8 Makanan Khas Bantul Terbaik Dengan Rasa yang Lezat

Kira-kira makanan khas Bantul apa ya, yang rasanya lezat dan bisa menggugah selera? Yuk, simak beberapa ulasan ini, dan pilih yang paling maknyus.

8 Makanan Khas Bantul Terbaik Dengan Rasa yang Lezat

Ceroboh.com – Seperti ada yang kurang jika kita berwisata di suatu daerah, namun tak mampir untuk sekalian wisata kuliner. Dan mencicipi makanan khasnya.

Nah, jika kamu kini sedang berwisata di Yogyakarta, terutama di daerah sekitar Pantai Parangtritis, kamu bisa mampir untuk mencoba makanan khas yang ada di daerah Bantul.

Perlu diketahui, Bantul merupakan salah satu Kabupaen yang ada di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Di Bantul, kamu akan menemukan banyak sekali wisata-wisata eksotis dan indah.

Selain wisata, kamu juga akan menjumpai berbagai macam makanan khas. Mulai dari camilan hingga kuliner-kuliner yang akan memanjakan lidah wisatawan.

Lalu, apa saja sih makanan khas Bantul yang lezatnya tiada dua?

Berikut ini adalah makanan khas daerah Bantul yang lezat dan populer:

Sate Klathak Khas Bantul

8 Makanan Khas Bantul Terbaik Dengan Rasa yang Lezat
Instagram/@rahman.saleh

Makanan khas pertama yang bisa kamu coba ketika berkunjung di daerah Bantul yaitu sate klathak khas Bantul. Seperti sudah menjadi kuliner yang wajib jika ke Bantul.

Sebab, potongan daging kambing mudanya yang bertekstur empuk akan membuatmu ketagihan. Apalagi sate klathak dibakar dengan alat tusuk yang berbeda dari daerah lain. Yaitu menggunakan jeruji sepeda.

Sate klathak biasa dinikmati dengan ditemani kuah gulai dan nasi hangat. Dinamakan sate klathak dikarenakan timbulnya bunyi klathak-klathak saat daging kambingnya tersentuh dengan bakaran arang.

Baca juga: Makanan Khas Salatiga

Gathot Khas Bantul

8 Makanan Khas Bantul Terbaik Dengan Rasa yang Lezat
Instagram/@ririnsuseno

Selanjutnya beralih ke makanan khas berupa makanan ringan. Gathot merupakan makanan khas Bantul yang diolah dari bahan utama gaplek. Tahu gaplek nggak? Gaplek adalah singkong yang dikeringkan.

Gathot yang enak biasanya bergantung pada kualitas singkong yang dibuat gaplek. Pengeringannya pun juga dengan teknik baik.

Gaplek yang telah kering kemudian dikukus dan jadilah gathot. Biasanya gathot dimakan bersama dengan parutan kelapa. Nah, jika kamu mampir Bantul, jangan lupa ya, mencicipi gaplek!

Mie Pentil Bantul

8 Makanan Khas Bantul Terbaik Dengan Rasa yang Lezat
Instagram/@iamfiaaw

Makanan khas Bantul selanjutnya berupa mie. Tepatnya mie pentil. Mie pentil diolah dari bahan utama tepung ketela. Kurang lengkap deh, kalau ke Bantul tapi tak mencicipi bakmie pentil.

Sebab, bakmie pentil memiliki keunikan yang tak dimiliki mie lain. Bentuknya yang panjang dengan ukuran besarlah yang membuat mie ini khas.

Mie penting memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang sangat membuat lidah ketagihan.

Karangan Khas Bantul

8 Makanan Khas Bantul Terbaik Dengan Rasa yang Lezat
Instagram/@riw.meika

Karangan merupakan makanan di Bantul yang mirip dengan agar-agar. Citarasa khas yang dihasilkan dikarenakan pembuatannya masih menjaga ketradisionalan.

Yang unik dari karangan yaitu, jika agar-agar umumnya terasa manis. Untuk karangan sendiri rasanya asin yang bercampur dengan gurih.

Kamu bisa menjumpai karangan di wilayah Kretek, daerah Bantul. Jangan lupa mencicipinya, ya!

Lihat juga: Makanan Khas Temanggung

Kue Geplak Bantul

8 Makanan Khas Bantul Terbaik Dengan Rasa yang Lezat
Instagram/@rahsha_rie

Makanan khas Bantul selanjutnya akan beralih ke makanan berupa kue. Kue geplak ini telah menjadi semacam maskot berkuliner di daerah Bantul. Jadi, rugi jika dilewatkan.

Kue geplak sendiri merupakan kue yang diolah dari parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa sekaligus gula pasir.

Rasa yang dihasilkan dari kue geplak adalah manis yang bercampur dengan gurihnya kelapa. Buruan cobain!

Gudeg Manggar Bantul

8 Makanan Khas Bantul Terbaik Dengan Rasa yang Lezat
Instagram/@jendhelaa

Tak jauh berbeda dengan kue geplak, gudeg manggar ini juga menjadi kuliner mascot yang berasal dari Bantul juga. Sebab, gudeg manggar memiliki keunikan tersendiri dibanding gudeg lain.

Gudeg manggar tak berasal dari olahan nangka muda, akan tetapi dari bunga pohon kelapa muda atau disebut dengan manggar.

Biasanya gudeg manggar terdiri dari manggar, dicampur dengan telur ayam dan suwiran ayam kampung yang rasanya akan membuat lidahmu menari-nari.

Mie Des Khas Bantul

8 Makanan Khas Bantul Terbaik Dengan Rasa yang Lezat
Instagram/@siti_nur_arifah

Sebenarnya mie des ini tak jauh berbeda dengan mie pentil. Kata “Des” sendiri berawal dari pedes. Jadi, mie des bisa dibilang mie versi pedas dari mie pentil.

Bahan utama makanan khas Bantul terbuat dari tepung pati ketela. Teksturnya kenyal karena ukurannya yang juga besar.

Jangan lupa nyobain pedesnya mie des, ya. Jika kamu mampir ke daerah Bantul setelah main dari Parangtritis.

Baca juga: Makanan Khas Wonogiri

Kue Adrem Khas Bantul

8 Makanan Khas Bantul Terbaik Dengan Rasa yang Lezat
Instagram/@jajanku.kp

Terakhir yaitu kue adrem. Kue adrem terbuat dari bahan utama tepung beras yang dicampur dengan gula jawa. Nah, bahan ini kemudian dimasak dengan cara digoreng.

Rasa yang dihasilkan dari kue adrem adalah manis yang bercampur dengam gurih. Makanan ini biasa dimakan dengan ditemani teh atau kopi hangat.

Jika kamu mampir ke Bantul, jangan lupa nyobain kue legit satu ini, ya!

Itulah beberapa makanan khas Bantul yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Jangan lupa untuk nyobain satu hingga tiga makanan khasnya, ya. Selamat berkuliner!