7 Makanan Khas Banjarnegara Paling Terkenal Kelezatannya

Nggak cuma mantan lho, beberapa makanan khas Banjarnegara ini juga bisa bikin kamu susah move-on. Ayo razakan kelezatan rasanya, sekarang.

Makanan Khas Banjarnegara Paling Terkenal Kelezatannya

CEROBOH – Halo, pada kesempatan kali ini, saya akan menyajikan wisata kuliner di salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang tak boleh kamu lewatkan jika kamu berkunjung.

Kamu tahu nggak, kalau Banjarnegara itu punya banyak sekali makanan khas? Tentu saja makanan khas yang ada di Kota Banjarnegara tidak diragukan lagi tingkat kenikmatan dan kelezatannya. 

Dijamin deh, ketika kamu mencoba kuliner khas Banjarnegara kamu akan ingin nambah-nambah terus dan galmov alias gagal move -on. Hehehe ….

Selain memiliki beberapa kuliner khas, Banjarnegara juga memiliki banyak oleh-oleh khas yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk keluarga atau kerabat dekat ketika kamu pulang nanti.

Apa saja sih kuliner khas Banjarnegara yang rasanya enak?

Inilah makanan khas Banjarnegara yang paling enak dan terkenal di kalangan wisatawan:

Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Makanan Khas Banjarnegara Paling Terkenal Kelezatannya
Dawet Ayu – Foto @aya_nurhidayati

Ketika kamu berkunjung ke Banjarnegara, kuliner pertama yang wajib kamu coba adalah dawet ayu khas Banjarnegara. Tentu es satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kamu karena sudah sangat populer di jagad Indonesia.

Bahkan es dawet ayu seolah sudah seperti satu jiwa dengan Banjarnegaranya dan merupakan ikon khas kota ini. Yang unik dari es dawet ayu khas Banjarnegara adalah, dawetnya yang berwarna hijau dan pemanis yang dipakai adalah pemanis alami yaitu gula merah.

Minuman ini dijadikan icon Banjarnegara karena merupakan makanan khas keturunan dari nenek moyang. Kalau kamu berkunjung ke kota ini, kamu bisa melihat ada patung nenek moyang yang menjual es tradisional ini.

Tenang saja, kamu bisa menjumpainya di banyak tempat di daerah Banjarnegara loh!

Mendoan Khas Banjarnegara

Makanan Khas Banjarnegara Paling Terkenal Kelezatannya
Mendoan – Foto @tirzaalvina1303

Mendoan khas Banjarnegara sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mendoan di daerah lain. Mendoan ini biasanya terbuat dari tempe yang di iris tipis dan lebar.

Irisan tempe tipis ini kemudian dicelupkan ke dalam tepung beserta bumbunya, lalu digoreng.

Yang menjadi ciri khas utama dari mendoan Banjarnegara adalah, pada adonan tepungnya biasanya diberi irisan daun bawang.

Kamu bisa menyantap mendoan khas Banjarnegara bersama dengan cabe rawit atau sambal kecap dalam keadaan masih hangat. Dijamin nikmat.

Baca juga: Makanan Khas Blora

Buntil Khas Banjarnegara

Makanan Khas Banjarnegara Paling Terkenal Kelezatannya
Buntil – Foto @eri_surti

Bahan dasar pembuatan makanan khas Banjarnegara satu ini adalah daun talas atau daun singkong. Tapi biasanya yang sering digunakan adalah daun singkong, bukan daun talas.

Nanti daun tersebut diberi isi parutan kepala yang telah dicampur dengan macam-macam bumbu yang tidak jauh berbeda dengan bumbu sambal kepala pada umumnya.

Biasanya buntil dimasak dengan cara direbus. Kamu bisa menyantap buntil khas Banjarnegara bersama dengan sepiring nasi hangat untuk menemukan rasa yang lebih mantap dan lezat.

Bakso Ketupat Khas Banjarnegara

Makanan Khas Banjarnegara Paling Terkenal Kelezatannya
Bakso Ketupat – Foto @firli_fiwi

Kalau biasanya bakso semangkok tidak membuat perut kenyang, maka bakso ketupat satu ini sudah dijamin bisa membuatmu kenyang dalam sekali porsi.

Karena satu porsi bakso ketupat saja banyak sekali irisan ketupatnya. Apalagi kaldu sapi dalam kuahnya yang membuat makanan satu ini terasa lebih lezat dan mantap serta segar untuk memanjakan lidah  kamu.

Bakso ketupat khas Banjarnegara sangat poluler di kalangan masyarakat sekitar. Untuk bisa merasakan kenikmatan bakso ketupat, kamu bisa berkunjung ke tempat penjual bakso yang berada di belakang Polres Banjarnegara yang di sana bahkan nyaris tidak pernah sepi pengunjung.

Untuk satu porsi bakso ketupat, kamu cukup merogoh kocek sebesar 10 ribu saja. Murah, kan? Penasaran dengan rasanya? Jangan lupa mampir, ya.

Soto Krandegan Khas Banjarnegara

Makanan Khas Banjarnegara Paling Terkenal Kelezatannya
Soto Krandegan -Foto @win_artic

Makanan khas Banjarnegara yang wajib kamu coba selanjutnya adalah soto krandegan. Soto krandegan sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan soto-soto pada umumnya.

Soto krandegan bisa dibilang hampir mirip dengan soto betawi karena kuahnya dicampuri santan.

Untuk isi dari soto biasanya terdiri dari ketupat, tauge, kerupuk, suwiran ayam lalu diberi toping taburan bawang goreng. Lalu jika isi sudah ditaruh di mangkuk semua, tinggal disiram dengan kuah krandegan bersantan tadi. Wah. Mantap sekali, bukan?

Untuk bisa mencicipi soto krandegan, kamu bisa menjumpainya di kawasan sekitar alun-alun Banjarnegara jika kamu berkunjung ke kota ini.

Combro Kalipelet Khas Banjarnegara

Makanan Khas Banjarnegara Paling Terkenal Kelezatannya
Combro Kalipelet – Foto @alabuendah

Kawan pasti tidak asing lagi dengan makanan combro satu ini. Yups! Jika di daerah Jawa Tengah menyebutnnya dengan nama combro tanpa huruf B, maka di daerah Jawa Tengah menyebutnya dengan nama combro.

Combo terbuat dari singkong yang  dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu yang terasa manis, pedas dan asin. Cara memasaknya cukup sederhana. Setelah dicampur dengan bumbu lalu dibuat bulat pipih, kemudian digoreng.

Makanan khas ini disebut combro khas kalipelet dikarenakan masyarakat di salah satu daerah di Banjarnegara bernama kalipelet tidak diragukan lagi keahliannya dalam bidang membuat combro.

Combro enak disantap ketika masih hangat dan dalam keadaan dingin sehabis hujan ditemani teh hangat. Combro biasanya juga dijadikan khas oleh-oleh bagi wisatawan ketika pulang ke rumah. Dimana? Mau nyoba makanan satu ini? Dijamin tidak menyesal deh. Hehehe ….

Lihat juga: Makanan Khas Grobogan

Mie Ongklok Khas Banjarnegara

Makanan Khas Banjarnegara Paling Terkenal Kelezatannya
Mie Ongklok – Foto @anjarwolupitu

Makanan satu ini disebut mie ongklok karena cara memasaknya dengan cara dikocok atau dalam bahasa lainnya yaitu diongklok. Makanan khas Banjarnegara satu ini biasanya terbuat dari daging sapi yang kemudian dicampur dengan irisan daun kol, sawi dan ebi lalu disiram dengan kuah kental khas Banjarnegara yang membuatnya menjadi semakin mantap untuk disantap.

Kalau kamu berkunjung ke Banjarnegara, jangan lupa untuk menikmati makanan khas yang satu ini, ya.

Gimana? Terlihat lezat-lezat bukan, makanan khas Banjarnegara? Jika kamu berkunjung ke daerah Banjarnegara, jangan lewatkan makanan khas tersebut untuk kamu santap atau bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika pulang ke rumah.

Demikianlah pembahasan makanan khas dari Banjarnegara. Silahkan bisa kamu nikmati dan rasakan kelezatan rasanya.

BERI KOMENTAR