6 Makanan Khas Banjar Jawa Barat Paling Populer

Makanan khas banjar Jawa Barat belum terbilang banyak. Berikut ini adalah kuliner khas Banjar yang paling saya rekomendasikan!

Makanan Khas Banjar

CEROBOH.COM – Buat kamu masyarakat Jawa Barat mungkin Banjar bukan lagi terdengar aneh di telinga. Terutama buat para pemudik di lintas selatan daerah Jawa Barat. Namun, buat warga luar Jawa Barat, Banjar seperti terdengar asing.

Jika ditelisik, ternyata ada banyak sekali kuliner-kuliner khas Banjar yang akan menggugah seleramu. Sebab, banyak sekali para wisatawan yang sengaja mampir ke Banjar untuk membeli oleh-oleh atau sekadar berwisata kuliner.

Citarasa makanan khas yang dihasilkan banyak yang masih terasa tradisional dan tentu saja sangat lezat. Namun sayang, belum banyak yang tahu kelezatan makanan khas yang berasal dari Banjar ini.

Apa saja sih sebenernya makanan khas Banjar Jawa Barat yang terkenal dan wajib dicicipi?

Well mari simak beberapa makanan khas Banjar yang terkenal dan tentunya wajib kamu cicipi kelezatannya:

1. Pusat Kuliner Kota Banjar Doboku Ligar

Buat kamu yang sekarang ini sedang mampir di Kota Banjar, tak ada salahnya mampir di Pusat Kuliner Kota Banjar Doboku Ligar. Di tempat kamu kan akan mendapati banyak sekali makanan-makanan khas Sunda mulai dari rujak, sate dan sebagainya.

Pusat kuliner ini berada di Bantaran Sungai Citanduy. Pusat Kuliner Doboku Lizar sangat cocok untuk wisata kuliner bersama dengan keluarga.

Sebab di tempat ini kamu bisa makan-makan bersama sembari mengagumi dan menikmati pemandangan indah dan segarnya Sungai Citanduy.

2. Kacang Umpet Khas Banjar

Kacang umpet merupakan makanan Banjar yang berupa camilan ringan. Sesuai namanya, camilan ini berasal dari bahan utama kacang dan terigu.

Untuk rasa, kini kacang umpet memiliki berbagai varian rasa, loh. Mulai dari rasa keju, balado pedas (ini yang banyak diminati), wijen, karamel dan juga rasa original barbeque.

Harga yang ditawarkan pun terjangkau. Sekitar 20 ribu-an saja. Kamu bisa menjadikan kacang umpet sebagai buah tangan untuk orang-orang rumah.

Baca juga: Makanan Khas Pangandaran Terpopuler

4. Mie Ayam Osis Banjar

Mie ayam mungkin merupakan makanan yang sudah umum dan ada di mana-mana. Namun, mie ayam osis kenang ini harus kamu masukkan ke dalam daftar wisata kuliner ketika berkunjung ke Kota Banjar Jawa Barat. Terutama ketika tiba di sore hari.

Namun jangan protes kalau ternyata ramai sekali ya. Penggemar mie ayam ini emang sudah sangat banyak. Nama Osis sebenanya diambil dari pelanggannya yang dulu kebanyakan anak SMA.

Jika kamu penasaran dengan rasa khasnya, kamu bisa mendatangi Mie Ayam Osis di Jalan Hamara Efendi yang berada di Kecamatan Pataruman Banjar. Tepatnya di sebelah Toserba Samudera.

5. Rumah Makan Beti Banjar

Selanjutnya kamu akan menemukan sebuah rumah makan. Yang di dalamnya terdapat masakan-masakan khas Kota Banjar yang akan menggugah selera makanmu. Namanya yaitu Rumah Makan Beti Banjar.

Di rumah makan ini, kamu akan disajikan menu andalan yaitu pepes lubang dan sidat (sejenis belut). Tekstur daging lubang dan sidat yang sangat lembut di mulut membuat para pengunjung ketagihan untuk mencicipinya.

Lihat juga: Makanan Khas Tuban Paling Enak

6. Rangicok Khas Banjar

Selanjutnya kamu akan menjumpai makanan khas Banjar Jawa Barat berupa camilan. Rangicok di daerah lain ada yang menyebutnya dengan nama rangginang. Nah, rangicok ini kependekan dari rangginang coklat. Jadi, warga Banjar memodifikasi rangginang dengan ditambahkan coklat di atasnya.

Kamu akan menyesal deh, kalau kamu mampir di Banjar Jawa Barat namun tak mencicipi makanan rangicok. Rangicok juga bisa loh, kamu jadikan buah tangan untuk orang-orang rumah.

Jika kamu tertarik untuk membeli rangicok, kamu bisa mendatangi Produsen Rangicok di National Rte 3 No.100, Purwaharja, Banjar.

Demikian beberapa makanan khas Banjar Jawa Barat yang mungkin bisa kamu temui. Jangan lupa mencicipinya, ya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR