9 Makanan Khas Bangkalan Paling Lezat dan Populer

Makanan khas Bangkalan apa sih yang bisa menggugah selera makanmu? Berikut ini saya sajikan 10 makanan yang paling populer dengan rasa yang lezat.

Ceroboh.com – Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar daerah Madura? Yups! Tentu saja sate. Kuliner sate madura seperti sudah sangat populer di seluruh Nusantara. Bahkan, jika kamu teliti lagi, setiap daerah di Indonesia hampir semuanya terdapat kuliner bernama sate madura.

Namun ternyata tak hanya sate madura saja yang menjadi makanan khas yang sangat populer di tengah masyarakat, terutama masyarakat luar daerah yang sedang Berwisata ke Bangkalan.

Jika kamu berkunjung ke Bangkalan, kamu akan menemukan berbagai jenis kuliner yang tentunya akan menggoyang lidahmu. Bahkan kamu masih terbayang-bayang rasanya meski sudah pulang ke rumah, karena saking lezat dan khas.

Tapi sebenarnya apa saja sih, makanan khas Bangkalan yang populer dan wajib kamu cicipi?

Di bawah ini akan saya paparkan beberapa makanan khas Bangkalan yang populer dan tentunya harus kamu cicipi kelezatannya:

1. Nasi Jagung (Nasi Ampog) Bangkalan

9 Makanan Khas Bangkalan Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@danuras_

Makanan dari Bangkalan yang mungkin pertama kamu bisa cicipi yaitu nasi jagung. Beberapa orang menyebut nasi jagung dengan sebutan nasi ampog Bangkalan.

Selain mengenyangkan, nasi jagung memiliki kelezatan rasa yang khas dan tradisional. Apalagi nasi jagung dilengkapi dengan banyak variasi sayuran dan lauk pauk. Mulai dari pepes ikan atau pepes ayam, peyek ikan teri, urapan atau gudangan dan berbagai lauk dan sayur lain.

Jika kamu tertarik dengan nasi jagung, kamu bisa mendatangi pasar-pasar tradisional di kawasan Bangkalan dengan harga mulai dari 5 ribu saja. Murah, kan?

2. Soto Mata Sapi Khas Bangkalan

9 Makanan Khas Bangkalan Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@marettakharolina

Selanjutnya kamu akan menjumpai soto mata sapi yang akan menggoyang lidahmu. Soto mata sapi khas Bangkalan cocok disantap saat keadaan hujan dan sedang dingin.

Tahukah kamu bahwa soto mata sapi beneran berasal dari mata sapi? Nah, biasanya mata sapi yang masih ada balutan daging sapinya ini diolah dengan rempah-rempah khas Madura.

Kamu tak perlu khawatir perihal harga. Sebab, untuk mendapatkan satu porsi soto mata sapi kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 12 ribu saja.

Baca juga: Makanan Khas Bekasi

3. Nasi Serpang Khas Bangkalan

9 Makanan Khas Bangkalan Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@dapoerblirik

Masih dengan makanan khas Bangkalan berupa kuliner yang mengenyangkan. Selanjutnya kamu akan menemukan nasi serpang khas Bangkalan.

Nasi serpang merupakan nasi yang terdiri dari nasi yang ditemani dengan lauk berupa daging hingga ikan-ikan laut. Keunikan dari nasi serpang yaitu, nasi dan lauk yang ada kemudian ditambah dengan kerupuk khas Madura yaitu kerupuk rambak bumbu rujak.

Nah, kalau kamu tertarik, kamu bisa mendatangi kawasan Jalan Panglima Sudirman Bangkalan. Dengan harga berkisar antara 12 ribu hingga 18 ribu rupiah.

4. Kaldu Kokot Khas Bangkalan

9 Makanan Khas Bangkalan Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@uda_fitrih

Jika olahan sop yang kamu kenal adalah sop yang terdiri dari sayuran atau daging, di Bangkalan kamu akan menemukan sop yang bahan utamanya adalah kacang hijau. Unik, kan?

Kaldu kokot yang dicampur dengan kikil tersebut kemudian disajikan bersama dengan bumbu petis dan juga kacang uleg. Tentu saja rasa yang dihasilkan sangat khas dan unik.

Kamu bisa menjumpai kaldu kokot di kawasan Jalan Arif Rahman daerah Bangkalan Timur. Dengan harga sekitar 40 ribu. Kalau tanpa kokot, hanya dibanderol sekitar 10 ribu hingga 15 ribu saja.

5. Lopes Khas Bangkalan

9 Makanan Khas Bangkalan Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@juriahdali

Selanjutnya adalah makanan khas berupa lopes khas Bangkalan. Lopes merupakan jajanan tradisional yang dibuat dari tepung ketan dan juga tepung beras yang diberi warna. Selanjutnya, adonan ini lalu dibentuk bulat panjang dan dikukus.

Lopes lalu dibalur dengan parutan kepala. Terakhir lopes disiram dengan saus gula merah yang dijamin kemaknyusannya di mulutmu.

Kamu bisa menemukan lopes di pedagang-pedagang yang menjajakan di pinggir jalan. Kini lopes memang jarang ditemui. Jadi, mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk menemukan pedagang lopes.

6. Tajin Sobih Khas Bangkalan

9 Makanan Khas Bangkalan Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@ny.rempong

Kalau kamu pernah melihat bubur sumsum, begitulah penampilan makanan khas tajin sobih ini. Nama  sobih sendiri berasal dari sebuah desa tempat tajin sobih awalnya dibuat. Yaitu Desa Sobih Kecamatan Burneh.

Tajin sobih sendiri memiliki isian yang terdiri dari tiga warna. Pertama warna putih yang berasal dari buburnya, lalu kedua warna merah muda yaitu berupa mutiara-mutiara, lalu warna coklat dari cairan gula merahnya.

Biasanya tajin sobih disajikan di atas daun pisang. Makanya citarasa tradisionalnya masih sangat terasa. Harganya pun terjangkau kok. Hanya berkisar antara 2500 hingga 5000 rupiah saja.

7. Bebek Sinjay Khas Bangkalan

9 Makanan Khas Bangkalan Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@dika901

Siapa sih, yang nggak suka dengan daging bebek? Apalagi tekstur dagingnya yang super lembut nan gurih tentunya akan membuat daging bebek semakin maknyus disantap. Nah, di Bangkalan kamu akan menemukan kuliner bernama bebek sinjay.

Bebek sinjay sangat cocok sekali disantap ditemani dengan nasi putih yang hangat serta dilengkapi lalap dan sambal yang akan menggugah selera makanmu. Karena saking populernya, bebek sinjay menjadi makanan khas Bangkalan yang juga banyak diburu wisatawan.

Penasaran, kan? Kalau penasaran kamu bisa berkunjung ke kawasan Jalan Raya Ketengan No. 45 Bangkalan.

8. Topak Ladeh Khas Bangkalan

9 Makanan Khas Bangkalan Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@rasasayange

Mungkin kamu baru pertama kali mendengar nama makanan khas Bangkalan satu ini. Apalagi kalau kamu bukan warga Jawa Timur. Pasti terdengar asing di telingamu.

Topak ladeh sebenarnya merupakan makanan Madura yang diolah dengan kuah santan kental yang menghasilkan rasa gurih. Mirip dengan lontong sayur atau kupat sayur.

Sebab penyajiannya biasa ditemani dengan lontong atau ketupat yang dipotong kecil-kecil. Kamu bisa menemukan topak ladeh di daerah Pasar Senen Bangkalan. Dijamin lezatnya bikin lidahmu menari-nari, deh!

Lihat juga: Makanan Khas Cianjur

9. Es Kobbhu Khas Bangkalan

9 Makanan Khas Bangkalan Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@bumisurabaya

Terakhir kamu bisa mencicipi minuman khas Bangkalan. Nah, es kobbhu ini cocok sekali kamu santap ketika cuaca panas.

Es kobbhu sendiri dibuat dari campuran rempah cengkeh, pala dan jahe yang disiram dengan air pandan. Nantinya es kobbhu disajikan bersama dengan kelapa muda dan cincau serta gula merah cair.

Harganya terjangkau kok. Hanya sekitar 10 ribu saja kamu sudah mendapatkan satu gelas es kobbhu yang akan menyegarkan tenggorokanmu.

Demikian beberapa makanan khas Bangkalan yang akan menggoyang lidahmu. Jadi, kamu sudah mencicipi yang mana aja nih?

BERI KOMENTAR