Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri, Inilah Pekerjaan Part Time Terbaik

Kuliah sambil kerja di luar negeri bukanlah hal yang mustahil. Selain kuliah, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Bisa dicoba!

Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri, Inilah Pekerjaan Part Time Terbaik
ilustrasi freepik / @freepik

CEROBOH – Siapa sih, yang nggak seneng bisa nerusin kuliah ke luar negeri? Kita semua pastinya seneng dong kalau mendapatkan kesempatan emas satu ini.

Bagaimana tidak? Di luar negeri kita akan hidup dengan orang-orang baru, berbahasa baru hingga kebiasaan dan cuaca yang juga baru. Pasti hal ini menjadi pengalaman baru yang tak akan pernah terlupakan deh!

Eits! Tapi tentu saja kuliah di luar negeri tak semudah dan semenyenangkan yang dibayangkan. Di negeri baru kita dituntut untuk hidup mandiri. Apalagi jika negeri yang dituju biaya hidupnya mahal. Kalau kehabisan uang saku, bukankah itu menjadi hal sulit?

Sudahlah tidak ada keluarga, kalaupun punya teman, sesama teman satu negeri, gimana kalau dia juga pas-pasan? Mau tidak mau, kita harus bisa survive dan bisa mempertahankan diri demi menyelesaikan kuliah, bukan?

Nah, salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu kamu bisa melakukan pekerjaan part time untuk menambah uang sakumu. Untuk mengambil kerja paruh waktu, kita pun tak bisa sembarangan loh!

Kita harus mengetahui aturan-aturan yang ada. Dan tentunya aturan sesuai dengan negara yang kita tuju.

Pertanyaannya, apa saja sih yang pekerjaan part time yang bisa dikerjaan mahasiswa di luar negeri?

Berikut ini adalah 8 pekeryaan part time bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja di luar negeri:

1. Kerja Part Time Menjadi Fotografer

Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri, Inilah Pekerjaan Part Time Terbaik
foto instagram/@truskavkowa.makeup

Pekerjaan part time pertama yang bisa kamu jadikan peluang di luar negeri yaitu menjadi fotografer. Bukankah pekerjaan ini kini mulai banyak digandrungi para mahasiswa Indonesia?

Bekerja menjadi fotografer di luar negeri bisa kamu lakukan dengan join di jasa-jasa media pemotretan tertentu.

Atau mungkin menjadi freelance photographer. Seperti ketika ada orang Indonesia yang berkunjung ke negeri tempat kamu berkuliah, kamu bisa menawarkan jasa fotografimu.

Untuk menjadi fotografer, syaratnya kamu memang harus memiliki kamera yang berkualitas. Jadi, kamu harus mempersiapkannya sejak awal, ya.

2. Kerja Part Time Menjadi Desainer Grafis

Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri, Inilah Pekerjaan Part Time Terbaik
foto instagram/@andreratola

Pekerjaan berikutnya yang mungkin bisa kamu jadikan peluang untuk menambah uang sakumu di luar negeri. Yaitu kamu bisa menjadi seorang desainer grafis. Bahkan kini desain grafis juga banyak diminati sebagai pekerjaan paruh waktu loh!

Beberapa perusahaan di luar negeri ternyata banyak yang berburu jasa desain grafis untuk kepentingan usaha mereka. Mulai dari logo perusahaan, pembuatan banner promosi hingga banner website milik mereka.

Tak perlu banyak syarat, kok. Asal kamu bisa teknik dasar desain grafis, kamu tentu bisa memanfaatkan pekerjaan ini. Masalah keahlian, kamu bisa belajar seiring berjalannya waktu, bukan?

Baca juga: Tips Bisnis Rumah Kontrakan

3. Menjadi Waiter Atau Pekerja Dapur Restoran

Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri, Inilah Pekerjaan Part Time Terbaik
foto instagram/@rls_gyoung_

Nah, menjadi waiter/pramusaji atau pekerja dapur adalah pekerjaan part time yang tak butuh keahlian apapun. Dan ini bisa kamu ambil peluangnya.

Namun tentunya kamu harus mempersiapkan mental yang kuat dan tahan banting. Sebab, restoran-restoran di luar negeri umumnya sangat mengutamakan kebersihan, kedisiplinan hingga keramahan dalam melayani customer.

4. Kerja Part Time Menjadi Kurir

Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri, Inilah Pekerjaan Part Time Terbaik
foto instagram/@svihaj_suhaj

Menjadi seorang kurir juga bisa kamu jadikan peluang tambahan uang saku untuk kamu yang belajar di luar negeri.

Berbeda dengan kurir di Indonesia, untuk menjadi kurir di luar negeri kemampuanmu dihitung dari kecepatanmu mengantar barang dan ketepatan lokasi alamat tujuan. Jadi, kalau terlambat sedikit saja, tentu nanti upah yang kamu terima juga akan lebih sedikit.

5. Kerja Part Time Menjadi Blogger

Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri, Inilah Pekerjaan Part Time Terbaik
foto instagram/@theevagutierrez

Di era yang serba digital, sangat memungkinkan buat kamu untuk bekerja menjadi seorang blogger. Bahkan pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang menggiurkan untuk dijadikan peluang.

Nah, kamu bisa menuliskan pengalaman-pengalaman pribadi tentang kegiatan perkuliahan dan berbagai hal di negeri tempat kamu belajar. Semisal kulinernya, wisata-wisata menariknya, kehidupan kampusnya dan masih banyak lagi.

Jika pengunjung websitemu mulai banyak kamu bisa memasang Google Adsense. Jadi, blogmu akan dipasang iklan-iklan dari Google, kemudian visitormu akan klik iklan, dimana hasil klik iklan tersebut bisa diuangkan.

6. Kerja Part Time Menjadi Asdos

Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri, Inilah Pekerjaan Part Time Terbaik
foto instagram/@ir.anams

Kerja part time mahasiswa luar negeri selanjutnya yaitu menjadi seorang asdos (Asisten Dosen). Ini bisa menjadi peluang besar buat kamu yang memiliki nilai akademik tinggi.

Keuntungan menjadi asdos, selain gajinya yang tinggi (karena termasuk pekerjaan bergengsi), kamu tak akan jauh dari kata belajar dan belajar. Dengan begitu, bukan tak mungkin kuliahmu akan semakin cepat lulusnya.

7. Menjadi Karyawan Supermarket

Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri, Inilah Pekerjaan Part Time Terbaik
foto instagram/@bai_apv

Selain menjadi pramusaji di restoran, pekerjaan lain yang butuh mental kuat yaitu menjadi karyawan supermarket.

Upahnya yang cukup besar dan gaji dihitung per jam, tak ada salahnya kamu menjadiman pekerjaan sebagai karyawan supermarket menjadi sebuah peluang.

Banyak jenis pekerjaan yang bisa diambil dari supermarket. Seperti menjadi  bagian yang ngecek persediaan barang, menjadi bagian kasir hingga menjadi karyawan di bagian gudang.

Lihat juga: Cara Mendapatkan Pekerjaan Freelance

8. Pekerjaan Part Time Menjadi Barista

Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri, Inilah Pekerjaan Part Time Terbaik
foto instagram/@localcoffee.bali

Menjadi barista juga bukan hal yang tak mungkin tak bisa kamu lakukan loh, di luar negeri. Apalagi pekerjaan ini sekarang menjadi pekerjaan part time yang banyak diminati oleh para kaum muda milenial.

Kalau kamu teliti lebih dalam, kamu akan menjumpai banyak sekali coffe shop-coffe shop yang membuka lowongan pekerjaan part time untuk mahasiswa-mahasiswa asing.

Asal kamu memiliki keahlian meracik kopi sekaligus menyajikannya, pekerjaan barista bisa kamu jadikan peluang besar untuk menambah uang sakumu.

Nah, Itulah beberapa kerja part time ketika bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja di luar negeri. Kamu bisa memilih salah satu untuk menambah uang sakumum Semoga membantu, ya.

BERI KOMENTAR