8 Makanan Khas Bekasi Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat

Banyak pilihan makanan khas Bekasi dengan rasa yang lezat. Kamu bisa memilih beberapa makanan terpopuler yang saya rekomendasikan berikut!

8 Makanan Khas Bekasi Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat

Ceroboh.com – Bekasi merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang memiliki akulturasi budaya antara budaya Sunda dengan budaya Betawi.

Meskipun kota ini merupakan kota yang sering dianggap bukan dari bagian planet Bumi. Ternyata Bekasi memiliki segudang kuliner yang tak kalah mantap dengan daerah lainnya.

Dibalik riuhnya kota yang panas, tentunya kamu akan rugi jika mampir di Bekasi namun tak nyobain salah satu, atau mungkin beberapa makanan khasnya yang menggugah selera.

Lalu apa saja sih makanan khas dari Bekasi yang wajib dicobain?

Yuk langsung simak saja beberapa makanan khas Bekasi yang populer dan wajib kamu coba:

1. Bir Pletok Khas Bekasi

Makanan Khas Bekasi Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
foto instagram/@waroengdebang

Jangan salah sangka dulu, ya. Meskipun minuman ini adalah minuman bir, akan tetapi bir pletok sama sekali tak mengandung alkohol, loh. Alih-alih bikin mabok, justru bir pletok memiliki khasiat tinggi untuk kesehatan tubuh.

Sebab, bir pletok dibuat dari bahan-bahan rempah alami seperti kayu manis, daun pandan wangi, serai, kapulaga, jahe, dan rempah lain yang tentunya memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit.

Bir pletok cocok diminum ketika malam hari yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buat kamu yang penasaran dengan bir ini, jangan lupa beli kalau mampir Bekasi!

2. Bandeng Rorod Khas Bekasi

Makanan Khas Bekasi Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
foto instagram/@bekasi_24_jam

Makanan khas berikutnya kamu akan menjumpai kuliner berupa bandeng rorod khas Bekasi. Bandeng ini banyak sekali diburu oleh para wisatawan yang berkunjung. Wajar saja, karena bandeng rorod tak memiliki duri.

Selain bandeng rorod disantap untuk dijadikan sebagai wisata kuliner, bandeng ini juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan teman dekat di rumah.

Bandeng rorod memiliki dua varian rasa. Yaitu rasa original dan rasa pedas yang akan menggoyang lidahmu. Buruan cobain kuy!

Lihat juga: Makanan Khas Cianjur

3. Sayur Gabus Pucung Bekasi

Makanan Khas Bekasi Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
foto instagram/@dyah_luvkitchen

Masih dengan makanan khas Bekasi berupa kuliner khas. Kali ini kamu akan menemukan makanan dengan nama sayur gabus pucung. Kalau padang punya menu andalan  rendang, maka Betawi punya menu andalan sayur gabus!

Jika dilihat dari warna kuahnya, sayur gabus ini memiliki kuah berwarna coklat pekat seperti rawon. Sebab, di dalamnya terdapat bumbu berupa kluek (yang merupakan bumbu wajib dari pengolahan rawon). Bedanya yang dimasak adalah ikan gabus.

Nah, jika kamu penasaran dengan kelezatan sayur ikan gabus pucung kamu bisa mampir di kawasan Jalan Jenderal Soedirman. Tepatnya di Pondok Gabus Lukman. Dijamin nagih!

4. Kue Rangi Khas Bekasi

Makanan Khas Bekasi Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
foto instagram/@mizuno.aliza.aulia

Kini, kamu akan semakin sulit menemukan kue rangi khas Bekasi ini. Kue rangi dibuat dari bahan utama tepung kanji yang dipadukan dengan parutan kelapa. Selanjutnya kue rangi dicetak dalam cetakan khusus yang mirip dengan kue pukis.

Kue rangi kemudian dibakar dan terakhir disiram dengan saus gula merah. Rasa gurih dari kelapa, serta rasa legit dari saus gula merahnya dijamin lumer di mulut.

Kue rangi bisa kamu temukan di penjual keliling di daerah antara Jatiasih dengan Jatisari. Per barisnya dibandrol dengan harga 3 ribu rupiah saja.

5. Bolu Gulung Batik Bekasi

Makanan Khas Bekasi Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
foto instagram/@sriwidayati.sw

Bolu gulung batik ini memang benar-benar bolu yang dihias dengan indahnya batik loh. Sama persis seperti di kain.

Yang bikin lebih mantapnya lagi, bolu gulung batik ini memiliki berbagai variasi rasa yang menggugah selera. Mulai dari rasa coklat nutella, blueberry, strawberry hingga cream cheese.

Jika kamu penasaran, kamu bisa mendatangi Toko Kue Bolu Batik Retno Dyah yang berada di Jalan Dirgantara Jatiasih Bekasi. Buruan beli untuk orang-orang rumah. Pasti mereka seneng banget, deh.

6. Kue Jalabia Khas Bekasi

Makanan Khas Bekasi Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
foto instagram/@x3na977

Masih dengan makanan khas Bekasi sejenis kue. Kali ini kamu akan mendapati sejenis jajanan kue basah berupa kue jalabia. Tekstur dari kue jalabia ini seperti dodol yang agak sedikit lengket di tangan.

Kue jalabia dibuat dari bahan dasar seperti tepung beras, tepung ketan, santan dan kelapa, serta untuk pemanisnya kue jalabia memanfaatkan perasa gila merah.

Citarasa manis yang dihasilkan dari kue jalabia sangat cocok disantap dengan ditemai kopi hangat saat hujan-hujan.

7. Sop Janda Khas Bekasi

Makanan Khas Bekasi Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
foto instagram/@yunmikomilanisti

Makanan khas Bekasi selanjutnya yaitu sop janda khas Bekasi. Eits! Jangan salah sangka dulu, ya. Sop janda bukan berarti penjualnya seorang janda. Janda sendiri merupakan kependekan dari Jawa-Sunda.

Yang membuat sop janda lebih khas dari sop lain yaitu dalam pengolahannya sop janda ditambah cabai ceplok ijo. Jadi, wajar saja jika memiliki rasa yang ekstra pedas.

Penasaran? Buruan datangi Sop Janda Bu Darmi di Jalan Lanjutan Jalan Bali I daerah Cikarang.

Baca juga: Makanan Khas Sukabumi

8. Kue Dongkal Khas Bekasi

Makanan Khas Bekasi Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
foto instagram/@ahsani.taqwim

Kue dongkal dibuat dari bahan utama beras yang ditumbuk hingga hancur. Kemudian tumbukan beras tersebut dibentuk tumpeng yang dilapisi gula aren.

Selanjutnya kue dongkal dikukus hingga menguarkan aroma harum dari daun pandannya. Cita rasanya yang khas akan membuat kamu ketagihan dan ingin mencobanya lagi, deh!

Kamu hanya butuh uang 10 ribu untuk merasakan gurih campur manisnya kue ini. Buruan cobain yuk! Itulah beberapa makanan khas Bekasi yang populer dan terkenal. Kamu bisa menjadikannnya wisata kuliner atau oleh-oleh untuk orang rumah. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR