8 Makanan Khas Batang Paling Terkenal dan Enak

Makanan khas Batang yang saya ulas adalah makanan yang paling terkenal, tentu saja dengan rasa yang enak. Dijamin tidak akan mengecewakan!

8 Makanan Khas Batang Paling Terkenal dan Enak

Ceroboh.com – Kali ini, saya akan membahas tentang makanan khas yang masih berasal dari daerah Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Batang –yang tidak boleh kamu lewatkan kelezatannya jika kamu kebetulan lewat atau sedang berkunjung ke Kota Batang.

Kota Batang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang dekat juga dengan Kota Semarang yang juga dilewati Jalur Pantura atau Pantai Utara, sama seperti kota Kendal.

Karena Batang adalah salah satu kota yang berada di Jalur Pantura yang pastinya ramai dilewati orang-orang dari luar kota, maka tentu saja ada banyak makanan khas yang akan memanjakan lidah para pengunjungnya.

Langsung saja. Berikut ini adalah delapan makanan khas Batang yang akan membuat kamu summon alias susah move on:

Nasi Megono Khas Batang

8 Makanan Khas Batang Paling Terkenal dan Enak
Nasi Megono

Apa kamu sudah pernah mencicipi nasi megono khas Batang ini? Nasi megono merupakan nasi yang disajikan bersama dengan tewel atau nangka muda yang diiris-iris, juga diberi parutan kelapa serta bumbu rempah lain yang akan membuatnya semakin terasa gurih.

Sebenarnya nasi megono merupakan makanan khas dari kawasan kota-kota di jalur pantura, Jawa Tengah. Awalnya berasal dari Kota Pekalongan, kemudian menyebar di beberapa kota di Jawa Tengah lain yang ada di jalur pantura.

Kamu bisa menemukan nasi megono di beberapa kawasan di Batang, kok. Nah, biasanya nasi satu ini ditemani lauk berupa tempe goreng yang disebut dengan mendoan.

Baca juga: Makanan Khas Tegal

Lontong Lamprak Khas Batang

Makanan khas Batang yang kedua berupa lontong. Lontong ini termasuk makanan khas tradisional yang sudah ada secara turun temurun dari nenek moyang yang dilestarikan. Nama tepatnya adalah lontong lamprak. Lontong lamprak disajikan bersama dengan kuah yang berwarna kuning mentah.

Warna tersebut berasal dari perpaduan santan dengan bumbu-bumbu rempah yang telah dihaluskan . Ya, tidak jauh berbeda lah, dengan kuah opor. Tapi bedanya isi yang dipakai dalam kuah lontong lamprak adalah tahu rebus.

Oh iya. Gurih bumbu pedas yang ada di kuah sangat mantap dan khas yang akan membuat selera makanmu menjadi naik berkali-kali lipat, loh! Cobain deh!

Soto Tauto Makanan Khas Batang

8 Makanan Khas Batang Paling Terkenal dan Enak
Soto Tauto Yang Enak

Soto tauco merupakan salah satu makanan khas Batang yang populer dengan kuahnya yang kental. Nah, kuah kental inilah yang membuat sensasi gurih dan sedap yang berbeda dengan soto lainnya. Untuk isi yang dipakai dalam racikan makanan lezat nan segar satu ini di antaranya potongan kol, potongan daun bawang serta mie su’on.

Kamu bisa menyantap soto tauco bersama perasan jeruk nipis yang akan menambah citarasa asam dan segarnya muncul, lalu lauk sebagai teman adalah dengan usus goreng kering  yang kriuknya tiada dua. Selamat mencoba.

Sotong Ireng Khas Batang

8 Makanan Khas Batang Paling Terkenal dan Enak
Sotong Ireng Enak dan Lezat

Bahan utama dari sotong ireng adalah cumi-cumi. Hal ini dikarenakan Batang merupakan daerah yang juga berada di pesisir pantai. Tentunya olahannya juga tidak jauh dengan olahan yang bahannya berasal dari laut dong, ya. Nah, kata ireng dari sotong ireng dalam Bahasa Jawa artinya hitam.

Lalu, apa hubungannya ireng dan cumi-cumi? Jadi begini, gaes. Pengolahan makanan unik satu ini  kan, bahan dasarnya cumi-cumi. Jika biasanya cumi-cumi diolah dengan menghilangkan tinta hitamnya, maka untuk makanan sotong ireng, tinta hitamnya diikutin gitu, gaes. Makanya dinamakan sotong ireng.

Sotong ireng diolah dengan cara dioseng-oseng dengan bumbu lain lalu disiram dengan santan yang akan menghasilkan sensasi gurih tersendiri. Gimana? Mau coba?

Baca juga: Makanan Khas Sragen

Soto Kebo Makanan Khas Batang

8 Makanan Khas Batang Paling Terkenal dan Enak
Soto Kebo

Jika kamu mendengar nama kebo atau kerbau, yang terbesit di kelapa kita pasti langsung ke Kudus. Iya apa iya? Hehehe …. Tapi jangan salah, ya. Selain di Kudus, daerah Batang juga memiliki soto khas yang dagingnya berasal dari daging kerbau. Bukan daging ayam atau daging sapi seperti biasanya.

Untuk proses pengolahan dan penyajian, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya. Tetapi irisan daging kerbau akan membuat lidahmu akan dimanjakan dengan rasa unik yang tiada banding.

Lodeh Chechek Khas Batang

8 Makanan Khas Batang Paling Terkenal dan Enak
Lodeh Chechek dari Batang

Bahan dasar dari lodeh chechek adalah tewel atau nangka muda. Untuk pengolahan dari lodeh chechek juga tidak jauh berbeda dengan sayur lodeh pada umumnya. Bedanya ada pada isinya yaitu nangka muda. Ya, mirip-mirip lah, dengan gudheg Yogya.

Lodeh chechek disajikan bersama dengan nasi megono yang fungsinya dijadikan sebagai pelengkap dari nasi megono itu sendiri. Udah, ndakusah tanya rasa. Dijamin akan membuat lidahmu ketagihan!

Corobikang Makanan Khas Batang

8 Makanan Khas Batang Paling Terkenal dan Enak
Corobikang Disajikan di Piring

Beberapa daerah menyebutnya dengan bika walik. Corobikang merupakan kue tradisional khas Batang yang terbuat dari tepung beras. Corobikang diolah dalam cetakan khusus berbentuk bundar.

Seperti cetakan kue apem. Jika apem dibolak-balik ditumpuk, maka corobikang dimekarkan dan diberi warna.

Surabi Kali Beluk Khas Batang

8 Makanan Khas Batang Paling Terkenal dan Enak
Surabi Kali Beluk Khas Batang

Surabi khas Batang ini disebut dengan surabi kali beluk karena berasal dari Desa Kali Beluk yang berada di Batang. Ukuran dari surabi ini lebih besar dibanding dengan surabi pada umumnya.

Bahkan bisa mencapai 30 cm loh, gaes. Kan, gedhe itu, ya. Karena segedhe itu, tentu saja diiris-iris menjadi beberapa bagian. Tidak akan kuat deh, dimakan sendirian. Hahaha.

Untuk varian rasa, serabi beluk memiliki dua varian rasa yaitu rasa gula merah dan rasa kelapa. Gimana? Tertarik mencoba?

Itulah beberapa makanan khas yang ada di Kota Batang. Semoga bisa menambah pengetahuanmu tentang makanan khas di Kota Batang, ya. Selamat berlibur dan jangan lupa membelikan oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga di rumah!

Baca Juga: Makanan Khas Rembang