9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan

Makanan khas Bogor banyak sekali pilihannya. Pada tulisan ini saya rangkum menjadi 9 kuliner khas Bogor paling enak dan terkenal.

9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan

CEROBOH – Pernahkah kamu mendengar nama Kota Hujan? Yaps, betul sekali! Kota Hujan adalah julukan dari sebuah kota yang ada di Jawa Barat. Yaitu Kota Bogor.

Setiap musim liburan tiba, sebagian besar orang berbondong-bondong menuju puncak Bogor untuk menikmati udara segar nan sejuk. Ya. Bogor adalah kota yang masih kental dengan sejuknya udara serta indahnya nuasa alam yang asri.

Tak lengkap dong. Jika bertamasya ke Bogor namun tak membeli mencicipi makanan khasnya. Pasalnya, makanan khas asli Bogor menyuguhkan banyak rasa. Mulai dari yang manis legit hingga asin campur asam.

Nah, penasaran bukan dengan banyak variasi makanan khas Bogor yang bikin ngiler hanya dengan

Berikut ini adalah 9 makanan khas Bogor yang akan membuat kamu ketagihan:

1. Laksa Khas Bogor

9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@miss_across_the_kitchen

Makanan khas Kota Hujan pertama yang wajib kamu cicipi yaitu laksa khas Bogor. Seperti laiknya laksa-laksa lain, pengolahan laksa Bogor dibuat dengan memadukan berbagai jenis bumbu.

Yang membuat laksa Bogor berbeda dengan laksa Betawi, laksa Bogor ditambahkan dengan oncom. Untuk mienya, laksa Bogor diganti dengan mie bihun atau pun ketupat.

Kuah laksa Bogor dibuat dari santan kelapa yang akan menciptakan citarasa khas yang gurih. Apalagi ditambah dengan daun kemangi, yang membuat laksa terasa makin harum dan lezat.

Kamu akan rugi kalau kamu melewatkan laksa Bogor. Jadi jangan lupa cobain, ya!

2. Asinan Khas Bogor

9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@nitip.papih

Selanjutnya kamu akan menjumpai makanan khas Bogor berupa asinan Bogor. Mungkin warga Jawa Barat tak asing lagi dengan asinan ini. Namun, warga luar Jabar akan bertanya-tanya. Asinan Bogor ini gimana sih rasanya?

Banyak varian asinan Bogor yang bisa kamu cicipi. Ada asinan buah, asinan sayur, bahkan campuran keduanya.

Asinan Bogor disajikan dengan kuah yang memadukan rasa asam dan pedas yang akan memanjakan lidahmu. Kemudian diberi topping kerupuk dan asinan siap disantap!

3. Doclang Khas Bogor

9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@t.agustin3738

Makanan khas selanjutnya kamu bisa mencoba lezatnya kuliner bernama doclang. Jika kamu pandang sekilas kamu akan menjumpai doclang mirip dengan kupat tahu atau lontong sayur. Namun tentu saja citarasanya berbeda.

Doclang disajikan dengan kentang goreng, tahu goreng, pesor (pesor doclang dibungkus dengan daun putat dan direbus beberapa jam) dari  serta telur rebus yang kemudian disiram dengan kecap dan juga bumbu kacang yang membuat doclang makin terasa nikmat.

Kuliner doclang khas Bogor sekilas terlihat mirip dengan lontong sayur atau kupat tahu karena terdiri dari pesor, irisan kentang goreng, tahu goreng, dan telur rebus kemudian disiram bumbu kacang dan kecap.

Biasanya doclang cocok dimakan untuk sarapan lagi. Jika kamu mampir pagi-pagi di Bogor, boleh dong nyobain doclang yang lezatnya akan membuat lidahmu bergoyang!

Lihat juga: Makanan Khas Malang

4. Manisan Pala Bogor

9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@veeulfia

Bisa dibilang, manisan pala ini merupakan makanan khas tradisional Bogor yang kini jarang ditemukan. Ini dikarenakan keturunan dari para pembuatnya tak mau meneruskan usaha manisan pala milik orang tuanya.

Manisan pala diolah dari pala yang direndam selama kurang lebih tiga harian. Pala kemudian dicuci, dikupas dan dipisahkan dari bijinya.

Selanjutnya pala diiris membentuk bunga  jika diolah menjadi manisan pala kering (ini tentu butuh keahlian khusus). Dan diiris menjadi dua saja jika diolah menjadi pala basah.

Berikutnya pala diberi gula dengan pengolahan sedemikian rupa dan jadilah manisan pala. Jangan lupa cobain manisan ini, ya!

5. Roti Unyil Khas Bogor

9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@iviaokke

Tahukah kamu, kenapa roti unyil disebut roti unyil? Karena ukuran roti unyil kecil dan mini. Inilah kenapa roti unyil disebutnya roti unyil.

Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Bogor akan membeli roti unyil ini sebagai oleh-oleh khas Bogor. Rasanya yang manis ternyata berhasil membuat lidah para wisatawan ini ketagihan.

Roti unyil juga bisa dijadikan teman santapan ketika perjalanan pulang. Ukurannya yang kecil jadi tak sulit melahapnya sembari jalan-jalan santai.

6. Kue Lapis Talas Bogor

9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@b_n2y90

Seperti roti unyil, Makanan khas Bogor selanjutnya ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Bogor. Namanya kue bolu lapis talas Bogor. Sebab, Bogor merupakan salah satu kota yang banyak menghasilkan talas.

Makanya nggak heran kalau talas tersebut dibuat menjadi makanan baru dalam bentuk bolu lapis. Biasanya toppingnya memakai keju dan chips.

Kamu bisa menemukan bolu lapis Bogor di outlet-outlet oleh-oleh khas Bogor yang tersebar di beberapa daerah di Bogor.

7. Cungkring Khas Bogor

9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@sibuletontravel

Beralih ke makanan khas berupa kuliner. Makanan khas selanjutnya kamu akan menemukan cungkring. Lucu, ya namanya?

Nah, kalau kamu penasaran, cungkring merupakan makanan khas Bogor yang dibuat dari bahan utama kepala sapi dan kikil yang dipotong kecil-kecil, lalu diberi bumbu kuning.

Setelah dirasa empuk dan matang, cungkring ditusuk-tusuk layaknya sate kemudian disiram dengan bumbu kacang khas. Nah, biasanya orang-orang akan menyantap cungkring ditemani dengan ketan putih yang dicampuri kelapa parut.

Ngiler sendiri, kan bayanginnya? Makin penasaran? Berarti kalau ke Bogor jangan lupa buat nyoba cungkring!

8. Asinan Jagung Bakar Bogor

9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@imaanoona

Selain asinan buah dan sayur, Bogor juga memiliki kuliner asinan lain berupa asinan jagung bakar. Nah, asinan jagung bakar juga dipadukan dengan irisan mentimun.

Biasanya asinan jagung bakar disajikan bersama dengan kuah asinan yang pedasnya akan membuatmu terasa lebih segar. Ditambah dengan dilengkapi mie dan kerupuk, asinan jagung bakar akan membuat lidahmu menari-nari.

Jangan lupa cobain, ya!

Baca juga: Makanan Khas Jember

9. Ngo Hiang Bogor

9 Makanan Khas Bogor Terpopuler dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@elaines.kitchen

Kuliner selanjutnya ini merupakan kuliner Bogor khusus untuk orang-orang tertentu saja. Pasalnya, makanan khas berupa kuliner ini mengandung daging babi. Nama kuliner tersebut adalah ngo hiang.

Ngo hiang dibuat dari kentang rebus, pangsit yang berisi daging babi serta gorengan lainnya yang juga berisi daging babi. Selanjutnya ngo hiang disiram dengan kuah coklat kental yang mirip bumbu sate padang.

Itulah beberapa makanan khas Bogor yang bisa kamu cicipi ketika mampir di kota satu ini. Kamu bisa menjadikannya wisata kuliner atau bisa dibawa untuk oleh-oleh orang rumah. Selamat berkuliner, ya!

BERI KOMENTAR