7 Jenis Konten Media Sosial Untuk Kebutuhan Marketing

Konten media sosial ternyata banyak jenisnya, berikut ini akan dijelaskan jenis jenis konten media sosial yang sering digunakan untuk promosi.

Jenis Jenis Konten Media Sosial Untuk Kebutuhan Marketing

CEROBOH – Ada banyak jenis-jenis konten yang bisa dibagikan di media sosial, terutama untuk media promosi atau sebagai konten marketing.

Konten merupakan sebuah amunisi wajib untuk melakukan kegiatan marketing. Tanpa adanya sebuah konten, lalu akan promosi dengan menggunakan apa?

Terutama promosi di media sosial, sudah pasti ujung tombaknya adalah konten. Konten yang bagus bisa meningkatkan engagement di media sosial. Sehingga bisa menjangkau audience yang luas, dan mendapatkan like, share, comment dan followers yang banyak.

Sebelum kamu membuat konten untuk kebutuhan marketing, alangkah baiknya memperhatikan dulu jenis-jenis konten yang bisa digunakan.

Agar, kamu bisa menentukan konten manakah yang paling tepat—untuk produk yang akan dipromosikan.

Apa saja sih konten yang bisa dibagikan di media sosial sebagai penunjang marketing?

Berikut ini akan saya jelaskan 7 jenis konten media sosial untuk kebutuhan marketing:

1. Konten Teks

Konten yang pertama, tentu sudah tidak asing lagi. Yaitu konten teks yang isinya berupa tulisan.

Konten teks ini bisa berupa kata-kata atau sebuah kalimat, bahkan sebuah paragraf. Yang isinya berupa ajakan, informasi, atau himbauan.

Untuk membuat konten teks yang baik, kamu bisa menggunakan teknik copy writeing. Ini merupakan sebuah teknik ajakan secara halus. Sehingga pembacanya tidak sadar, bahwa ia sedang digiring untuk menggunakan sebuah produk.

Sampai saat ini, konten teks masih menjadi konten paling banyak digunakan. Sebab, konten teks bisa mendeskripsikan banyak hal.

Contoh konten Teks:

Tulisan seputar digital marketing

2. Konten Gambar/Foto

Konten selanjutnya, yang sering digunakan untuk media sosial marketing adalah konten dengan menggunakan gambar atau foto.

Banyak jenis konten gambar atau foto yang bisa digunakan, diantaranya:

  • Infografis
  • Ilustrasi
  • Komik
  • Meme
  • Foto model
  • Foto produk
  • Etc.

Konten jenis ini juga merupakan konten yang banyak digunakan, terutama pada media sosial instagram. Rata-rata yang ditonjolkan di instagram adalah galeri fotonya.

Membuat galeri yang menarik, ini bisa menjadi media promosi yang efektif. Dan tentu akan mempermudah audience ketika mencari produk yang mereka inginkan.

Terlebih, gambar atau foto bisa mewakili tempilan awal sebuah produk.

3. Konten Video

Jenis konten media sosial berikutnya yang bisa digunakan untuk promosi adalah konten berupa video.

Di zaman dengan koneksi internet 4G ini (menuju 5G), konten video semakin merajalela. Pengguna sosial, lebih menyukai konten berupa video dibanding konten teks yang bertele-tele.

Sebab, tanpa harus membaca, mereka bisa langsung mengetahui gambaran sebuah produk.

Ada banyak jenis konten video, diantaranya yaitu:

  • Video slide
  • Vide animasi
  • Video iklan pendek
  • Film series
  • Etc

Jika kamu seorang marketer, sudah selayaknya tidak melewatkan konten video sebagai media promosi.

Contoh konten video (film series):

4. Konten Audio

Selanjutnya konten yang sedang banyak digandrungi adalah konten audio atau suara.

Jika zaman dulu konten audio ini sering didengarkan menggunakan media radio. Saat ini, konten audio mulai merajai kembali, pendengarnya sering menyebut konten tersebut “podcast”.

Nah, sudah banyak marketer yang memanfaatkan media podcast untuk media promosi. Dan sebagai sarana untuk memperluas jangkauan pasar.

5. Konten Microblog

Akhir-akhir ini banyak yang menggunakan konten microblog sebagai sarana promosi. Dan menjadi trend media sosial marketing tahun ini.

Microblog merupakan perpaduan antara konten teks dengan konten gambar. Biasanya konten teks dimasukan kedalam gambar, yang didesain dengan menarik.

Sehingga para pengguna media sosial menjadi lebih nyaman membaca sebuah informasi tersbut.

Microblog sering kali menyajikan konten ringan, dan bermanfaat, dengan jumlah kata tidak lebih dari 200 kata. Sehingga tidak membosankan.

Contoth konten microblog :

6. Konten E-Book

Konten e-book juga merupakan jenis konten media sosial yang sering digunakan marketer untuk sharing ilmu atau panduan bermanfaat.

Nah, dalam e-book tersebut biasanya marketer mengarahkan audience untuk menggunakan produk yang mereka tawarkan.

E-book masih menjadi media yang efektif untuk mencari pelanggan baru. Sebab, di pada e-book ada timbal baliknya. Yaitu: pembaca mendapatkan ilmu bermanfaat, dan marketer mendapatkan audience baru.

Contoh konten E-Book :

Ebook Facebook Marketing

7. Konten Live Streaming

Terakhir, konten yang banyak digunakan di media sosial adalah konten live streaming. Saat ini, hampir semua media sosial memiliki fitur ini.

Mulai dari Facebook, Instagram dan Twitter ada fitur live streamingnya. Bahkan, saat ini market place juga menyediakan fitur live streaming untuk para penjualnya.

Demikianlah penjelasan tentang jenis-jenis konten media sosial untuk kebutuhan marketing. Nah, sekarang coba diteliti, kira-kira konten apa yang cocok untuk mempromosika bisnis atau produk milikmu itu?

Baca juga: Fungsi dan Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis

BERI KOMENTAR