7 Makanan Khas Ambarawa yang Menggugah Selera

Kalo kamu belum pernah berkunjung ke Ambarawa sebelumnya, pastikan lidahmu merasakan makanan khas ambarawa saat berkunjung ke daerah yang satu ini.

ceroboh.com – Kali ini cerobohcom akan membahas tentang makanan khas Ambarawa. Kenapa hkita arus membahas tentang makanan khas daerah yang satu ini? Karena kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah cuma menikmati tempat-tempat pariwisatanya saja. Tentu akan lebih lengkap jika ditemani juga dengan hidangan khas kota tersebut.

Ambarawa merupakan daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali panorama wisata. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah hingga sekarang wisata kulinernya.

Apakah saat ini Anda sedang merencanakan main  atau berlibur ke Ambarawa? Atau sekarang sedang berada disana kemudian sedang berencana mencari referensi untuk menikmati makanan khas Ambarawa? Sekarang nggak usah khawatir dan bingung-bingung muterin kota Ambarawa mencari kuliner khas yang cocok. Tinggal simakin ulasan dari kami.

Sebenarnya ada banyak sekali makanan khas Ambarawa yang perlu kamu nikmati saat berkunjung kesana, namun sebagai pilihan terbaik, kami menyajikan beberapa hidangan makanan khas yang paling recomended untuk dinikmati. Mau tahu? Mari simak ulasan berikut ini.

Berikut ini adalah aneka makanan khas Ambarawa yang Enak dan harus kamu rasakan kenikmatannya:

Gudeg Merakmati Khas Ambarawa

Makanan Khas Ambarawa yang Menggugah Selera
Gudeg Merakmati

Makanan khas Ambarawa yang direkomendasikan pertama adalah Gudeg Merakmati. Gudeg ini hampir sama dengan gudeg khas Yogyakarta. Karena isinya seperti daun singkong rebus, aren dan bahan khas Nusantara lainnya. Namun berbeda dengan Gudeg Jogja, Gudeg Merakmati memiliki rasa yang khas dan berbeda dari segi kelezatannya.

Gudeg ini tersaji spesial karena disajikan bersama urat tendon sapi atau koyor yang sebelumnya direbus sampai empuk. Dan yang menjadikannya lebih enak lagi, penjual makanan khas Ambarawa ini suka menggoreng-goreng pada bagian akhir.

Untuk dapat menikmati  kelezatan Gudeg Merakmati kamu bisa berkunjung ke daerah terminal Bus Bawen  di sebelah utaranya, dari Jalur Intan Semarang -Solo, sekitar 2 km.

Karena gudeg ini merupakan makanan khas yang banyak peminatnya, kamu harus rela mengganti saat membeli Gudeg Merakmati. Biasanya tempat penjual gudeg terlihat sederhana, namun tidak mengurangi kenikmatan menyantap makanan khas Ambarawa ini.

Lihat Juga : Aneka Tempat Wisata di Ambon

Tahu Serasi Khas Ambarawa

Makanan Khas Ambarawa yang Menggugah Selera
Tahu Serasi

Jika dilihat dari teksturnya, tahu ini hampir terlihat sama dengan tahu pada umumnya. Namun tentu saja jauh berbeda dari tahu pada umumnya. Tahu ini dibuat tanpa menggunakan tambahan bahan pengawet.  Sehingga sangat aman untuk kesehatan saat dikonsumsi. 

Tekstur tahu berwarna putih dan jika di gigit akan sedikit terasa kenyal. Memiliki rasa yang gurih dan mantap. Sehingga membuat pemakannya akan merasa ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Belum lagi ada aroma terasi yang begitu yummy dan menggoda.

Tahu Serasi ini dapat dibeli dengan harga yang relatif murah. Cukup dengan mengeluarkan uang senilai Rp. 12.000 kamu sudah mendapatkan satu bungkus tahu serasi, yang dalamnya terdapat delapan potong tahu. Jangan ragu untuk membeli tahu ini ketika sedang berkunjung ke Ambarawa.

Serabi Ngampin Khas Ambarawa

Makanan Khas Ambarawa yang Menggugah Selera
Serabi Ngampin

Makanan khas Ambarawa yang menjadi andalan berikutnya adalah Serabi Ngampin. Serabi ini wajib kamu beli saat mengunjungi Ambarawa. Jangan sampai nyesel karena tidak membelinya.

Serambi Ngampin, sesuai namanya bahwa makanan khas Ambarawa ini merupakan kuliner yang berasal dari Desa Ngampin. Namun untuk mendapati serabi yang lezat ini kamu tidak usah mengunjungi Desa Ngampin. Krena Serabi Ngampin juga bisa ditemui di Jalan Ambarawa, Magelang. Lebih spesifik lagi yaitu sekitar satu kilometer sesudah terminal Bus Ambarawa menuju Yogyakarta.

Di tempat ini, selain dapat menjumpai Serabi Ngampin, kamu juga dapat menjumpai makanan khas Desa Ngampin lainnya. Seperti olahan singkong berupa jenang, kerupuk opak dan peyek kacang .

Bagi warga sekitaran Desa Ngampin, usaha menjual serabi ngampin menjadi andalan tersendiri bagi warga. Untuk rasa dari serabi ini sudah terjamin kehigienisan dan kebersihannya. Karena proses pengolahannya selalu memperhatikan aspek kebersihan dan sanitasi. Sehingga aman bagi kesehatan konsumen.

Lihat Juga : Oleh-oleh dari Wonosari

Sate Kelinci Bandungan Ambarawa

Makanan Khas Ambarawa yang Menggugah Selera
Sate Kelinci Bandungan

Di daerah Bandungan ada pedagang yang menjual makanan khas Ambarawa. Tepatnya di Jalan Raya Bandungan-Sumowono. Disana kamu bisa menjumpai pedagang-pedagang pinggiran yang menyediakan menu sate kelinci.

Sate kelinci yang disajikan memiliki rasa yang enak dengan tekstur daging yang lembut. Di daerah ini ini juga banyak penjual kuliner yang menjual makanan khas Ambarawa. Biasanya pedagang-pedagang kuliner ini berada di sekitaran pinggir-pinggir jalan. Dan sebagian ada yang menempel di pinggiran tembok tempat Wisata Bandungan.

Sate yang dijual di jalan bandungan ini memiliki harga yang terjangkau. Untuk sate kelinci sekitar Rp.12.000 dan kamu juga bisa menikmati sate ayam sekitar Rp.10.000 saja.

Pecel Mbok Kami Khas Ambarawa

Makanan Khas Ambarawa yang Menggugah Selera
Pecel Mbok Kami

Menu makanan khas Ambarawa yang berikutnya adalah Pecel Mbok Kami. Pecel ini tidak jauh beda dengan pecel pada umumnya. Namun Pecel Mbok Kami memiliki rasa yang lebih enak pada bumbu kacangnya. Dan sudah banyak orang yang terpikat dengan rasa pecel itu.

Pecel khas Ambarawa ini bisa kamu dapati di tempat Warung Pecel Mbok Kami. Meski secara garis besar hampir sama dengan pecel biasanya. Pecel yang satu ini tentu saja memiliki rasa yang khas dan berbeda dari pecel biasanya.

Pecel Mbok Kami Khas Ambarawa letaknya berada di Jalan Goa Maria Kerep, Ambarawa. Letaknya dekat dengan Terminal Ambarawa. Harga dari pecel khas ini masih cukup terjangkau, karena dihargai hanya Rp. 10.000 untuk satu porsinya.

Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari

Makanan Khas Ambarawa yang Menggugah Selera
Gecok Tlogo

Kuliner makanan khas Ambarawa yang satu ini hampir sama dengan Tengkleng Solo. Dan tentu saja dari segi rasa tidak kalah juga. Gecok Tlogo memiliki rasa yang enak dan lezat, sehingga ketika kamu berkunjung ke Ambarawa jangan sampai melewati makanan khas ini.

Makanan khas Ambarawa ini memiliki harga yang tergolongmurah, karena hanya dengan mengeluarkan uang Rp 10.000,- kamu bisa menikmati makanan lezat yang sudah tidak diragukan lagi. Gecok Ibu Siti sudah diigemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Hingga para pejabat Pemkab sering mengunjungi tempat kuliner yang satu ini.

Meskipun warung gecok ini terlihat kecil, tapi pengunjungnya selalu ramai. Bahkan jika kamu kesana bisa mengantri saat memesan menu makanan yang lezat ini. Letak dari tempat penjualan Gecok Ibu Siti berada di Desa Tlogo, Tuntang, Kabupaten Semarang.

Karena letaknya di sana, sehingga agak jauh dari pusat kota. Meskipun sedikit jauh, saya jamin bahwa kamu nggak akan menyesal ketika menikmati makanan khas Ambarawa satu ini.

Baca Juga : Tempat Liburan di Cikarang

Sate Pak Kempleng Khas Ambarawa

Makanan Khas Ambarawa yang Menggugah Selera
Sate Pak Kempleng

Rekomendasi makanan khas Ambarawa yang terakhir masih dari jenis sate. Sate ini sangat cocok kamu santap ketika berkunjung ke kawasan Ungaran. Letak tepatnya adalah di Jalan Diponegoro No. 265 Ungaran. Warung sate ini buka dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Sate Pak Kempleng memiliki keunggulan tersendiri karena daging yang disajikan berotot namun teksturnya tetap lembut saat disantap. Selain itu daging sate yang disajikan juga tidak berlemak, karena daging yang digunakan untuk sate adalah daging dalam dan lulur.

Bahan baku yang akan dijadikan sate direndam dulu dengan menggunakan gula aren, sehingga sate ini memiliki rasa yang manis. Sate Pak Kempleng ini memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sate khas Ambarawa sebelumnya. Setiap satu porsinya sekitar Rp. 27.000,- dan kamu bisa menikmati sensasi kelezatan sate yang satu ini.

Demikian beberapa rekomendasi makanan khas Ambarawa yang menggugah selera. Kamu wajib mencicipi makanan khas tersebut ketika mengunjungi Ambarawa. Bisa menikmatinya saat sarapan, makan siang dan juga saat makan malam. Atau bisa dinikmati sambil mengunjungi tempat-tempat wisata di Ambarawa yang menakjubkan. Semoga bermanfaat, yaaa.

BERI KOMENTAR