nilai tukar mata uang asing tersebut.

Biasanya menabung valas dilakukan ketika nilai kurs mata uang asing sedang turun. Kemudian menjualnya kembali ketika kurs mata uang asing sedang naik.

4. Tabungan Rencana

Tabungan rencana merupakan tabungan yang hampir sama dengan tabungan deposito. Hanya saja pada tabungan ini ada batas waktunya.

Sehingga uang tidak dapat diambil sebelum mencapai batas waktu tersebut. Kuranglebih hampir sama dengan tabungan berjangka.

Contoh dari tabungan rencana adalah tabungan pendidikan untuk anak. Nah, tabungan ini biasanya akan bisa diambil ketika anak hendak bersekolah/kuliah (mengenyam pendidikan) di masa depan.

Tabungan rencana biasanya terkait dengan fasilitas asuransi. Jadi, apabila salah satu dari kamu meninggal atau kecelakaan. Maka biaya tersebut akan dicover sesuai dengan biaya pendidikan sang anak.

Baca juga : Keuntungan Investasi Saham

5. Tabungan Anak

Sesuai namanya, tabungan anak tentu saja dikhususkan untuk anak. Tabungan anak diadakan untuk mengajarkan kepada anak menabung sejak dini.

Nah, fasilitas pada tabungan anak biasanya sedikit berbeda. Misalnya minimnya biaya administrasi. Atau fasilitas menabung dengan nominal yang relatif kecil.

Itulah jenis-jenis tabungan yang harus kamu ketahui. Mulai sekarang sudah bisa membedakannya kan? Ayo kita menabung dari sekarang juga. Dan pilih jenis tabungan yang cocok untuk mengatur keuangan kamu.

BERI KOMENTAR