11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer

Jangan sampai menyesel tidak merasakan kenikmatan makanan khas Ambon yang paling populer, berikut ini beberapa yang paling recommended.

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer

Ceroboh.com – Ambon merupakan salah satu tempat yang paling disarankan untuk dikunjungi. Kota yang satu ini memiliki daya tarik yang beragam, mulai dari banyaknya pantai yang indah hingga aneka tempat wisata lainnya.

Ambon bisa menjadi tempat alternatif berlibur bersama keluarga atau bersama kawan-kawan. Namun, ketika berkunjung ke Ambon akan terasa kurang lengkap jika kamu tidak merasakan sensasi kelezatan makanankhas dari Kota Ambon.

Di Kota  Ambon ini, banyak sekali makanan khas yang bisa membuat kamu merasa puas dengan sajian hidangannya. Salah satunya adalah Ikan Komu Asar.

Untuk menyantap makanan khas Ambon, tentu saja kamu harus berkunjung ke Kota Ambon dulu. Atau mungkin sekarang ada teman-teman yang sedang berada di Ambon dan sedang mencari referensi tentang makanan khas yang akan dimakan.

Berikut ini 11 makanan khas Ambon paling populer dan enak rasanya:

Papeda Khas Ambon

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer
Papeda – Foto dari @iskandartanassy

Papeda merupakan makanan khas Ambon yang paling terkenal. Sudah pasti populer juga, pasalnya Papeda merupakan makanan pokok warga Ambon.

Meskipun sudah populer, siapa tahu ada sebagian dari kamu yang belum pernah mencobanya. Maka dari itu, saya rekomendasikan untuk merasakan makanan pokok dari Ambon ini.

Papeda merupakan makanan khas yang dibuat dengan bahan baku sagu. Diolah sedemikian rupa sehingga teksturnya menyerupai bubur atau lem serta memiliki warna putih.

Rasa asli Papeda memang hambar. Meskipun begitu, Papeda akan semakin enak jika dimakan bersama dengan kuah ikan kuning. Inilah salah satu cara memakan Papeda sehingga rasanya menjadio semakin mantap.

Baca juga : Tempat Wisata di Ambon

Nasi Lapola Khas Ambon

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer
Nasi Lapola – Fotonya @uchanhehanussapattiasina

Nasi Lapola yang berikutnya adalah Nasi Lapola. Sesuai namanya, tentu saja makanan khas ini dibuat dari bahan baku nasi. Kemudian menggunakan campuran kacang tolo atau yang sering dikenal dengan sebutan kacang kedele merah.

Karena memiliki rasa yang pulen dan gurih, Nasi Lapola menjadi makanan favorit bagi warga Ambon. Dan para wisatawan yang berkunjung juga kadang banyak yang berburu makanan yang satu ini.

Proses pembuatan Nasi Lapola yaitu dengan cara memasak beras hingga setengah matang, setelah itu dicampur dengan kacang tolo yang sudah direbus dan dicampur dengan garam dan kelapa parut.

Campuran tersebut selanjutnya diaduk hingga merata dan sampai matang. Kamu patut mencoba nasi khas Ambon ini, karena rasanya sangat gurih dan enak.

Nasi Kelapa Khas Ambon

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer
Nasi Kelapa – Foto dari @ling0289

Selanjutnya ada makanan khas yang berupa nasi. Namanya adalah Nasi Kelapa. Jika dibandingkan dengan nasi kelapa yang sering ditemukan di Jawa, nasi kelapa ini hampir tidak jauh beda.

Namun tentu saja ada yang membedakan antara keduanya. Perbedaannya yaitu dari segi proses pembuatannya yang membutuhkan teknik khusus, sehingga dapat menghasilkan nasi kelapa yang khas dan mantap tentunya. Kemudian, adanya penambahan sambal kelapa juga menjadi pembeda keduanya.

Agar semakin lezat, biasanya Nasi Kelapa ini disantap bersama dengan tambahan lauk pauk lain seperti telur asin, ikan asin atau bisa juga dengan ikan bakar sambal colo-colo. Namun, pendamping Nasi Kelapa Khas Ambon yang harus ada adalah serundeng kelapa, atau biasa disebut dengan sambal kelapa.

Ikan Komu Asar Khas Ambon

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer
Ikan Komu Asar – Foto dari @bikinkerenindonesia

Ikan Komu Asar merupakan makanan khas yang recommended untuk kamu santap. Oh iya, asal kamu tahu, Asar itu artinya asap, sehingga ikan ini diolah dengan cara di asap. Ikan Komu Asar dibuat dengan menggunakan bahan baku ikan tongkol segar atau bisa juga menggunakan ikan tuna.

Bahan baku tersebut diolah dengan cara ditusuk menggunakan bambu kemudian di asap dengan waktu kurang lebih sekitar satu jam. Akan semakin lezat dan mantap, Ikan Komu jika dimakan bersama dengan nasi dan sambal colo-colo.

Ikan Kuah Pala Khas Ambon

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer
Ikan Kuah Pala – Fotonya @astinahyulianti

Sekarang masuk ke daerah Kepulauan Banda, dengan makanan khas berupa Ikan Kuah Pala. Pulau Banda, Ambon sudah terkenal dengan rempah-rempahnya yang sangat banyak. Tak aneh jika makanan khas di sini dengan olahan ikannya memiliki rasa yang lezat dengan aroma rempah-rempah yang nikmat.

Dahulu, Ikan Kuah Pala sering dihidangkan untuk menjamu beberapa pejabat asal Belanda yang datang ke daerah ini. Bahkan, Ikan Kuah Pala sudah ada sejak ratusan tahun silam. Hebat, ya?

Ikan kuah pala ini memiliki daya tarik sendiri untuk dicicipi. Rasa asam bercampur pedas dari buah pala menjadikan Ikan Kuah Pala memiliki rasa yang segar.

Pada umumnya, makanan khas dari Ambon satu ini biasa dihidangkan bersama dengan ikan bakar kakap merah, urap daun pepaya serata sambal bekasang yang terbuat dari tumbukan ikan cakalang. Tentunya akan nikmat sekali jika disantap.

Lihat juga: Makanan Khas Garut Terpopuler

Sambal Colo-colo Khas Ambon

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer
Sambal Colo-colo – Fotonya @kayyumie_86

Nama sambalnya memang sedikit aneh, namanya Sambal Colo-colo. Sambal ini juga merupakan makanan khas yang banyak digemari dan sudah menjadi makanan pelengkap yang wajib ada. Tentunya rasa pedas dari Sambal Colo-colo sudah tidak diragukan lagi dong. Pokoknya tiada tandingannya, deh.

Sambal Colo-colo dibuat dari campuran rempah-rempah pilihan khas Nusantara. Diantara rempah-rempah tersebut yaitu cabai rawit, bawang merah, tomat muda dan daun seledri yang diiris menjadi satu. Kemudian, diberi taburan garam dan disirami perasan jeruk nipis.

Selain bahan utama tersebut, Sambal Colo-colo juga bisa ditambahkan pelengkap seperti irisan kenari merah, daun kemangi dan bisa juga diberi tambahan kecap.

Uniknya, sambal khas Ambon satu ini disajikan tidak dengan cara diuleg. Rasanya juga bisa dibilang unik, perpaduan antara rasa pedas dan rasa asam dari perasan jeruk nipis yang mampu menggoyang lidah penyantapnya.

Meskipun mempunyai rasa yang pedas, sambal ini bisa membuat ketagihan. Terutama bagi kamu penggila pedas. Pokoknya makanan ini wajib kamu cicipi, deh.

Kohu-Kohu Khas Ambon

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer
foto kota-ambon.blogspot.com

Jika di Jawa ada urap, maka makanan khas berikutnya yang ada di ambon ada Kohu-kohu. Kohu-kohu ini hampir menyerupai urap karena terbuat dari sayur-sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, mentimun dan daun kemangi.

Kemudian bahan-bahan utama tersebut dicampurkan dengan irisan bawang putih, bawang merah, daun kemangi, cabai, suiran ikan cakalang, perasan jeruk nipis dan dicampur dengan kelapa parut. Diaduk secara merata.

Meskipun terlihat mirip dengan urap, Kohu-kohu sangatlah berbeda. Kalau pada urap biasanya tidak terdapat ikan cakalangnya. Makanan khas Ambon ini paling enak jika disantap bersama dengan ubi jala, talas, singkong atau bisa juga dengan pisang rebus. Tertarik mencobanya?

Roti Kering Kenari Khas Ambon

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer
Roti Kering Kenari – Foto dari @momketjeh

Roti Kering Kenari adalah makanan khas yang perlu kamu coba. Roti Kering Kenari mirip dengan lembaran roti tawar. Perbedaannya, pada roti khas Ambon ini, diatasnya ditaburi dengan cacahan kacang kenari dan gula.

Kacang kenari yang garing pada roti ini, enaknya tak kalah dengan kacang almond. Sehingga roti ini memiliki rasa yang mantap. Karena merupakan makanan kering, roti ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Ambon dan buah tangan saat pulang ke rumah.

Gogos Makanan Khas Ambon

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer
foto cookpad/Bunda Fikri

Gogos memiliki tekstur dan bentuk yang hampir mirip dengan lemper. Namun yang membuatnya berbeda yaitu, jika lemper isi bagian dalam biasanya berupa suiran daging ayam atau abon dan kadang ada yang isinya cacahan tempe, maka Gogos isi bagian dalam biasanya berupa suiran ikan.

Bahan utama Gogos adalah ketan dengan isi dalamnya adalah suiran ikan. Kemudian bahan baku tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian dibakar.

Makanan khas ini paling lezat jika disantap saat masih hangat, kemudian dijadikan makanan pelengkap ketika minum teh atau minum kopi.

Pisang Asar Khas Ambon

11 Makanan Khas Ambon Paling Enak dan Populer
Pisang Asar – Foto @lafayyadh

Selain Gogos, selanjutnya ada Pisang Asar yang merupakan makanan khas Ambon yang juga sangat cocok jika disantap bersama dengan meminum teh atau meminum kopi. Cara pembuatan makanan khas ini adalah dengan cara di oven atau dipanggang.

Asar di Ambon biasanya diartikan asap. Tidak semua jenis pisang bisa dijadikan bahan baku. Pisang Asar ini hanya bisa dibuat menggunakan pisang raja.

Ketika berkunjung ke Ambon, atau ketika berkunjung ke tempat wisata di sana, tentu saja akan semakin lengkap jika sekaligus menyantap makanan khas asal Ambon ini.

Baca juga: Makanan Khas Semarang

Alternatif Makanan Khas Ambon

Selain ke sepuluh hidangan yang sudah dipaparkan di atas, ada makanan khas Ambon lainnya yang harus kamu coba rasakan kenikmatan.

Makanan ini juga merupakan makanan yang saya rekomendasikan, dengan cita rasa yang tidak diragukan lagi. Apa saja makanan tersebut? Silahkan lihat alternatif makanan khas Ambon ini:

  • Rujak Natsepa
  • Bubur Sagu Ubi
  • Talam Sagu Bakar
  • Sagu Woku Komo-Komo
  • Kue Sagu Bagea
  • Asida
  • Kopi Sibu-sibu

Itulah beberapa alternatif lain yang bisa kamu pilih sebagai makanan khas yang ada di Ambon. Dan kamu memilih salah satunya. Untuk mencari referensi tentang makanan alternatif tersebut, kamu bisa menggunakan mesin pencari google sebagai alat bantu. Semoga bisa menjadi referensi alternatif, ya.

Nah, itulah beberapa paparan tentang makanan khas Ambon yang paling populer. Makanan khas tersebut bisa kamu jadikan list hidangan saat berkunjung ke Ambon, baik saat singgah saja, atau pada saat sengaja berlibur ke Ambon. Oh iya, kamu juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk beberapa makanan kering awet seperti Roti Kering Kenari.

BERI KOMENTAR