5 Cara Konsisten dengan Kebiasaan Baru

Konsisten dengan kebiasaan Baru ternyata tidaklah sulit, pahami beberapa tips berikut, lalu praktikkan hingga menjadi sebuah kebiasaan.

Ceroboh.com – Ketika kita siap untuk menumbuhkan kebiasaan baru, semestinya kita juga harus siap untuk konsisten dalam melakukannya. Tak sekadar ingin saja, tapi juga harus dipraktikkan dan dikonsistenkan. Jika melihat dari beberapa penelitian, katanya jika ingin konsisten dalam melakukan sesuatu adalah dengan melakukannya—paling tidak—dua jam dalam sehari.

Atau kalau kata Malcolm Gladwell;

[infobox style=”alert-info”]Kebiasaan tersebut harus memiliki minimal jam terbang sebanyak sepuluh ribu jam selama hidupnya. [/infobox]

Misalnya saja. Jika ingin menjadi penulis yang handal, semestinya seseorang menghabiskan waktu untuk menulis sebanyak dua jam dalam sehari dan atau menghabiskan sepuluh ribu jam waktunya untuk menulis. Sebenarnya itu belum tentu bisa diterapkan untuk semua orang. Sebab setiap orang memiliki caranya sendiri-sendiri untuk konsisten dalam melakukan kebiasaan barunya.

J. Clear, seorang spikolog ternama dari Amerika, berpendapat bahwa;

[infobox style=”alert-info”]Sebuah kebiasaan akan bisa diterima oleh akal seseorang apalagi ia konsisten dalam melakukan kebiasaan tersebut. Konsisten artinya dilakukan terus-menerus.[/infobox]

Artinya, kebiasaan tersebut harus dilakukan setiap hari tanpa jeda. Lalu gimana dong cara konsisten dalam melakukan sebuah kebiasaan?

Berikut ini adalah beberapa tips yang akan menjelaskan agar kita konsisten dengan kebiasaan baru:

Konsistenlah dalam Setiap Rencana yang Dibuat

Cara Konsisten dengan Kebiasaan Baru

Seperti yang pernah disinggung dalam pembukaan tulisan ini. Cara pertama yang perlu kamu terapkan, agar kamu konsisten atas kebiasaan barumu itu, kata Gladwell, dengan setidaknya berlatih kebiasaan tersebut dengan waktu jam terbang minimal sepuluh ribu jam selama hidupnya—dan bahkan bisa lebih dari ini.

Kalau ingin menjadi seorang penulis yang handal, ya tentu saja harus menabung sepuluh ribu jam dulu selama hidup. Sebab kata Gladwell lagi, sepuluh ribu itu sebuah angka ajaib bagi seseorang. Jadi, untuk mengumpulkan jam terbang sebanyak sepuluh ribu jam, kamu harus menambah lagi jam latihanmu dalam sehari.

Kalau kamu tak sesering itu menambah jam terbang, tentu saja waktumu untuk menjadi seorang yang handal akan lebih lama. Kalau sudah berencana, ya harus kosisten dengan menambah jam terbang yang dilakukan.

Baca juga: Tips Jadi Pengusaha Sukses Memulai dari Nol

Mulai Kebiasaan Baru Dari Hal Sederhana

Cara Konsisten

Jika kita mengamati para pengusaha-pengusaha sukses dengan perusahannya yang semakin berkembang besar, ternyata mereka tak langsung meloncat dari tanah ke tangga yang paling atas.

Tentu saja mereka memulainya dari hal-hal yang sederhana dulu untuk membangun pondasi perusahaannya. Jadi, sebuah kemustahilan jika kamu ingin mengubah hidupmu dalam waktu yang singkat.

Kalau kata Altman, dalam belajar anak-anak yang pandai tak sekadar membekali dirinya kemampuan akademis semata. Akan tetapi, ia pasti memulainya dengan hal kecil juga. Seperti belajar setiap hari meski hanya dua puluh menit, misalnya.

Jangan ngegas di depan tapi pada akhirnya di tengah jalan malah macet, deh. Justru gas pol depan membuat kekonsistenanmu hilang begitu saja.

Susunlah Setiap Rencana untuk Kebiasaanmu

Kebiasaan Baru

Cara selanjutnya agar tetap konsisten dengan kebiasaan baru yaitu dengan sengaja menyusun rapi setiap rencana yang akan dibuat menjadi sebuah kebiasaan. Jika kita hanya berjanji dalam hati untuk konsisten, kebanyakan malah akan gagal karena tak ada pengingat. Jadi, buatlah pengingat dengan mencatat semua kebiasaan yang ingin kamu lakukan secara terus menerus.

Selain itu, jika kekonsistenan tak disusun dengan rapi, seseorang akan kesulitan untuk melakukannya oleh sebab hal tersebut tak punya potensi dalam otak. Jadi, memang harus dengan sengaja menulis dan menyusun dengan rapi rencana-rencana yang akan dilakukan untuk konsisten dalam kebiasaan baru.

Lihat juga: Produk Tabungan Bank BCA

Pahamilah Risiko Dan Keuntungan yang Kamu Peroleh

cara membuat kebiasaan bar

Kebanyakan orang yang ingin konsisten dalam melakukan kebiasaan baru karena mereka tak sepenuhnya memahami keuntungan dan risiko yang akan ditanggung nantinya. Akibatnya, sering mereka tak realistis. Padahal, sebaiknya sebelum melakukan sesuatu harus pandai-pandai mencari tahu—terutama risiko yang ditanggung nanti—supaya lebih realistis.

Kalau seseorang realistis, tentunya ia akan memperoleh motivasi-motivasi lebih banyak lagi untuk konsisten dalam melaksanakan kebiasaan-kebiasaan baru.

Teruslah Berlatih Tentang Kesabaran

membentuk kebiasaan baru

Di zaman yang teknologinya makin canggih seperti sekarang, seseorang yang mendirikan perusahaan/star-up yang sukses hampir selalu menerapkan kesabaran yang lebih. Misalnya saja, untuk membesarkan suatu web misalnya.

Mereka akan sabar untuk terus menulis artikel, memposting, mengoptimasi konten yang dibagikan. Jadi, mereka akan dengan penuh kesabaran menunggu untuk meraih hasilnya pada waktu yang tepat nantinya. Yang penting, sabar, sabar dan sabar.

Apapun yang orang-orang katakan mengenai kesabaran, bahwa kesabaran merupakan komponen utama untuk menyaksikan sendiri hasil dari kebiasaan-kebiasaan baru yang ingin dikonsistenkan. Gagal? Sabar. Gagal lagi? Sabar lagi.

Itulah tips-tips yang mungkin bisa kamu terapkan agar kamu bisa konsisten dengan kebiasaan baru yang paling mudah dipraktikkan. Semoga membantu. Jangan menyerah untuk konsisten, ya!

Artikel Lainnya: Cara Memperbanyak Followers Instagram