Kode Error Pada Printer Brother dan Solusi Memperbaikinya

Kode Error pada Printer Brother ini nggak usah dihapalin, cukup contek aja dari web ini, lalu segera perbaiki kesalahannya. Simak baik-baik, ya.

Kode Error Pada Printer Brother dan Solusi Memperbaikinya

CEROBOH – Printer brother merupakan salah satu printer yang sudah ternama dan sudah banyak juga pengguna printer dengan merek ini.

Printer brother memiliki berbagai macam jenis dan berbagai model tentunya dengan fasilitas printer yang berbeda beda pula.

Pengalaman Error Menggunakan Printer Brother

Ketika menggunakan printer brother dengan harga mahal sekalipun adanya terjadi error atau kerusakan adalah suatu hal yang wajar, karena printer merupakan barang elektronik yang bisa saja rusak sewaktu waktu.

Tak hannya pada printer brother, printer dengan merek lainnya juga bisa saja mengalami kesalahan atau error baik karena salah penggunaan, atau kesalahan error lainnya.

 Kesalahan, kerusakan atau error pada printer bermacam macam, mulai dari kerusakkan roller, catridge tidak terbaca, atau bisa printer menyangkut atau paper jump terus menerus.

Adanya kesalahan atau kerusakan tersebut biasanya mengeluarkan pemberitahuan pada computer/laptop dan akan tampil juga kode kesalahan atau kode error yang terjadi.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas berbagai macam kode error pada printer brother. Dengan mengetahui kode error tersebut tentunya kamu mengetahui kesalahan apa saja yang terjadi pada printer brother yang kamu miliki.

Kode error, penyebab terjadinya error serta solusi cara mengatasinya akan kita bahas pada kesempatan kali ini, dan ini hanya dikhususkan printer bermerek Brother.

Kode-kode ini biasanya sering muncul pada jenis printer Brother inkjet DCP dan MFC series.

Ketika kode error ini muncul pada saat menggunakan printer, itu tandanya printer anda sedang terjadi kesalahan entah pada mesin atau pada sparepart bagian komponen printer.

Kesalahan tersebut tentunya harus segera diperbaiki agar printer dapat digunakan lagi.

Baca juga: Cara Mengatasi Error Printer Canon

Kode Kesalahan Printer Brother dan Cara memperbaikinya

Banyak sekali kode error yang ada pada printer brother, silahkan teman teman bisa menyimak dan kelak jika terjadi error dapat dengan segera memperbaikinya.

Kode Error 30,31,32,33,34,35,36,37,38,39,3c,3f  Printer Brother

Masalah yang terjadi adalah Kertas tersangkut (paper jam), jika kamu sudah melakukan perbaikan dan mengeluarkan kertas yang tersangkut pada bagian dalam namun error ini masih saja terjadi, bisa saja ada sisa-sisa sobekan kertas yang tertinggal di bagian dalam printer.

Cara memperbaikinya: Buka cover printer, dan cover bagian belakang cari sisa-sisa kertas yang tertinggal, gunakan penerangan tambahan jika masih tidak terlihat seperti senter.

Ambil sisa-sisa kertas tersebut dengan perlahan dan secara hati hati agar tidak menimbulkan kerusakan pada bagian lainnya.

Kode Error 40,42,43,44  Printer Brother

Masalah yang terjadi jika keluar kode tersebut adalah temperatur atau suhu yang ada di dalam printer terlalu panas, hal ini terjadi mungkin karena tempat yang kamu gunakan terlalu sumpek atau printer yang kamu gunakan terkena sinar matahari secara langsung.

Cara memperbaikinya: Buka bagian-bagian cover printer, biarkan beberapa waktu agar suhu panas cepat keluar.

Pastikan tidak terkena terik mata hari secara langsung. Setelah keadaanya dingin kamu bisa nyalakan kembali printernya.

Kode Error 46  Printer Brother

Error 46 menandakan tangki tempat pembuangan tinta sudah terisi penuh dan busa penahan tinta harus segera diganti.

Cara memperbaikinya: Tentunya membuang tinta yang ada di tangki pembuangan kemudian bisa juga mengganti busa penahan tinta. Atau kamu bisa memperbaikinya dengan cara mereset printer.

Kode Error 48, 4f  Printer Brother

Masalah yang terjadi terletak pada head printer. Head biasanya tersangkut atau tidak bisa bergerak atau head rusak total.

Cara memperbaikinya: Perbaikan head cukuplah rumit dan sulit jika kamu tidak benar-benar mengerti. Alangkah baiknya printer dibawa ke tempat service printer agar di cek kerusakan yang sesungguhnya.

Naun kamu juga bisa melakukan pengecekan pada bagian head bisa jadi ada kertas yang tersangkut sehingga head tidak bisa jalan dengan normal.

Namun harus dilakukan dengan penuh hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan lainnya.

Kode Error 49 Printer Brother

Error yang terjadi biasanya dikarenakan suhu di dalam printer terlalu rendah atau terlalu dingin.

Hal ini dikarenakan mungkin anda menyimpannya pada ruangan ber AC sehingga suhu ruangan menjadi dingin atau rendah, hal ini bisa menyebabkan suhu di dalam printer juga menjadi rendah.

Cara memperbaikinya: Segera pindahkan printer tersebut ke tempat dengan suhu yagn normal. Biarkan beberapa saat hingga suhu printer normal, kemudian baru gunakan kembali.

Kode Error 50,51,52,57,5a,5b,5d,5e Printer Brother

Masalah yang terjadi jika kode tersebut muncul adalah karena adanya kertas yang menyangkut, namun hal ini terletak pada sensor printer.

Sensor mungkin saja mengalami kerusakan ataupun kotor yang menyebabkan printer tidak dapat bekerja seperti biasanya.

Cara memperbaikinya: Bersihkan kertas yang menyangkut, jika masih saja belum bisa berjalan dengan normal coba bersihkan bagian encoder strip yang terletak pada bagian belakang printer.

Jika kamu takut melakukan hal ini, saya sarankan gunakan saja jasa service untuk memperbaiki kerusakan yang lebih serius.

Kode Error 8f Printer Brother

Jika muncul error 8f maka terdapat gangguan atau kerusakan pada bagian penarik kertas. Hal ini biasanya dikarenakan kotor atau memang benar-benar sudah rusak.

Cara memperbaikinya: Selalu jaga kebersihan printer dari kotoran dan debu. Biasakan membersihkan printer secara teratur. Atau kamu bisa baca artikel tentang cara merawat printer yang baik dan benar.

Kode Error a5,a6,a8,af Printer Brother

Terjadi kerusakan atau masalah pada salah satu komponen sparepart printer. Seperti terjadinya kerusakan pda kabel usb, kabel power, lampu scanner, scanner trouble, atau bagian komponen printer yang lainnya.

Cara memperbaikinya: Lakukan pengecekan kepada tukang service printer, atau jika kamu tau service center printer brother langsung saja datang ke bengkel resminya.

Kode Error e2,e3 Printer Brother

Kesalahan dengan kode tersebut adalah tanda bahwa terdapat masalah pada motherboard utama di dalam printer.

Kerusaka yang terjadi bisa saja kerusakan ringan atau kerusakan yang parah dan cukup serius seperti terbakarnya salah satu bagian dari motherboard.

Biasanya ini terjadi karena keteledoran pengguna, seperti masuknya air kedalam printer, sehingga menyebabkan masalah atau kongslet pada bagian motherboard.

Cara memperbaikinya: Bawa ke tukang service terdekat. Jika masih bisa diperbaiki lakukan perbaikan. Namun alangkah lebih baik mengganti motherboard dengan yang baru, daripada terjadi masalah yang berulang seperti itunantinya akan menghambat dan mengelurkan biaya besar.

Lihat juga: Cara Mudah Melakukan Foto Copy Banyak

Kesimpulan

Demikian aneka macam kode error pada printer brother dan cara memperbaikinya.

Semoga bisa dijadikan acaun dan reverensi untuk langkah awal pertolongan pertama pada printer kamu yang mengalami error atau rusak.

Sebaiknya sebelum memperbaiki kerusakan, alangkah lebih bagus kamu lebih teliti dalam mekukan perawatan printer, agar printer yang kamu miliki lebih awet digunakannya.

BERI KOMENTAR