8 Makanan Khas Bengkulu Paling Terkenal Rasanya

Tau gak sih kalo di Bengkulu banyak banget makanan tradisionalnya? Jangan ragu untuk menikmati makanan khas Bengkulu berikut ini.

Ceroboh.com – Tahukah kamu kalau Bengkulu adalah salah satu provinsi di Nusantara yang memiliki panorama keindahan alam yang indah dan eksotis? Di daerah ini banyak sekali wisata alam yang patut kamu singgahi, dan bisa dijadikan referensi liburan keluarga.

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang tempat wisatanya. Melainkan akan membahas makanan khasnya.

Selain keindahan alamnya, Provinsi Bengkulu juga terkenal dengan makanan khasnya yang lezat-lezat. Makanan khas ini bisa memanjakan para penikmatnya. Tentu saja ketika kamu berkunjung ke provinsi yang satu ini akan kurang lengkap jika tidak icip-icip makanan di daerah ini.

Jika masakan khas padang dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai kota besar yang ada di Indonesia, berbeda dengan makanan di Bengkulu. Untuk dapat menikmatinya kamu harus berkunjung langsung ke kota yang indah ini. Meski ada sebagian kecil makanan Bengkulu yang di jual di daerah lain.

Makanan dari Kota ini bisa kamu nikmati langsung saat berada di kota tersebut. Dan bisa juga kamu bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga dirumah.

Inilah 8 makanan khas Bengkulu paling populer kelezatan rasanya:

Gulai Kemba’ang Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Paling Terkenal Rasanya
Fotonya @bisa_ina

Yang menjadi rekomendasi pertama adalah Gulai Kemba’ang. Gulai ini merupakan makanan yang sangat lezat dan enak karena terbuat dari bahan baku iga sapi yang diolah dengan rempah-rempah pilihan asli Nusantara.

Bumbunya yang pekat, dan rasanya yang gurih, menjadikan makanan ini diminati oleh banyak orang, tak hanya oleh warga sekitar, namun banyak diburu juga oleh para wisatawan.

Oleh warga Bengkulu makanan khas ini sering dihidangkan sebagai makanan pas berbuka puasa, untuk mendapatkan makanan khas yang satu ini, kamu bisa mengunjungi Kabupaten Muko-Muko.

Baca Juga : Tempat Wisata Hits di Ambarawa

Pendap Makanan Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Paling Terkenal Rasanya
Pendap – Fotonya @hugo.meilita

Pendap merupakan salah satu makanan khas yang paling populer bagi warga Bengkulu. Makanan khas yang satu ini proses pembuatannya terbilang sangat sederhana, simpel dan mudah. Banyak warga yang sering membuat makanan ini sendiri di rumahnya.

Pedap ini terbuat dari bahan baku ikan yang diolah dengan campuran rempah-rempah seperti cabai giling, kencur, bawang putih dan rempah lainnya. Kemudian dimasak dengan cara dibungkus dengan menggunakan daun talas. Aroma daun talas tersebut melahirkan aroma sedap yang menggugah selera.

Lepek Binti Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Paling Terkenal Rasanya
Fotonya @n_kuliner

Makanan ringan yang menjadi makanan khas Bengkulu adalah Lepek Binti. Makanan ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian isi dan bagian pembungkus luarnya (kulit pembungkus).

Bagian dalamnya terbuat dari bahan dasar daging sapi yang sudah dibumbui dengan bumbu-bumbu pilihan. Sedangkan bagian kulit luarnya terbuat dari bahan utama tepung ketan dan santan.

Dari kedua bagian bahan tersebut kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Makanan ini juga hampir sama dengan Gulai Kemba’ang, sering disajikan sebagai menu pembuka saat berbuka puasa.

Bagar Hiu Buatan Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Paling Terkenal Rasanya
Fotonya @suhariyanto21

Dari namanya juga sudah terdengar jelas, kalau makanan khas Bengkulu yang satu ini pastinya terbuat dari bahan utama ikan hiu. Tahukah kamu kalau Banggar Hiu ini adalah salah satu makanan kesukaan presiden pertama kita, yaitu Pak Sukarno? Konon saat dipengasingan di kota Bengkulu, beliau sering memakan makanan khas yang satu ini.

Makanan ini juga merupakan salah satu makanan yang populer di kota Bengkulu, dan banyak orang yang mencarinya. Ikan hiu yang digunakan untuk membuat bagar adalah ikan hiu jenis Punai.

Ikan hiu jenis ini bisa dimakan karena baunya yang tidak terlalu amis. Sehingga cocok jika diolah dengan menggunakan santan, yang sering menjadi bahan utama makanan Bengkulu.

Lihat Juga : Oleh-oleh Khas Papua

Kue Tat Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Paling Terkenal Rasanya
Fotonya @explorebengkulu.19

Pada dasarnya Kue Tat hampir menyerupai dengan kue bolu, tentu saja kamu harus mencoba merasakan kelezatan kue khas Bengkulu ini. Tampilan dari Kue Tat sangat unik dan menarik, sehingga menggoda orang yang melihatnya jadi ingin segera menyantapnya.

Kue Tat tergolong kue yang susah dalam proses pembuatannya, karena campuran adonan dan takarannya harus benar-benar pas, agar tercipta kue yang lezat. Selain itu membentuk jadi tampilan yang menarik bukanlah perkara mudah, karena diperlukan kreatifitas juga kesabaran dalam proses pembuatannya.

Rebung Asam Undak Liling

Makanan Khas Bengkulu Paling Terkenal Rasanya
Fotonya @cici_foodtravel

Makanan khas Bengkulu unik yang selanjutnya adalah Rebung Asam Undak Liling. Kenapa unik? Karena bahan utama membuat makanan yang satu ini adalah terbuat dari tunas bambu muda. Atau di sebagian daerah sering disebut rebung.

Rebung yang diolah untuk menjadi makanan ini adalah rebung yang bertekstur lunak. Supaya bahannya makin lunak, warga Bengkulu biasanya merendam rebung terlebih dahulu sebelum mengolahnya, dan di cincang dengan ukuran kecil-kecil. Rebung ini dimasak dengan campuran siput sawah, yang disana biasa disebut liling.

Tempoyak Ikan Patin Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Paling Terkenal Rasanya
Fotonya @tabaraempire

Tempoyak Ikan Patin adalah makanan khas Bengkulu yang berbahan baku dari tempoyak dan dari ikan patin. Dari namanya juga sudah jelas, kan? Tempoyak yang biasanya dijumpai di Sumatera, ternyata di Bengkulu tempoyak dimasak bersama ikan patin.

Bagi kamu yang alergi durian, tentu saja tidak dapat menikmati makanan khas yang satu ini. Karena tempoyak dibuat dari hasil fermentasi durian. Sehingga makanan ini memiliki bau yang menyengat, dan memiliki cita rasa yang enak bagi para penikmatnya.

Baca Juga : Tempat Kuliner di Purworejo

Lema Kepahiang Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Paling Terkenal Rasanya
Foto dari Wikipedia

Hampir sama dengan tempoyak, Lema ini dibuat dengan cara fermentasi. Sudah pasti aroma yang dihasilkannya juga akan menyengat. Namun dibalik aroma tersebut terdapat rasa makanan yang bisa memanjakan lidah.

Makanan khas kota Bengkulu ini terbuat dari bahan baku rebung yang dicampur dengan ikan air tawar. Kemudian cara membuatnya yaitu dengan cara membungkusnya menggunakan pembungkus daun pisang, dan dibiarkan dalam jangka waktu beberapa hari.

Itulah beberapa makanan khas Bengkulu yang unik dan terkenal kelezatannya. Kamu bisa mencicipi salah satunya ketika berkunjung ke Bengkulu. Bisa juga membawa kue tat ke rumah sebagai oleh-oleh makanan dari Bengkulu. Semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat buat pengunjung website ini.