8 Makanan Khas Banyumas Terpopuler dan Enak

Percaya gak sih kalau makanan khas Banyumas ini bikin lidahmu menari-menari? Kalau gak percaya, silahkan dicoba satu persatu.

8 Makanan Khas Banyumas Terpopuler dan Enak

CEROBOH– Halo, Apakah kalian sedang berkunjung di daerah kawasan Provinsi Jawa Tengah? Kalau kamu sedang berkunjung di kawasan daerah Jawa Tengah, kamu pasti bertanya-tanya makanan khas apa saja yang ada di dearah ini.

Dan destinasi kulineran asyik, atau jajanan untuk dijadikan oleh-oleh untuk kerabat keluarga besar serta sahabat dekatmu di daerah asalmu, bukan?

Pada kesempatan kali ini, Saya akan mencoba menguraikan beberapa makanan khas daerah Banyumas yang tak boleh kamu lewatkan kelezatannya.

Kenapa? Karena Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki berbagai makanan khas yang tidak dipertanyakan lagi tingkat kelezatannya.

Berikut ini adalah 8 makanan khas Banyumas yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berwisata di Banyumas:

Soto Sokaraja Khas Banyumas

Makanan Khas Banyumas Terpopuler dan Enak
Soto Sokaraja – Fotonya @clapclupsemarang

Ketika kamu berkunjung ke Banyumas, kuliner pertama yang wajib kamu coba adalah soto sokaraja khas Banyumas yang lezatnya berhasil membuat lidahmu gagal move-on. Soto sokaraja memiliki ciri khas disajikan bukan bersama nasi akan tetapi bersama ketupat.

Kuahnya yang kental dan kuning alami serta ditambah dengan sambal kacang membuatnya semakin terasa unik di lidah.

Apalagi jika dimakan siang-siang ketika jam istirahat kerja dengan sajian minuman es teh yang membuat semakin terasa segar.

Untuk mendapatkan satu porsi sokaraja, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 7.500,- kamu bisa menemukan soto sokaraja.

Baca juga: Makanan khas asli Grobogan

Gethuk Goreng Khas Banyumas

Makanan Khas Banyumas Terpopuler dan Enak
Gethuk Goreng – Fotonya @dens.katsu_

Nah, jika soto sokaraja merupakan kuliner khas, maka kali ini gethuk goreng merupakan oleh-oleh khas yang wajib kamu kunjungi dan kamu beli lalu kamu bawakan kepada kerabat dan sahabat di tempatmu berasal.

Gethuk goreng dibuat dari bahan utama singkong yang dicampur dengan beberapa varian rasa yang diinginkan seperti rasa gula merah, rasa durian, rasa nangka dan rasa stroberi.

Adonan singkong yang telah dilembutkan dan dicampur dengan varian rasa seperti gula merah, nangka, stroberi atau durian tadi kemudian dibentuk bulat tapi bulat yang tidak beraturan.

Setelah terbentuk kemudian barulah digoreng sampai berwarna kecoklatan. Wah, terlihat lezat sekali kan, ya? Dijamin bikin ngiler, deh!

Kripik Tempe Khas Banyumas

Makanan Khas Banyumas Terpopuler dan Enak
Kripik Tempe Banyumas – Fotonya @cemalcemil_sby25

Kripik tempe memang sudah menjadi oleh-oleh umum di banyak tempat di seluruh Indonesia. Namun jangan salah. Untuk daerah Kabupaten Banyumas memiliki kripik yang cita rasanya khas dan kelezatan berbeda dengan daerah lainnya.

Kalau kamu berkunjung ke Banyumas, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh kripik tempe khas Banyumas juga, ya.

Mendoan Khas Banyumas

Makanan Khas Banyumas Terpopuler dan Enak
Mendoan Banyumas – Fotonya @mendoan_dhewek

Makanan satu ini merupakan makanan khas yang sangat terkenal di seluruh Indonesia termasuk Banyumas.

Jangan salah ya, mendoan khas Banyumas bisa dijamin kelezatannya karena setiap kali wisatawan dosmestik atau mancanegara berkunjung ke sini, mereka pasti tidak akan melupakan makanan khas satu ini.

Tidak jauh berbeda dengan mendoan di daerah lain, mendoan khas Banyumas terbuat dari tempe yang diiris tipis dan lebar yang kemudian dibalut dengan tepung renyah yang sudah dibumbui dengan aneka bumbu pilihan.

Setelah itu dicampur juga dengan irisan daun bawang yang membuatnya berbeda dengan mendoan daerah lain. Dijamin gal-mov deh, kalau kamu nyoba mendoan Banyumas. Apalagi kamu santap sehabis hujan ditemani sehangat teh hangat dan orang tercinta. Hehehe ….

Artikel lainnya: Kuliner khas ciamis

Nopia Khas Banyumas

Makanan Khas Banyumas Terpopuler dan Enak
Nopia Khas Banyumas – Fotonya @dedapur.catering_n_cookies

Ketika pertama kali kamu mendengar nama Napia pasti bertanya-tanya dan heran, kok aneh sih, namanya?Yaps! Nopia bagi sebagian kita masih terdengar aneh di telinga. Nopia bukan nama tetanggamu atau merek salah satu handphone yaaaa, hehehe ….

Nopia adalah makanan khas Banyumas yang berwarna putih yang memiliki bentuk lonjong yang mirip dengan lonjongnya telur ayam. Akan tetapi jika kamu menggigitnya kamu akan menemukan warna merah di dalamnya yaitu gula merah.

Namun seperti halnya gethuk, nopia awalnya hanya berisi gula merah. Seiring berjalannya waktu, nopi sekarang diisi dengan beberapa varian rasa seperti rasa durian, rasa coklat dan rasa daun pandan. Penasaran ingin mencoba? Langsung kunjungi Banyumas untuk ingin menyantap makanan khas satu ini.

Jenang Jaket Khas Banyumas

Makanan Khas Banyumas Terpopuler dan Enak
Jenang Jaket – Fotonya @triashafitri

Tentu saja jenang tidak hanya di produksi dari daerah Kudus Jawa Tengah saja. Akan tetapi jenang juga diproduksi di daerah Banyumas yang juga memiliki rasa yang khas dan unik dan tidak bisa kamu temukan di daerah lainnya.

Jenang Banyumasan berbahan dasar gula merah, beras ketan yang kemudian dicampur dengan santan kelapa. Jenang Banyumas dikemas dengan menggunakan kerta-kertas kecil yang bisa dimakan hanya sekali lahap saja dan tentunya menghasilkan kenikmatan tersendiri di lidah kamu.

Intil Khas Banyumas

Makanan Khas Banyumas Terpopuler dan Enak
Intil Khas Banyumas – Fotonya @chanieqolbu

Selain gethuk, nopia dan makanan lain khas Banyumas yang terbuat dari singkong, makanan satu ini juga berbahan dasar singkong. Wah, banyak juga makanan khas Banyumas yang berbahan dasar singkong, ya.

Intil diolah dengan cara diparut lalu hasil ampas perasan tersebut kemudian dicampur dengan gula merah dan beberapa bumbu lain. Lalu setelah itu dikukus dan kemudian ditaburi parutan kelapa. Jangan lupa dicoba yaa, makanan khas asli dari Banyumas satu ini. Hehehe ….

Lainnya: Oleh-oleh khas sidoarjo

Lanting Khas Banyumas

Makanan Khas Banyumas Terpopuler dan Enak
Lanting Banyumas – Fotonya @leanting_w8lu

Makanan terakhir khas Banyumas adalah lanting. Kamu tau lanting tidak? Tentu tahu, dong. Kalau belum tau simak penjelasan ini, ya. Kalau sudah tau, dijelaskan balik aja siapa tahu lupa. Hahaha.

Lanting merupakan makanan yang yang juga berbahan dasar—lagi lagi—singkong, gaessssssssss. Hahaha. Banyumas kaya singkong kali, ya.

Nah, kalau makanan khas yang terbuat dari singkong lainnya terasa manis, kali ini lanting terasa asin dah gurih. Bentuknya seperti angka delapan. Kayak cemilan gitu, loh.

Karena semakin banyaknya permintaan konsumen yang mulai aneh-aneh, kemudian lanting diproduksi dengan rasa lain seperti rasa pedas dan rasa keju. Ayo cobain!

Itulah 8 khas makanan Banyumas yang tidak boleh kamu lewatkan ketika kamu sedang berkunjung ke daerah Jawa Tengah, terutama yang dekat dengan daerah Banyumas atau bahkan Banyumasnya sendiri. Semoga uraian di atas bisa memberikan pengetahuan mengenai makanan khas Banyumas, ya!

BERI KOMENTAR