Kesalahan Pengguna Printer Infus yang Sering Terjadi

Akibat kesalahan pengguna printer infus bisa menyebabkan printer mudah rusak, maka dari itu agar printernya lebih awet simak bahasan berikut.

Kesalahan Pengguna Printer Infus

Ceroboh.com – Harus diketahui bahwa printer infus memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah ketika akan mengisi ulang tinta printer, hal ini bisa dilakukan sengan mudah. Untuk lebih jelas kamu bisa membaca artikel tentang keuntungan menggunakan printer infus.

Beberapa keunggulan yang dirasa menjadikan para penggunanya lupa akan perawatan printer infus tersbut.  Padahal printer dengan sistem infus memerlukan perawatan khusus juga. Perawatan harus dilakukan agar printer infus yang kamu miliki tidak mudah rusak.

Pada kesempatan kali ini, Tim Ceroboh akan membahas apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna printer dengan sistem infus. Hal ini kami bahas agar kamu yang menggunakan printer infus tidak melakukan lagi kesalahan-keslahan yang tidak disadari.

Dengan demikian, kamu juga bisa melakukan perawatan terhadap printer yang kamu punya itu. Dengan melakukan perawatan yang tepat tentunya kamu bisa memiliki printer yang lebih awet lagi.

Maukan punya printer yang awet dan tahan lama? Selan memperhatikan kesalah yang nanti akan dijelaskan. Kamu juga bisa membaca artikel tentang tips agar printer awet dan tahan lama.

Berikut adalah beberapa kesalahan pengguna printer infus yang sering terjadi dan solusi cara memperbaikinya:

Tidak Menjaga Kebersihan Tabung

Kebersihan tabung yang dimaksud adalah kebersihan tabung luar dan dalam. Biasanya kebanyakan orang hanya membersihkan printer atau tabung printer hanya di bagian luarnya saja, baik itu dari debu-debu atau dari tetesan tinta.

Membersihkan bagian luar printer memanglah penting. Namun kamu juga harus memperhatikan kebersihan tabung bagian dalamnya. Karena bagian dalam adalah bagian paling sensitif pada printer. Kan percuma saja, kalo bagian luarnya sudah bersih, namun bagian dalam ternyata kotor karena tidak pernah dibersihkan.

Sebaiknya mulai saat ini kamu melakukan pembersihan tabung bagian dalam. Minimal dua bulan sekali, yaa atau paling banter tiga bulan sekali. Tentunya harus dilakukan rutin.

Jika kamu tidak melakukan pembersihan pada bagian dalam. Maka semakin lama debu akan semakin menumpuk. Kondisi seperti ini menyebabkan tinta menggumpal tercampur dengan debu.

Akibatnya saluran tinta menjadi tidak lancar sehingga menyebabkan penyumbatan pada bagian catridgeprinter. Penyumbatan yang terjadi bisa mengakibatkan kerusakan pada catridge dan mempengaruhi hasil cetak yang kurang maksimal.

Penyumbatan seperti ini paling sering terjadi pada printer Epson. Karena printer epson sistemnya lebih sensitif dibanding dengan printer canon. Maka dari itu, sebelum printer kamu mengalami krusakan lebih parah lagi, alangkah baiknya segera melakukan perawatan pada bagian dalam tabung infus.

Baca juga: Cara Mengisi Tinta Printer Canon dengan Mudah

Kesalahan Pada Saat Pengisian Tinta

Kesalahan pengguna printer infus berikutnya pada saat melakukan pengisian tinta sering juga banyak yang melakukan kesalahan. Sehingga sesudah mengisi ulang tinta hasil cetak printer menjadi kurang maksimal.

Kebanyakan ketika melakukan pengisian tinta yaitu dengan cara langsung saja membuka tutup tabung tinta. Kemudian tabung yang kosong langsung diisi penuh dengan tinta yang baru.

Nah, cara yang seperti ini adalah cara yang kurang tepat. Karena pada saat tinta kosong, tekanan udara rendah. Kemudian kamu langsung mengisinya secara penuh.

Tentunya ini akan menambah tekanan yang lebih besar. Sehingga dengan kagetnya tinta langsung terdorong ke bagian catridge dalam jumlah yang banyak (tidak normal). Itulah penyebab kenapa head catridge tidak mencetak dengan hasil maksimal.

Hal ini cukup berbahaya bagi kondisi catridge. Karena jika terus menerus seperti itu catridge akan mudah rusak. Lantas bagaimana cara mengisi tinta infus yang benar? Caranya yaitu sebelum melakukan pengisian tinta, jepit dulu bagian selang infus menggunakan penjepit kertas. Hal ini dimaksudkan untuk menahan tekanan tinta pada tabung yang sedang diisi ulang. Untuk cara lebih jelas, silahkan baca artikel cara mengisi tinta pada printer yang di infus.

Lupa Head Cleaning Secara Berkala

Kesalahan yang terakhir masih nyambung dengan kesalahan yang sebelumnya. Setelah melakukan pengisian tinta, pengguna printer seringkali lupa melakukan head cleaning pada printer tersebut.

Head cleaning sangat perlu dilakukan untuk menstabilkan tekanan tinta yang mengalir melalui selang ke bagian catridge. Setelah melakukan pengisian tinta, penjepit kertas jangan dulu dicabut. Pencabutan penjepit kertas yang dipasang di selang dilepaskan ketika pertengahan proses Head Cleaning berlangsung.

Maka dari itu, agar kamu tidak melakukan lagi kesalahan, jangan lupa untuk melakukan head cleaning setelah melakukan pengisian tinta. Hal ini dimaksudkan agar head catridge tidak mengalami kerusakan dan hasil cetak printer tetap bagus setelah melakukan pengisian tinta printer.

Demikainlah kesalahan-kesalahan pengguna printer infus yang sering terjadi. Sekarang udah tahu kan? Jika kamu pernah melakukan kesalahan itu, ke depannya jangan diulangi lagi.

Lakukan perawatan yang tepat untuk printer yang kamu miliki agar printer menjadi awet digunakan dan tahan lama pula. Tentunya untuk menghemat biaya juga, agar kamu tidak mengeluarkan budget lebih untuk biaya reparasi. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint

BERI KOMENTAR