9 Makanan Khas Blitar Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan

Makanan khas Blitar banyak sekali ragamnya. Berikut ini saya rangkum menjadi beberapa kuliner khas Blitar yang paling enak rasanya.

Makanan Khas Blitar

CEROBOH.COM – Hampir seluruh masyarakat Indonesia tak asing lagi dengan seorang tokoh bernama Bung Karno? Siapa sih, yang nggak kenal Bung Karno? Tahu kan, dimana lokasi makam presiden pertama Indonesia tersebut?

Yups! Kota Blitar. Bahkan banyak sekali orang-orang di luar kota, bahkan di luar provinsi sengaja berkunjung ke Blitar untuk berziarah ke makam Bung Karno ini.

Nah, setelah berziarah tak lupa dong sekalian mencicipi berbagai kekayaan kuliner khas yang ada di Kota Blitar. Sebab, kelezatan makanan khas dari Kota Proklamasi ini membuat para wisatawan ketagihan dan susah move-on!

Nah, penasaran kan, apa saja makanan khas di Kota Blitar yang populer dan membuat lidahmu ketagihan?

Yuk langsung cusss beberapa makanan khas Blitar  yang populer dan akan membuat lidahmu ketagihan mencicipinya:

1. Es Pleret Khas Blitar

Makanan Khas Blitar
foto instagram/@roroasyu

Kita membahas mengenai minuman khas Blitar satu ini, yaitu es pleret. Es pleret sangat cocok di siang bolong ketika suasana hari sedang panas-panasnya.

Es pleret sendiri adalah minuman dingin tradisional Blitar yang terbuat dari bahan utama tepung beras dan tepung kanji, dengan kuah berupa santan yang dipadu gula merah serta sedikit garam.

Kesegaran es pleret semakin terasa karena kini para penjual es pleret menambahkan beberapa buah-buahan segar. Kamu bisa menemukan es pleret di penjual sekitar makam Bung Karno dengan harga mulai dari 3 ribu-an saja. Terjangkau, kan?

2. Nasi Ampok Khas Blitar

Makanan Khas Blitar
foto instagram/@diahsaridj

Beralih ke makanan tradisional Blitar berupa nasi ampok khas Blitar. Nasi ampok adalah nasi jagung yang ditemani sayur lodeh dan lauk pauk berupa ikan asing dan urap-urapan. Agar lebih kriuk dan maknyus, lauk lainnya yaitu peyek kacang.

Nasi bisa menjadi alternatif buat orang-orang yang mengurangi kadar gula di dalam tubuh. Jadi, baik pula untuk kesehatan.

Kamu bisa menjumpai nasi ampok di Warung Bu Darminto di Jalan A. Yani depan Kantor Pertanahan Blitar.

Baca juga: Makanan Khas Bandung Paling Legen

3. Uceng Goreng Khas Blitar

Makanan Khas Blitar
foto instagram/@sasmitaedo

Di beberapa daerah, uceng adalah sebutan dari ikan tawar kecil (sebesar jari kelingking) yang hidup di sungai-sungai. Termasuk di daerah Blitar ini.

Nah, di Blitar sendiri uceng diolah menjadi bermacam-macam makanan. Mulai dari sayur uceng, bothok uceng hingga uceng goreng–yang menjadi makanan khas Blitar.

Uceng goreng bisa kamu jadikan alternatif oleh-oleh untuk kerabat dan tetanggamu di rumah. Kamu bisa menikmati uceng goreng dengan sambal dan nasi hangat. Dijamin nagih!

4. Rujak Cingur Khas Blitar

Makanan Khas Blitar
foto instagram/@younie_14

Selanjutnya kamu akan menjumpai makanan khas dari Blitar berupa rujak cingur. Mungkin sudah tak aneh terdengar di telinga lagi ya, makanan satu ini.

Rujak cingur sendiri merupakan rujak yang dicampur dengan cingur. Nah, cingur ini adalah sebutan moncong sapi.

Rujak yang dipadu cingur ini terdiri dari buah-buahan segar seperti mentimun, mangga muda, nanas dan buah lain yang selanjutnya disiram dengan sambal khas Blitar dengan bahan seperti bumbu petis, kacang tanah, bawang goreng serta sedikit irisan pisang biji hijau.

5. Susu Jahe Khas Blitar

Makanan Khas Blitar
foto instagram/@tjeret_djadoel

Memang, susu jahe bisa ditemukan di berbagai daerah. Namun, untuk susu jahe khas Blitar tentu saja memiliki citarasa yang berbeda dan khas dari daerah lain.

Jika kamu sengaja sedang liburan ke Blitar, kamu mungkin bisa menikmati wisata kuliner malam dengan mencicipi susu jahe Blitar. Apalagi ketika malam hawa Blitar dingin. Jadi cocok sekali jika ditemani dengan susu jahe.

Harga susu jahe sendiri sangat terjangkau kok. Hanya sekitar 4 ribu rupiah saja susu jahe akan menghangatkan tubuhmu.

6. Beras Cerdas Khas Blitar

Makanan Khas Blitar
foto instagram/@talasepta

Terdengar unik bukan, nama beras satu ini? Hehe. Tapi bukan berarti memakan beras cerdas akan membuatmu menjadi seorang yang cerdas. Sebab, istilah penyebutan beras cerdas ini maksudnya cerdas dalam bahan baku.

Beras cerdas sendiri sebenarnya merupakan beras yang berbahan baku tepung mokaf. Nah, beras cerdas merupakan pengembangan dari tim peneliti UNEJ (Universitas Negeri Jember).

Meski beras ini adalah beras buatan, namun beras cerdas memiliki kandungan gizi yang tak kalah dengan beras biasa. Selain gizinya yang melimpah, harganya pun terjangkau. Hanya sekitar 7 ribu per kilogram saja.

7. Geti Khas Blitar

Makanan Khas Blitar
foto instagram/@jajanan_indonesia04

Di beberapa daerah, mungkin geti terdengar asing. Nah, geti ini masuk dalam kategori jajanan tradisional Blitar. Geti sendiri dibuat dari wijen, kacang dan juga gula merah.

Kelezatan geti yang memiliki citarasa legit nan lembut di mulut membuat geti diburu oleh banyak sekali pelancong yang berkunjung ke Blitar.

Geti bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk kerabat dan teman dekatmu di rumah. Jadi, jangan lupa nyobain geti kalau mampir Blitar, ya!

8. Tahu Bumbu Lawu Blitar

Makanan Khas Blitar
foto instagram/@deteksi

Kembali lagi ke makanan khas Blitar berupa kuliner. Sesuai dengan namanya, tahu bumbu dibuat dari bahan tahu. Nah, tahu ini nanti diiris-iris kecil lalu disiram dengan sambal kacang khas Blitar.

Namun meski bernama tahu bumbu, makanan ini juga dilengkapi dengan lontong, tauge mentah sebagai lalapan. Selanjutnya kriuk krupuk akan membuat tahu bumbu semakin maknyus jika sudah masuk mulut.

Kamu bisa menemukan tahu bumbu Blitar di kawasan Jalan Lawu Blitar dengan harga mulai 7 ribu rupiah saja. Tergantung lauk yang dipilih.

Baca juga: Makanan Khas Banjar

9. Es Drop Khas Blitar

Makanan Khas Blitar
foto instagram/@foodiesmemories

Seperti es peler, es drop juga termasuk minuman khas tradisional khas Blitar. Es drop merupakan sejenis es krim namun tampilan dan bahannya pun tradisional.

Batang es drop memanfaatkan batang bambu. Kemudian bungkus yang digunakan saja menggunakan selosong kertas. Es drop sendiri kini memiliki banyak variasi rasa.

Mulai dari rasa duren, kacang hijau, stroberi, rasa vanila dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan es drop dijajakan oleh pedagang yang menggunakan termos dengan harga hanya sekitar 3 ribu rupiah saja.

Itulah beberapa makanan khas Blitar yang akan membuatmu ketagihan untuk mencicipinya lagi. Jangan lupa untuk nyobain satu hingga tiga jenis makanannya, ya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR