Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri, Yang Paling Terasa!

Keuntungan membangun bisnis sendiri itu apa saja sih? Yuk simak penjelasan yang sudah saya uraikan menjadi 11 poin berikut ini.

Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri, Yang Paling Terasa!
ilustrasi freepik/@vectorpouch

CEROBOH – Semakin berkembangnya zaman di era digital ini, diikuti semakin tingginya persaingan pasar di dunia bisnis. Buat yang sebelumnya tak pernah terjun di dunia bisnis, tentu akan menjadi hal yang sulit.

Lha wong yang sudah pernah terjun saja kadang masih kesulitan dalam meng-handle-nya. Karena kesulitan, lalu mereka memilih mengambil solusi dengan mengajak partner untuk berbisnis. Tapi sayangnya setiap keputusan pasti ada risikonya.

Jika bekerja sama dengan partner, risikonya nanti akan kesulitan membagi pekerjaan, kesulitan membagi keuntungan. Dan parahnya jika terjadi permasalahan malah saling menyalahkan.

Solusi paling tepat ya sebaiknya membuka bisnis sendiri. Selain bisa berlatih mandiri membuka bisnis sendiri akan terbebas dari perintah atasan atau terbebani partner bisnis. Semua kita yang mengatur.

Meski butuh biaya banyak karena sejak awal harus modal sendiri, tapi dijamin keuntungannya juga macam-macam.

Lalu, apa saja sih keuntungannya jika kita membangun bisnis sendiri?

Inilah 11 keuntungan membangun bisnis sendiri yang bisa kamu pelajari dan dirasakan sendiri:

1. Tidak Ada Tekanan dari Atasan

Keuntungan pertama ketika kamu ingin membangun bisnis sendiri adalah kamu tak ada perintah dan tekanan dari atasanmu. Justru dalam hal ini kamu bertindak sebagai atasan.

Tak ada satupun yang berani menyuruhmu ini itu, membentakmu jika salah atau memerintahmu harus melakukan hal-hal tertentu. Sebab di sini, kamu adalah bos yang mengendalikan semuanya.

Berbeda jika membangun bisnis bersama partner. Kalau memiliki keputusan, tak bisa diselesaikan satu pihak. Semua harus atas dasar kesepakatan bersama.

Jadi kalau memiliki kebijakan, akan lebih terarah karena tak terpecah-pecah. Kita akan lebih teratur dalam me-manage semuanya.

2. Mempekerjakan Banyak Orang

Membangun bisnis sendiri secara mandiri adalah keputusan yang mulia. Sebab, secara tidak langsung kita telah menciptakan lapangan kerja untuk banyak orang.

Kalau bisnisnya masih kecil memang karyawannya masih sedikit. Jika suatu saat bisnis kita berkembang pesat tentunya kita akan butuh banyak karyawan.

Mulai dari admin, pengepakan hingga promosi-promosi yang diadakan. Dengan menciptakan lapangan kerja artinya kita telah meminimalisir angka pengangguran di Indonesia.

3. Bebas Berkreasi dan Berinovasi

Seperti yang sudah dijelaskan sekilas di pembukaan. Keuntungan membangun bisnis sendiri akan membuat kita menjadi orang yang bebas merdeka. Termasuk bebas dalam berkreasi dan berinovasi.

Segala ide yang kita punya, solusi yang kita kita miliki, semuanya berada di bawah kendali kita. Kita tak perlu meminta pertimbangan orang lain seperti kalau kita berbisnis dengan partner.

Dengan kebebasan kreasi dan inovasi kita sendiri, semua tak akan terpecah-pecah dan lebih terarah karena hanya memiliki satu tujuan.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Startup

4. Keuntungan Sepenuhnya Milik Anda

Ini yang juga sering dialami oleh pebisnis yang bekerja sama dengan partner. Permasalahan pembagian keuntungan sering kali menjadi masalah tersendiri. Dan akhirnya muncul konflik di antara keduanya.

Nah, memiliki bisnis sendiri tak akan membuat kita kebingungan dalam membagi untung. Sebab semua keuntungan adalah milik kita sendiri. Dan tentu untungnya lebih besar.

5. Tidak Ada Batasan Pencapaian

Dalam berbisnis dengan partner kita harus membuat pencapaian-pencapaian tertentu dalam menjalankan bisnis. Jika kita punya bisnis sendiri kita tak akan dibatasi dalam memiliki pencapaian-pencapaian tertentu, bukan?

Nah, untuk itu berbisnis sendiri merupakan solusi terbaik jika ingin memiliki hak mutlak dalam meraih semua pencapaian yang telah kita catat dari awal.

6. Banyak Waktu untuk Keluarga

Rutinitas kantor yang setiap hari gitu-gitu aja membuat diri kita menjadi jenuh dan bosan. Karena saking banyaknya kerjaan, kadang membuat waktu kita bersama keluarga jadi berkurang bahkan hampir tak ada.

Padahal keluarga semestinya berada di urutan pertama dalam prioritas hidup kita. Untuk itu, membuka bisnis sendiri adalah solusi agar waktu bersama keluarga tak hilang begitu saja. Disini keuntungan membangun bisnis sendiri bisa langsung dirasakan.

Karena semakin sering kumpul bersama keluarga, semakin sering pula kita akan bahagia. Uang tak berarti apa-apa jika tak ada keluarga, bukan?

7. Mempelajari Banyak Ilmu Bisnis

Dengan memiliki bisnis sendiri keuntungan selanjutnya kamu akan bisa belajar berbagai macam ilmu bisnis. Karena fokus kita hanya satu. Ya, tujuan bisnis kita sendiri sejak awal.

Kita bisa dengan bebas mempelajari banyak sekali ilmu-ilmu bisnis karena kita bisa dengan mudah menerapkannya satu-satu. Iya, kan?

8. Memberikan Sumbangsih Kepada Negara

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin kedua. Berbisnis sendiri secara tidak langsung akan menciptakan lapangan kerja untuk banyak orang. Apalagi jika sudah sukses dan punya cabang di mana-mana.

Nah dengan menciptakan lapangan kerja artinya kita telah meminimalisir pengangguran. Itu berarti bahwa kita telah memberikan sumbangsih kepada negara—untuk mengurangi angka pengangguran di negri ini.

9. Memiliki Banyak Pengalaman

Tak bisa dipungkiri, keuntungan membangun bisnis sendiri akan membuat kita memiliki banyak pengalaman-pengalaman di bidang bisnis–yang mungkin tak sebanyak jika berbisnis dengan partner.

Maka, milikilah bisnis sendiri dan galilah pengalaman bisnismu sedalam-dalamnya.

10. Dapat Memperluas Silaturahim

Dengan berbisnis kita akan berhubungan dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari karyawan hingga pelanggan. Nah, dengan begitu, tali silaturahim kita akan semakin luas dan tentunya semakin kuat.

Jadi, memutuskan untuk berbisnis sendiri adalah pilihan yang tepat. Sebab, banyak sekali keuntungannya.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha

11. Dikenal Banyak Orang

Pernah mendengar nama Bob Sadino? Seorang pebisnis yang memiliki bisnis sendiri. Dia dikenal banyak orang dikarenakan dia berbisnis sendiri dari nol.

Apakah kamu juga ingin bercita-cita menjadi pebisnis seperti Bob Sadino?

Itulah beberapa keuntungan membangun bisnis sendiri. Jika kamu sudah berniat untuk bisnis sendiri, mulailah sejak sekarang!

BERI KOMENTAR