5 Kelebihan Bisnis Franchise Dibanding Bisnis Lainnya

Lagi bingung mau memulai bisnis apa? Ketahui dulu kelebihan bisnis franchise sebelum kamu memulai bisnis yang resikonya besar.

Kelebihan Bisnis Franchise Dibanding Bisnis Lainnya
ilustrasi freepik/@macrovector

CEROBOH – Tahukah kamu, bahwa ternyata memiliki bisnis franchise di zaman kini bisa jadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan?

Pasalnya, bagi orang-orang yang ingin mendirikan sebuah bisnis franchise atau waralaba makanan ataupun minuman tetapi sebelumnya minim pengalaman—bahkan tak ada pengalaman ide sama sekali, itu bisa menjadi satu hal yang menarik.

Untuk berbisnis franchise makanan ataupun minuman, kita tak perlu lagi memikirkan ide-ide bisnis yang akan kita jalankan nantinya.

Sebab owner waralaba yang bersangkutan telah menyediakan semua konsep-konsep bisnismu. Termasuk bahan dan perlengkapan untuk kebutuhan bisnis nanti.

Apa sih keunggulan bisnis franchise dibanding bisnis lainnya?

Nah, berikut ini adalah 5 kelebihan bisnis franchise makanana dan minuman yang harus kamu ketahui:

Bisnis Franchise Akan Mendapat Pelatihan

Kelebihan Bisnis Franchise Dibanding Bisnis Lainnya
foto instagram/@lacecicarpio

Keuntungan pertama buat kamu yang ingin mendirikan bisnis franchise makanan atau minuman adalah, kamu tak perlu khawatir dan pusing-pusing lagi tentang karyawan-karyawan yang akan bekerja di bisnismu tersebut.

Sebab,  setiap karyawan yang akan bekerja di franchise F&B akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan khusus guna meningkatkan orientasi pelayanan yang akan dijalankan.

Kita tahu bukan, bahwa karyawan adalah hal penting yang perlu diperhatikan dalam sebuah bisnis.

Well, jika karyawan memiliki kualitas tinggi, mungkin sekali bisnis yang kamu jalankan akan perpeluang besar menjadi bisnis yang semakin berkembang.

Bisnis Franchise Modal Awalnya Kecil

Kelebihan Bisnis Franchise Dibanding Bisnis Lainnya
foto instagram/@plngkry.coffee_

Jika kamu tak cukup memiliki modal yang besar untuk membuka sebuah bisnis, jangan khawatir. Bisnis franchise F&B ternyata tak perlu modal besar untuk menjalankannya.

Para owner waralaba saat ini mulai menawarkan beberapa bisnis-bisnis dengan modal yang relatif minim seperti Martabak Mini Africa, Topper Bubble Drink, Pasco dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menjalankannya, kamu hanya butuh modal sekitar 10 juta ke bawah. Tak perlu ragu lagi deh, untuk memulai bisnis satu ini.

Baca juga: Cara Menjual Produk Agar Laris

Bisnis Franchise Memiliki Risiko Yang Kecil

Manfaat Bisnis Franchise

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, bahwa bisnis franchise adalah sebuah bisnis dikelola dengan sistem manajemen yang maksimal.

Setiap karyawan akan diberikan pendampingan dan pelatihan secara menyeluruh. Selain itu, pengawasan dalam bisnis franchise juga tak tanggung-tanggung.

Jadi, jika kamu sebelumnya tak punya skilldan pengalaman yang baik dalam bidang bisnis sebelumnya, kamu tak perlu khawatir akan  kegagalan.

Bahkan pemilik waralaba akan dengan teratur akan mendatangi lokasi-lokasi bisnis para pemilik modal untuk melakukan pengawasan penuh. Mereka akan memastikan bahwa bisnismu tetap berjalan dengan baik.

Tidak Perlu Pusing Mikirin Ide Bisnis

Keunggulan Bisnis Franchise Dibanding Bisnis Lainnya
foto instagram/@lidiamoris.xia

Selanjutnya, kelebihan bisnis franchise yaitu kamu gak usah pusing mikirin ide bisnis.

Tahu nggak sih, hal utama yang biasanya menjadi penghalang/kendala bagi seorang pembisnis adalah ide model bisnis yang seperti apa yang perlu dijalankan nanti?

Yaps! Seringkali seorang pembisnis yang sebelumnya tak ada pengalaman bisnis pasti bingung.

Sebab, mendapatkan konsep dan ide bisnis bukanlah hal yang gampang. Bahkan perlu mikir berbulan-bulan untuk mendapatkan konsep bisnisnya.

Akan tetapi, jika seorang pebisnis memutuskan bekerjasama dengan pemilik waralaba, ia tak perlu pusing-pusing mikir ide dan konsep-konsep bisnis.

Tinggal bayar saja modal yang sudah ditentukan, nantinya mulai dari karyawan hingga bahan dan perlengkapan akan disiapkan oleh pihak pemilik waralaba.

Selain itu, SOP, database pelanggan ataupun brand awareness juga akan dihandle oleh mereka pula. Enak, kan?

Lihat juga: Ide Jualan Minuman di Bulan Puasa

Bisnis Franchise Selalu Berinovasi

Kelebihan Bisnis Franchise Dibanding Bisnis Lainnya
foto instagram/@okbento_mania

Seiring berkembangan zaman yang semakin hari semakin pesat, tentu saja konsep dan ide bisnis juga akan mengikutinya.

Jika kamu memutuskan untuk membuka franchise makanan atau minuman kamu tak perlu lagi khawatir terkait konsep bisnister-update yang menuntut kamu untuk terus mengikutinya.

Misalnya saja, bagian marketing nantinya akan didukung oleh marketplace, SEO dan lain-lain.

Intinya, pihak waralaba akan selalu berinovasi agar sarana dan prasarana akan tetap terjamin maju seiring perkembangan zaman yang juga maju.

Jadi, jika memutuskan untuk berbisnis franchise, tak perlu banyak mikir dan banyak khawatir.

Itulah beberapa kelebihan bisnis franchise yang harus diketahui. Kunci jika kamu memang memutuskan untuk membuka bisnis franchise, antara kamu dan pemilik waralaba harus saling terbuka agar pondasi bisnis tetap kuat. Semangat berbisnis franchise!

BERI KOMENTAR