Kiat Sukses Bisnis Kos-Kosan Untuk Pemula, Dijamin Berhasil!

Perhatina beberapa kiat sukses bisnis kos-kosan yang sudah saya jelaskan berikut ini. Agar bisnis kosan yang baru dirintis bisa sukses dan untung.

Kiat Sukses Bisnis Kos-Kosan Untuk Pemula, Dijamin Berhasil!
ilustrasi freepik / @studiogstock

CEROBOH – Beberapa wanita kadang nyeletuk bercita-cita ingin menjadi ibu-ibu kos. Katanya, tinggal duduk saja uang pasti mengalir setiap bulan.

Memang sih, bisnis berupa kos-kosan ini kini menjadi bisnis yang menarik karenanmenguntungkan. Selain itu, bisnis properti berupa kos-kosan bisa dijadikan investasi jangka panjang.

Apalagi kos-kosan adalah kebutuhan pokok pagi para perantau luar kota. Baik mahasiswan ataupun karyawan.

Namun, untuk membangun bisnis berupa kos-kosan, tentu saja dibutuhkan strategi khusus yang harus direncanakan dengan matang.

Lantas, apa saja tips yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis kos-kosan?

Berikut ini adalah 5 kiat sukses bisnis kos-kosan, terutama untuk para pebisnis pemula:

1. Pastikan Tempat Kos Bersih, Aman dan Nyaman

Tips pertama ketika ingin mendirikan kos-kosan yaitu kamu harus memastikan bahwa tempat kosmu bersih dan nyaman untuk ditempati. Seperti menyediakan ruangan dengan sirkulasi udara yang cukup.

Selain bersih dan nyaman, kamu juga harus menjamin keamanan untuk para penghuni kos nantinya. Ada baiknya kamu menyediakan seorang penjaga kos agar kos tetap aman.

Dengan kamu memberikan pelayanan tempat kos yang bersih, nyaman dan aman, penghuni kos akan loyal dan tentunya betah untuk tinggal lama di kosmu.

Baca juga: Tips Investasi Tanah

2. Buat Fasilitas di Luar Kamar Kos

Selain menyediakan kamar kos yang nyaman dan bersih, fasilitas luar kos juga harus kamu jadikan perhatian tersendiri. Misalnya saja fasilitas cathering, fasilitas laundry hingga fasilitas free wifi.

Dengan menyediakan fasilitas tambahan seperti itu, para mahasiswa ataupun karyawan luar kota akan tertarik untuk memilih kos di tempat kosmu.

Tanpa kamu menambah fasilitas seperti itu, orang-orang tak akan tertarik dengan kosmu.

3. Pilih Lokasi Yang Dekat Pabrik, Kantor Atau Kampus

Ini merupakan hal yang juga sangat penting untuk dijadikan pertimbangan ketika ingin membuka bisnis kos-kosan. Memilih lokasi strategis yang dekat dengan area pabrik, kantor ataupun dekat kampus. Ini tergantung target pasar yang ingin kamu tuju.

Selain dekat dengan tempat-tempat seperti itu, jangan lupa akses yang ditempuh juga harus mudah. Meski dekat, namun aksesnya sulit, ya sama saja.

Selain itu, pertimbangan lain mengenai lokasi, kamu juga harus memerhatikan apakah lokasi bisnis kosmu dekat dengan tempat makan, mall dan tempat belanja lain, supermarket dsb.

4. Promosikan Kos Dengan Menarik

Jika lokasi yang dipilih sudah strategis, tempat kos aman dan nyaman serta bersih, dan fasilitas sudah mendukung selanjutnya langsung eksekusi. Dengan promosi kos yang menarik.

Kamu bisa promosi di sosial media, promosi di brosur-brosur lalu tempelkan di tempat-tempat makan. Atau mungkin kamu bisa promosi melalui website.

Kalau kamu bingung dimana harus membuat website untuk promosi kosmu, kamu bisa ke hubungi Tim Ceroboh yang membuat jasa pelayanan pembuatan website.

Lihat juga: Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri

5. Berikan Harga Sewa Yang Kompetitif

Harga persewaan kos menjadi hal yang juga menjadi pertimbangan para calon penghuni kos untuk memilih tempat kos-kosan.

Buatlah harga yang standar. Tidak terlalu mahal, sekaligus tidak terlalu murah. Apalagi untuk kos-kosan baru.

Nah, jika kamu bingung menentukan harga, sebelumnya kamu bisa melakukan survei kecil-kecilan agar mengetahui harga kos di sekitar lokasi kos-kosan milikmu.

Demikianlah beberapa kiat sukses bisnis kos-kosan yang harus kamu perhatikan. Terutama buat kamu para pebisnis kos pemula. Semoga membantu, ya. Selamat berbisnis!