6 Kesalahan Membuat Deskripsi Produk Saat Jualan Online

Ketahui 6 kesalahan membuat deskripsi produk berikut ini. Segera perbaiki jika melakukan kesalahan menulis deskripsi produk saat jualan online.

6 Kesalahan Membuat Deskripsi Produk Saat Jualan Online
ilustrasi freepik/@macrovector

Ceroboh.com – Memulai bisnis dengan cara berjualan online kini mulai marak dan ramai di segala lapis masyarakat. Mulai dari ibu-ibu rumah tangga hingga mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Wajar saja, ini adalah dampak dari perkembangan teknologi yang semakin pesat tanpa memandang ruang dan waktu.

Banyak alasan orang-orang memutuskan untuk kemudian berkecimpung ke dunia jualan online. Selain modalnya yang tak begitu besar, berjualan online bisa dilakukan di manapun kita menginjakkan kaki.

Asal ada gadget dan kuota internet serta sinyal yang mumpini, dijamin semua lancar.

Apalagi kita banyak bermunculan marketplace-marketplace penjualan online seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Zalora dan segala jenis marketplace lain sebagai media untuk membantu penjualan barang.

Namun, para penjual online ini cenderung mengabaikan hal-hal kecil–padahal dampaknya besar. Yaitu ketika menulis deskripsi produk.

Deskripsi produk juga bagian dari faktor yang mempengaruhi laku tidaknya sebuah produk. Makanya, kini juga bermunculan jasa-jasa copy-writing agar produk yang kita promosikan semakin menarik.

Banyak dari para seller yang belum ngeuhmengenai bagaimana sih sebenarnya, menulis deskripsi produk jualan online yang benar agar laku?

Inilah kesalahan membaut deskripsi produk yang dilakukan oleh para seller saat promosi produk jualan online mereka:

1. Deskripsi Produk Bertele-tele

6 Kesalahan Membuat Deskripsi Produk Saat Jualan Online

Kesalahan pertama yang yang mungkin sering dilakukan oleh para penjual online saat promosi produknya adalah karena deskripsi produknya terlalu bertele-tele. Apalagi ada beberapa seller yang menulis deskripsi produk yang hiberbola dan berlebihan.

Niatnya sih, agar produknya terlihat detail. Namun, para pembeli itu, alih-alih tertarik dengan produk kita, justru melewatkannya begitu saja karena deskripsi produk terlalu panjang. Alhasil, mereka jadi males deh, bacanya.

Tulislah deskripsi produk yang padat, tak terlalu panjang dan jelas. Cukup tulis manfaat dan keunggulan nyata dari  Ini akan membuat pembeli mempertimbangkan lagi untuk memutuskan membeli atau tidak produk tersebut.

2. Foto Produk Bukan Foto Asli

6 Kesalahan Membuat Deskripsi Produk Saat Jualan Online

Kesalahan seller selanjutnya adalah biasanya foto produk yang digunakan ternyata bukan foto aslinya. Alih-alih foto milik sendiri, justru foto didapat dari suppliernya. Dan itu juga belum tentu mirip dengan barang aslinya.

Misalnya, foto produk gambarnya keren banget. Tapi ternyata pas nyampai di pembeli malah tidak sesuai ekspektasi. Mulai dari warna hingga bahannya. Alhasil pembeli kecewa dan kapok beli lagi di toko tersebut.

Kalau pelanggan sudah kecewa, ini akan berdampak pada omset dan nama baik toko kita, bukan? Jadi, usahakan untuk memakai foto sendiri yang paling real. Kalaupun butuh diedit, editlah secukupnya saja–yang tak sampai membuat produk tersebut beda jauh dari kenyataannya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Engagement Instagram

3. Tidak Menyediakan Video Tutorial Penggunaan

6 Kesalahan Membuat Deskripsi Produk Saat Jualan Online

Kadang-kadang yang membuat pembeli merasa kecewa akan suatu produk online yaitu, pihak seller tidak menyediakan video tutorial penggunaan produk. Akibatnya pembeli jadi bingung.

Ada baiknya, sebagai seller kamu juga menyisipkan tata cara penggunaan produk dengan padat dan jelas. Misalnya saja, jika kamu menjual make-up berupa eyeliner. Nah, kamu bisa membuat video pendek sendiri mengenai tutorial pemakaiannya.

Dengan begitu, para pembeli tidak kebingungan dalam pemakaian celak yang benar. Membuat promosi berupa video memang salah satu cara efektif untuk menarik pembeli.

4. Tidak Menggunakan Bahasa Yang Tepat

6 Kesalahan Membuat Deskripsi Produk Saat Jualan Online

Selanjutnya kesalahan membuat deskripsi produk yang sering dilakukan para seller yaitu mereka tak menggunakan bahasa yang tepat.

Artinya, jika target pasarnya adalah para kaum-kaum muda, sebaiknya gunakanlah bahasa yang agak santai. Sedangkan jika target pasarnya para orang tua seperti ibu-ibu, gunakanlah bahasa yang lebih formal.

Jadi, ketika kamu menulis deskripsi, usahakan untuk menggunakan bahasa yang sesuai target pasar, ya.

5. Copy paste Deskripsi Dari Supplier

6 Kesalahan Membuat Deskripsi Produk Saat Jualan Online

Kesalahan para penjual online yang ini biasanya sering dilakukan oleh para reseller atau para dropshipper. Ini adalah hal yang mungkin kecil di mata para dropshipper, namun berdampak besar.

Misalnya kamu memakai foto dan deskripsi dari suppliermu. Nanti para pembeli malah jadi tahu kamu mengambil produkmu dari mana. Dan akhirnya mereka akan membeli langsung suppliermu. Kan yang rugi kamu sendiri.

Jadi, ada baiknya kamu membuat deskripsi sendiri dan sekaligus membuat foto sendiri.

6. Mengabaikan SEO Marketing

6 Kesalahan Membuat Deskripsi Produk Saat Jualan Online

Tahu nggak sih, bahwa penulisan deskripsi produk itu juga harus memperhatikan ilmu SEO (Search Engine Optimization).

Penulisan deskripsi penjualan produk yang juga memperhatikan SEO, ternyata cenderung mendatangkan pengunjung banyak. Terutama produk-produk yang telah memiliki website resmi.

Jadi ada baiknya kamu memilih kata kunci yang tepat dalam membuat deskripsi agar pengunjung produkmu semakin banyak.

Pelajari: Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website

Demikian penjelasan mengenai kesalahan membuat deskripsi produk ketika berjualan online. Nah, sekarang sudah tahu kan letak kesalahanmu di mana? Yuk perbaiki  dan tetap semangat berbisnis, ya!

BERI KOMENTAR