10 Makanan Khas Bangka Belitung Paling Enak

Kategori Jelajah, Makanan Khas 211 x Dibaca

Mari kita nikmati makanan khas Bangka Belitung yang enak-enak ini, dijamin bisa menggugah seleramu. Pokoknya nyesel deh kalo nggak nyoba.

Ceroboh.com – Berbicara tentang makanan khas, Nusantara selalu saja tidak kehabisan topik dan selalu beragam. Dari setiap provinsi, bahkan tingkatan kabupaten sekalipun selalu saja memiliki makanan khas. Inilah Indonesia kita yang kaya akan kulinernya. Pada kesempatan kali ini, ceroboh.com akan membahas makanan yang enak-enak dan beraneka ragam jenisnya.

Ketika berkunjung ke daerah Bangka Belitung, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi makanan khasnya. Karena makanan khas di daerah ini wajib kamu rasakan sensasi kenikmatan rasanya. Selain memiliki beraneka ragam makanan khas, Bangka Belitung juga memiliki panorama wisata yang eksotis dan menakjubkan. Lengkap sudah ketika berkunjung kesana sembari menikmati wisata alam dengan ditemani kenikmatan makanan khasnya.

Bagi teman-teman yang sering berkunjung ke Bangka Belitung, tentu sudah tidak asing dengan beberapa makanan khas yang ada di Bangka Belitung berikut ini. Namun, bagi teman-teman yang baru saja berkunjung mungkin masih awam.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Bangka Belitung yang harus kamu cicipi:

Lempah Kuning Khas Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung Paling Enak
Lempah Kuning

Lempah Kuning adalah salah satu makanan khas yang memiliki rasa yang segar dan nikmat. Makanan yang satu ini termasuk makanan khas yang paling banyak disukai oleh banyak orang. Perlu kamu ketahui, bahwa banyak sekali makanan dari Bangka Belitung yang berbahan dasar dari laut.

Termasuk Lempah Kuning yang dibuat dengan bahan dasar ikan laut dan nanas. Namun selain menggunakan ikan laut, Lempah Kuning juga bisa dibuat dari daging sapi. Lemah Kuning ini dibuat dengan campuran rempah-rempah asli Bangka.

Tampilan dari Lempah Kuning terlihat khas, karena memiliki warna kuah yang kuning. Kemudian dari segi rasa, rasa asam dari nanas bercampur dengan rempah-rempah khas Nusantara, terciptalah makanan dengan cita rasa yang enak. Makanan khas Bangka Belitung ini wajib kamu cicipi saat memasuki jam makan siang. Supaya terasa enak, makannya disertai dengan nasi.

Selain Lempah Kuning, ada juga lempah lainnya. Yaitu Lempah Kulat dan Lempah Darat. Bedanya dengan Lempah Kuning terlihat dari bahan dasarnya. Lempah Kulat berbahan baku jamur, dan Lempah Darat menggunakan bahan baku dari campuran sayuran dan kacang-kacangan.

Balacan Khas Bangka Belitung

Balacan Khas Bangka Belitung
Balacan Khas Bangka

Makanan khas yang berikutnya masih menggunakan bahan dasar ikan. Akan tetapi kali ini dicampur dengan udang. Biasa dikenal dengan sebutan Balacan. Balacan dibuat dengan menggunakan teknik fermentasi. Karena terbuat dari bahan baku udang dan ikan, makanan khas Bangka ini memiliki aroma yang sangat kuat.

Balacan merupakan makanan khas Bangka Belitung yang dijadikan sebagai bahan baku untuk memasak masakan lainnya. Seperti membuat sambal atau beberapa masakan yang diolah dengan cara ditumis. Masakan yang menggunakan Balacan nantinya akan memiliki cita rasa yang enak, gurih dan tentunya tetap terasa nuansa Nusantaranya.

Lihat Juga : Oleh-oleh Khas Demak yang Wajib Dibeli

Kericu Khas Bangka Belitung

Kericu Khas Bangka Belitung
Kericu

Snack yang menjadi makanan khas kota ini adalah Kericu. Pada bahan bakunya, Kericu juga masih ada unsur lautnya. Snack khas Bangka Belitung yang satu ini terbuat dari bahan baku cumi-cumi, telur dan tepung sagu yang diolah menggunakan aneka rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas dan yang lainnya.

Karena rasanya yang gurih, tak aneh makanan khas yang satu ini sangat digemari banyak orang. Selain rasanya yang gurih, Kericu juga memiliki kandungan gizi yang tinggi yang dihasilkan dari cumi-cumi.

Kericu sangat cocok untuk dibawa pulang ke rumah sebagai oleh-oleh khas Bangka Belitung. Karena berupa snack kerupuk, jadi jangan sampai Kericu disimpan ditempat terbuka. Untuk menjaga kerenyahan rasanya, makanan khas Bangka Belitung ini harus disimpan pada tempat tertutup.

Rusip Khas Bangka Belitung

Rusip Khas Bangka Belitung
Rusip Khas Bangka

Berbahan dasar ikan teri, makanan khas Bangka Belitung ini menjadi salah satu makanan yang paling unik. Hampir sama dengan Balacan, Rusip juga dibuat dengan cara difermentasi. Bahan baku ikan teri yang sudah difermentasikan nantinya diolah dengan bahan lainnya seperti gula jawa dan rempah-rempah.

Meski dalam pembuatannya sedikit membutuhkan waktu yang lama dan dengan cara yang lumayan sulit,  akan tetapi hasil akhir dari masakan ini tidak akan mengecewakan para penikmatnya bahkan bisa membuat kamu ketagihan untuk menyantapnya lagi. Maka dari itu, jangan lupa merasakan makanan khas ini ketika kamu ke Bangka Belitung.

Kecalo Khas Bangka

Kecalo Makanan Khas Bangka
Kecalo

Kelaco juga merupakan makanan khas Bangka yang terbuat dari bahan baku udang. Dan cara pembuatannya juga masih menggunakan teknik fermentasi yang dicampur dengan garam. Makanan khas yang satu ini memiliki cita rasa gurih dan asin.

Sangat cocok dimakan sebagai teman pelengkap nasi. Kemudian, karena rasanya yang gurih dan asin, makanan khas Bangka ini sering juga dijadikan bahan campuran ketika membuat telur kocok atau aneka masakan lainnya.

Pantiaw Khas Bangka Belitung

Pantiaw Khas Bangka Belitung

Makanan khas Bangka Belitung selanjutnya yang wajib kamu nikmati adalah Pantiaw. Pantiaw terbuat dari bahan baku suwiran ikan yang diolah dengan menggunakan bumbu rempah-rempah pilihan.

Pantiaw memiliki rasa manis pedas dan gurih, sehingga menciptakan sensasi tersendiri dan bercita rasa tinggi. Tak aneh jika makanan khas yang satu ini menjadi makanan yang sering diburu oleh para wisatawan, baik lokal maupun manca negara.

Baca Juga Artikel : Tempat Wisata di Rembang yang Bisa Bikin Fresh

Sambal Lingkong Khas Bangka

Sambal Lingkong Khas Bangka
Sambal Lingkong

Kali ini ada makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari ikan tenggiri, populer dengan sebutan Sambal Lingkong. Sambal Likong merupakan makanan khas berjenis abon. Namun Sambal Lingkong berbeda dengan abon daging, karena abon yang satu ini terbuat dari ikan, menjadikan teksturnya lebih halus dan kasar, dan lebih mirip seperti parutan kelapa.

Makanan khas Bangka ini merupakan salah satu makanan yang dibandrol dengan harga mahal, namun cita rasanya yang luarbiasa tidak akan mengecewakan para pembelinya. Sangat cocok abon ikan yang satu ini jika kamu bawa pulang ke rumah dan berbagi kenikmatan bersama keluarga.

Lakso Khas Bangka

Lakso Khas Bangka
Lakso Bangka

Lakso merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan utama tepung sagu dan tepung terigu. Makanan yang satu ini juga merupakan makanan khas yang populer dan dicari banyak orang ketika berkunjung ke Bangka Belitung.

Jika dilihat sekilas, makanan khas yang satu ini terlihat seperti mie bakso pada umumnya yang sering kita lihat. Namun pastinya sangat berbeda jauh baik dari segi bahan baku maupun cita rasanya yang sangat enak dan gurih.

Getas Bangka Khas Bangka

Getas Bangka Belitung
Getas Bangka

Getas juga merupakan makanan ringan yang menjadi salah satu makanan khas Bangka Belitung. Makanan khas yang satu ini sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung.

Getas pada umumnya berbentuk silinder yang terbuat dari bahan baku tepung tapioka yang dicampur dengan ikan tenggiri. Getas sangat cocok jika dinikmati bersama makanan berkuah

Kemplang dari Bangka Belitung

Kemplang dari Bangka Belitung
Kemplang Bangka

Terakhir, yang paling populer dan paling banyak dijadikan sebagai oleh-oleh adalah Kemplang Bangka. Kemplang Bangka berasal dari daerah Pangkal Pinang yang dibuat dengan bahan baku tepung tapioka dan campuran ikan tenggiri yang sudah dihaluskan.

Makanan khas yang satu ini sejenis kerupuk, banyak dibuat oleh warga setempat sebagai industri rumah tangga. Tak aneh jika makanan khas yang satu ini banyak dicari oleh banyak orang karena memiliki cita rasa gurih dan aroma ikan tenggirinya yang membuat Kemplang menjadi terasa sangat sedap. Pokoknya kamu harus membawa makanan khas Bangka ini ke rumah agar keluarga di rumah juga merasakan kenikmatannya.

Demikianlah aneka ragam makanan khas Bangka Belitung yang enak dan populer. Bagaimana? Apakah kamu berminat mencicipi salah satunya? Atau berniat membeli untuk oleh-oleh keluarga? Pastinya kamu tidak akan menyesal menikmati makanan-makanan khas Bangka tersebut. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca Juga : Oleh-oleh dari Gorontalo yang Harus Dibeli

Tags: #Bangka #Bangka Belitung

author
Penulis: 
Pensyiar di Arminareka, penikmat tea, juga penulis yang terus belajar.
12 Tempat Wisata Kuliner di NTB (Nusa Tenggara Barat) Terenak
12 Tempat Wisata Kuliner di NTB (Nusa Tenggara Barat) Terenak
Sudah puas dengan wisata alamnya? Mari kita
5 Tempat Wisata Kuliner di Cikarang Bernuansa Sunda
5 Tempat Wisata Kuliner di Cikarang Bernuansa Sunda
Jangan-jangan selama tinggal di Cikarang cuma diem
8 Tempat Wisata Di Dekat Dago Bandung Paling Hits
8 Tempat Wisata Di Dekat Dago Bandung Paling Hits
Banyak banget pilihan tempat wisata di dekat
12 Tempat Wisata Di Wonosari Gunung Kidul Paling Hits
12 Tempat Wisata Di Wonosari Gunung Kidul Paling Hits
Sampe bingung mau main ke mana dulu,