9 Makanan Khas Bandung Paling Legen dan Terpopuler

Makanan khas Bandung yang populer dan sudah melegenda banyak sekali, tak aneh Bandung dikenal sebagai surganya kuliner bagi para wisatawan.

Makanan Khas Bandung

CEROBOH.COM – Hayooo siapa yang belum pernah ke Bandung? Tentunya sesekali pernah dong, ya. Sebab, Bandung yang terkenal dengan banyak sekali destinasi wisatanya akan sangat sayang jika belum pernah dikunjungi sama sekali.

Di Bandung kamu akan menemukan wisata-wisata dalam bentuk yang bervariasi. Mulai dari wisata alam, wisata belanja hingga wisata berbentuk museum. Tak terkecuali wisata kuliner dong, tentunya.

Bicara soal wisata kuliner, Bandung ternyata memiliki banyak sekali aneka macam kuliner khas yang akan membuat selera makanmu tergugah. Saking banyaknya, bahkan saya sampai bingung harus merekomendasikan makanan khas mana yang perlu dicicipi.

Tapi tenang, saya sudah meringkas menjadi beberapa kuliner khas Bandung, kok.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Bandung yang populer dan akan menggoyang lidahmu:

1. Siomay Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
foto instagram/@davin_siomaybatagor

Makanan pertama yang wajib kamu cobain kalau berkunjung ke Bandung yaitu siomay khas Bandung. Siapa sih, yang tak kenal dengan jajanan siomay?

Hampir semua daerah di Indonesia ada jajanan Bandung satu ini. Siomay merupakan kuliner yang di dalamnya terdapat bakso tahu, kol rebus, pare, kentang dan juga telur. Selanjutnya paduan bahan tersebut disiram dengan nikmatnya sambal kacang yang lumer di lidah.

Rugi deh, kalau kamu belum mencoba siomay di Kota Bandungnya langsung. Kamu bisa menemukan siomay di warung-warung dekat mall atau di pinggir-pinggir jalan. Dijamin maknyus!

2. Es Goyobod

Makanan Khas Bandung
foto instagram/@nusantara_kelapa.cibitung

Selanjutnya kamu akan menjumpai minuman khas Bandung. Namanya es goyobod. Di daerah-daerah lain ada yang menyebut es goyobod dengan sebutan es oyen. Minuman ini juga sangat terkenal dan populer di daerah-daerah lain. Tapi memang sering dijumpai di daerah Garut dan Bandung.

Es goyobod adalah sejenis minuman bersantan yang isiannya terdiri dari alpukat, kelapa muda dan agar-agar serta goyobod yang dibuat dari tepung hunkue.

Rasanya yang segar dan manis akan membuat lidahmu ketagihan untuk mencicipinya.

Lihat juga: Makanan Khas Banjar Jawa Barat

3. Colenak Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
foto instagram/@yezcookies

makanan ini merupakan kependekan yang dibuat oleh masyarakat Sunda sendiri. Colenak berasal dari kata dicocol dan enak. Inilah asal usul nama colenak.

Colenak dibuat dari peuyeum yang dibakar atau dibakar. Lalu selanjutnya colenak disiram dengan saus gula merah kelapa yang akan menciptakan rasa legit dan gurih di lidah.

Kalau kamu berencana main ke Bandung, jangan pernah lewatkan makanan colenak ini, ya.

4. Bolu Susu Bandung

Makanan Khas Bandung
foto instagram/@lapistalaspakuanbogor

Meskipun bolu susu Lembang ini adalah kuliner Bandung yang terhitung masih baru, namun ternyata sejak eksis tahun 2017 lalu bolu ini berhasil mencuri perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Bolu susu kini memiliki tiga varian rasa yang bisa kamu cobain. Mulai dari rasa original, rasa coklat dan juga rasa susu vanilla.

Dengan kualitas yang oke dan tawaran harga yang murah ternyata membuat makanan ini diburu wisatawan dari seluruh penjuru Indonesia.

Kamu bisa menjumpai bolu Bandung di Island Bolu Susu Lembang Stasiun Bandung atau Bolu Susu Lembang, Oleh oleh khas Bandung di daerah Jayagiri.

5. Bandros Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
foto instagram/@cikar_food

Siapa sih, yang nggak kenal kue tradisional Urang Bandung satu ini? Kue bandros merupakan jajanan khas Sunda yang dibuat dari tepung beras, santan dan parutan kelapa.

Setelah bahan tercampur kemudian dicetak dalam sebuah cetakan. Terakhir bandros akan diberi topping berupa saus gula merah yang lumer di lidah.

Namun kini kue bandros bisa kamu temukan dalam varian rasa macam-macam loh. Mulai dari keju susu, pisang susu, saus stroberi, durian keju bahkan rasa greentea dapat kamu jumpai.

Rasa-rasa asin juga bervariasi. Mulai dari ayam sosis, jagung pedas, ayam keju dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mencicipi bandros dengan berbagai pilihan varian di Bandros 88 yang berlokasi di Jalan Jupiter Sekejati Bandung.

6. Ulukutek Leunca Bandung

Makanan Khas Bandung
foto instagram/@rulyantievi

Jika kamu masih asing dengan makanan khas satu ini, ada baiknya kamu mencobanya. Sebab, ulukutek ini merupakanan makanan yang memiliki perpaduan rasa antara renyah, gurih, pahit dan juga pedas.

Biasanya ulukutek leunca Bandung adalah makanan yang terdiri dari oncom dicampur dengan terong pokak (terong kecil-kecil). Dijamin akan menggugah selera makanmu, deh.

Kamu bisa menyantap ulukutek leunca di berbagai daerah di Bandung. Salah satunya di Warung Ibu Imas yang berada di kawasan Jalan Balonggede Kota Bandung.

7. Karedok Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
foto instagram/@rrifaijk

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan khas Bandung berupa karedok. Pernah mendengar nama makanan ini, kan?

Dilihat dari tampilannya, karedok lebih mirip dengan gado-gado atau pecel. Namun tentu saja memiliki rasa khas yang tak sama dengan yang lain.

Biasanya karedok terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, kemangi, mentimun, kol hingga terong ungu. Sayuran yang ada dalam karedok membuat makanan ini bergizi dan sehat jika dikonsumsi. Cobain kuy!

8. Nasi Timbel Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
foto instagram/@hobbymakan.official

Nasi timbel berarti nasi yang tersembunyi. Kenapa tersembunyi? Karena nasi timbel disajikan dengan nasi yang dibungkus daun pisang. Makanya disebut nasi timbel.

Selanjutnya lauk yang ada di dalam nasi timbel yaitu ikan atau daging, tempe tahu ditambah segarnya lalapan dan pedas gurih sambalnya yang maknyus.

Jika kamu penasaran dengan nasi timbel, kamu bisa mendatangi Nasi Timbel Bawean yang ada di Jalan Bawean Bandung. Harganya murah kok. 20 ribu kamu sudah akan mendapatkan berbagai macam lauknya.

Baca juga: Makanan Khas Pangandaran Terpopuler

9. Tahu Susu Bandung

Makanan Khas Bandung
foto instagram/@tahususu.serayu

Sebenarnya tahu susu ini sudah pernah saya jelaskan di artikel mengenai makanan khas yang ada di Bandung Barat. Namun karena sangat recommended untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Bandung, saya coba ulas lagi sedikit.

Tahu susu ini memiliki keunikan tersendiri dalam hal pemesanan. Tempat pemesanannya mirip dengan POM bensin. Nah, namanya diganti menjadi POM Tahu Susu. Benar-benar mirip dengan POM bensin, loh.

Jadi kalau kamu mager buat turun dari mobilmu, kamu bisa drive thru. Unik, kan?

Kalau penasaran, kamu bisa berkunjung ke daerah Jalan Raya Lembang No. 177 Lembang Bandung Barat.

Demikian beberapa makanan khas Bandung yang akan menggugah selera makanmu. Kamu bisa menjadikannya oleh-oleh untuk kerabat. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR