13 Makanan Khas Banten dengan Rasa yang Lezat

Kategori Jelajah, Makanan Khas 247 x Dibaca

Bikin ketagihan, sudah pasti nggak bakalan nyesal mencoba makanan khas Banten yang enak-enak, silahkan pilih salah satu yang kami rekomendasikan.

ceroboh.com – Banten masih dikategorikan sebagai sebuah provinsi baru. Karena provinsi ini baru saja memisahkan diri dari Provinsi Jawa barat pada tahun 2000 lalu. Dengan renggang waktu beberapa tahun saja, provinsi baru ini mengalami perkembangan ekonomi dan industri yang sangat pesat. Namun, tak hanya di bidang industri, Provinsi Banten juga memiliki daya tarik dari segi wisata. Baik itu wisata kuliner, wisata alam ataupun wisata religi.

Sebelumnya kita sudah membahas tentang keindahan alam yang ada di Banten . Namun serasa kurang cukup jika membahas tentang keindahan alamnya saja, bukan? Sembari menikmati keindahan alam, kamu juga wajib mencicipi makanan khas Banten yang menjadi primadona dan banyak diburu oleh para pecinta kuliner.

Masyarakat Banten sendiri mungkin tak asing dengan hidangan yang akan di paparkan dibawah ini. Namun bagi kamu yang baru berkunjung ke Banten dan saat ini sedang mencari rekomendasi mungkin akan terdengar asing. Apakah kamu ingin merasakan kenikmatan makanan dari Banten? Tepat sekali, karena kali ini ceroboh.com akan membahasnya satu persatu.

Berikut ini adalah aneka makanan khas Banten yang paling banyak diminati:

Nasi Sumsum Khas Banten

Makanan Khas Banten Khas Banten Paling Enak
Nasi Sumsum

Sesuai namanya, makanan khas Banten yang direkomendasikan pertama adalah Nasi Sumsum. Nasi ini berbahan baku nasi yang dicampur dengan sumsum dari tulang kerbau. Uniknya, dimasak dengan cara di bakar. Bumbu dari tulang sumsum dan nasi dimasak dengan cara terpisah. Kemudian dicampur dengan cara di goreng. Belum sampai disana, proses pembuatan dilanjutkan dengan cara membungkus nasi dan sumsum dengan menggunakan daun pisang yang sudah dibersihkan dan langkah terakhir adalah dibakar.

Nasi Sumsum merupakan makanan khas yang menjadi andalan. Hal ini dikarenakan Nasi Sumsum memiliki rasa yang gurih dan lezat. Sayangnya Nasi Sumsum agak sulit dijumpai karena sudah sedikit penjual makanan khas Banten ini. Namun tetap jangan khawatir jika pergi ke Banten, kamu pasti bisa menemui Nasi Sumsum ini.

Baca juga: Tempat Wisata di Nganjung Paling Kekinian

Nasi Uduk Empal Khas Banten

Nasi Uduk Empal Khas Banten
Nasi Uduk Empal

Yang kedua ada Nasi Uduk Empal. Nasi Uduk Empal merupakan makanan khas Serang Banten yang ceroboh.com rekomendasikan untuk kamu santap dan nikmati kelezatannya. Jika berkunjung ke Serang, kamu tidak akan kesulitan menjumpai penjual Nasi Uduk Empal. Penjual Nasi Uduk Empal khas Serang ini bisa ditemui di pinggir-pinggir jalan.

Nasi Uduk Empal merupakan makanan berbahan baku nasi yang dimasak menggunakan santan lalu diberi salam dan sereh. Cara penyajiannya yaitu ditambah lauk-pauk berupa telur, tempe orek dan pelengkap lainnya seperti kerupuk atau emping. Sesuai namanya, nasi khas serang Banten ini disajikan juga dengan menggunakan empal.

Untuk menikmati kelezatan, kamu bisa menemukan banyak pedagang Nasi Uduk Empal di pinggir jalan saat pagi hari. Jadi pastikan bangun pagi untuk berburu makanan khas Banten yang lezat ini.

Nasi Belut Khas Banten

Nasi Belut Khas Banten
Nasi Belut

Pilihan makanan khas Banten berikutnya adalah Nasi Belut asal Banten. Nasi belut juga merupakan makanan khas dari Banten yang cukup difavoritkan. Selain enak dan gurih, belut juga mempunyai kandungan protein yang tinggi. Sehingga Nasi Belut bagus untuk pertumbuhan.

Bagi kamu pecinta belut, tentunya jangan sampai melewati makanan dengan bahan dasar belut. Jangan khawatir akan kebersihannya, karena belut ini diolah dengan cara yang higienis dan bersih.

Sate Bandeng Khas Banten

Sate Bandeng Makanan Khas Banten
Sate Bandeng

Jika kamu tidak menyukai belut, maka ada alternatif lain adalah mencicipi ikan bandeng dalam bentuk sate. Tidak afdhol jika berkunjung ke Banten tapi tak mecicipi kelezatan Sate Bandeng.

Sate Bandeng Khas Banten tentu saja merupakan makanan yang sudah terkenal. Karena Sate Bandeng sudah dibuat sejak abad ke-16. Saat itu hidangan bandeng disajikan untuk melayani tamu dengan menyajikan ikan bandeng tanpa dengan durinya. Dan hingga saat ini, ikan bandeng tersebut menjadi makanan yang difavoritkan bagi banyak orang.

Proses pembuatannya juga dicampuri bahan rempah-rempah pilihan terbaik yang tak diragukan lagi. Selain memiliki rasa yang aduhay, Sate Bandeng juga telah hilang rasa amisnya. Justru malah aroma rempah-rempah lezatnya yang lebih mendominasi.

Laksa Khas Banten

Laksa Khas Banten
Laksa

Laksa merupakan makanan khas Tangerang dan direkomendasikan menjadi makanan khas Banten oleh Tim ceroboh yang wajib kamu cicipi jika belum pernah merasakan kelezatannya. Laksa merupakan makanan dengan bahan mie bihun yang penyajiannya disiram dengan kuah yang khas.

Pada kuah tersebut biasanya disertai juga dengan potongan daging ayam yang empuk dan sudah dipotong kecil-kecil. Kuah Laksa dibuat dengan menggunakan bahan baku santan kelapa yang dimasak menggunakan campuran kentang. Kemudian dicampur juga dengan kaldu ayam, sehingga menghasilkan kuah yang terasa nikmat dan hangat di tenggorokan.

Lihat juga: Tempat Wisata di Wonosari Paling Hits

Rabeg Khas Banten

Rabeg Khas Banten
Rabeg

Rebeg khas Banten juga merupakan makanan terfavorit yang ada di Banten. Sampai sampai makanan yang satu ini sudah dijadikan makanan kebanggaan Khas Banten. Tentu saja ketika kamu berada di Banten, khususnya sedang berada di Kota Serang, mencicipi makanan khas Banten yang satu ini menjadi sesuatu yang wajib.

Rabeg terbuat dari bahan utama daging dan jeroan sapi. Yang diolah dan dicampur sedemikian rupa dengan bahan seperti daun jeruk, pala, serai, cengkih dan diberi kayu manis. Rebeg khas Banten merupakan merupakan sajian makanan khas Banten dengan citarasa yang enak dan lezat. Dan karena aroma yang menggoda, tentu saja kamu akan semakin penasaran dengan rasanya yang menggugah selera.

Kue Cucur Khas Banten

Kue Cucur Khas Banten
Kue Cucur

Makanan khas Banten yang berikutnya adalah olahan kue yang diberi nama Kue Cucur. Mungkin kue Cucur sering ditemui di beberapa tempat di luar Banten. Namun menyantap Kue Cucur langsung dari Banten merupakan sensasi tersendiri. Apalagi ke tempat wisata di Banten sambil menikmati Kue Cucur.

Kue Cucur biasanya disajikan pada saat ada acara-acara penting di keluarga dan pernikahan. Namun makanan khas ini juga sudah biasa dimakan sebagai cemilan sehari-hari. Bagi penulis ceroboh.com, makan Kue Cucur bisa membuat ketagihan. Maka dari itu, kue ini juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang belum pernah mencicipinya.

Pecak Bandeng Khas Banten

Pecak Bandeng Khas Banten
Pecak Bandeng

Masih terbuat dari olahan ikan bandeng. Makanan khas Banten selain sate bandeng juga ada Pecak Bandeng. Makanan khas olahan bandeng ini juga sudah terkenal di daerah Banten. Sesuai namanya, tentu saja terbuat dari bahan utama bandeng.

Pecak Bandeng dibuat dengan cara dibakar hingga dagingnya benar-benar matang, namun tidak sampai kering, apalagi gosong. Selanjutnya, ikan tersebut dihidangkan dengan menggunakan sambel pecak yang dibuat dari bahan pilihan dan sudah dicampur perasan jeruk.

Pasung Merah Khas Banten

Nama makanan yang satu ini memang terdengar aneh. Namanya yaitu Pasung Merah. Namun jangan hanya mendengar namanya saja, kamu juga harus tahu rasanya juga dong tentunya. Makanan khas Banten yang satu ini memiliki rasa yang tidak diragukan lagi. Tentu, bagi kamu yang belum pernah mencobanya, sangat kami rekomendasikan untuk disantap.

Pasung Merah merupakan makanan kue khas Banten yang terbuat dari bahan baku diantaranya yaitu: tepung beras, tepung sagu, gula merah, dan santan. Bahan baku tersebut dibungkus menggunakan daun pisang.

Sehingga menciptakan aroma yang khas dan alami. Selain namanya yang unik, kue ini juga memiliki bentuk yang unik seperti corong. Eitsss, kalau sempat berkunjung ke Banten, pokoknya jangan sampai terlewat deh, membeli Pasung Merah.

Sate Bebek Cibeber Khas Banten

Selanjutnya ada Sate Bebek Cibeber yang menjadi makanan khas Banten. Sate ini merupakan makanan yang menjadi favorit bagi warga Banten sendiri. Dan bagi para wisatawan, tentunya sangat disarankan untuk menikmatinya. Sate yang berasal dari Cibeber ini, jika dilihat sekilas memang hampir sama dengan sate pada umumnya. Namun tentu jauh berbeda.

Jika sate pada umumnya berbahan ayam atau daging kambing, maka bahan dasar dari Sate Bebek Cibeber adalah bebek. Sate dengan bahan baku daging bebek ini disajikan dengan cara yang berbeda dari sate lainnya.

Uniknya, Sate Bebek Cibeber disajikan dengan menggunakan kuah yang terbuat dari gula merah yang sudah dicampur dengan rempah-rempah khas Nusantara. Campuran bumbu tersebut  tentu saja menjadikan Sate Bebek Cibeber jauh lebih berbeda dari sate pada umumnya.

Angeun Lada Khas Banten

Makanan khas asal Banten yang berikutnya adalah  Angeun Lada. Atau biasa dikenal dengan panggilan Sayur Lada. Makanan khas Banten satu ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan baku sayur-sayuran, daging sapi dan daun walang.

Sayur Lada berasal dari daerah Lebak dan Pandeglang, Provinsi Banten. Dari segi rasa sudah tidak diragukan. Karena memiliki cita rasa yang segar dan enak. Pokoknya kamu wajib mencicipi makanan khas Banten yang satu ini, deh. Dan kamu bisa menikmatinya saat makan siang tiba.

Balok Manis Khas Banten

Makanan yang disarankan untuk kamu cicipi saat berada di Banten berikutnya adalah Balok Manis. Balok Manis berasal dari Kabupaten Pandeglang. Dibuat dari bahan dasar singkong, yang dibentuk menjadi bentuk balok.

Balok Manis memiliki rasa yang enak serta tekstur yang lembut di lidah. Jika kamu memakan kue yang satu ini dijamin bakal ketagihan, deh. Biasanya Kue Balok Manis disajikan dengan taburan sarundreng diatasnya.

Ketan Bintul Khas Banten

Makanan khas Banten yang terakhir yang menjadi pilihan ceroboh.com adalah Ketan Bintul. Karena namanya ketan, maka bahan baku dari Ketan Bintul adalah ketan yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Ketan Bintul merupakan makanan khas dengan rasa yang enak dan gurih. Paling enak jika dimakan dengan taburan serundreng kelapa, yang menjadikannya terasa lebih gurih dan enak. Pokoknya Ketan Bintul juga wajib kamu coba saat bepergian ke Banten atau saat berlibur disana.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang makanan khas yang ada di Banten yang paling banyak dicari wisatawan. Kamu bisa mencicipi salah satunya, atau membeli beberapa.  Apalagi kalo berhari-hari sedang berada di Banten, tentu memakan satu jenis makanan khas Banten saja tidaklah cukup. Selamat berburu kuliner khas Banten.

Lihat juga: Tempat Wisata di NTT Terbaik

Tags: #Banten

author
Penulis: 
Pensyiar di Arminareka, penikmat tea, juga penulis yang terus belajar.
12 Tempat Wisata Kuliner di NTB (Nusa Tenggara Barat) Terenak
12 Tempat Wisata Kuliner di NTB (Nusa Tenggara Barat) Terenak
Sudah puas dengan wisata alamnya? Mari kita
5 Tempat Wisata Kuliner di Cikarang Bernuansa Sunda
5 Tempat Wisata Kuliner di Cikarang Bernuansa Sunda
Jangan-jangan selama tinggal di Cikarang cuma diem
8 Tempat Wisata Di Dekat Dago Bandung Paling Hits
8 Tempat Wisata Di Dekat Dago Bandung Paling Hits
Banyak banget pilihan tempat wisata di dekat
12 Tempat Wisata Di Wonosari Gunung Kidul Paling Hits
12 Tempat Wisata Di Wonosari Gunung Kidul Paling Hits
Sampe bingung mau main ke mana dulu,