9 Makanan Khas Bojonegoro Paling Enak dan Terkenal

Makanan khas Bojonegoro banyak banget aneka ragamnya. Berikut ini saya sajikan kuliner khas Bojonegoro paling lezat dan sudah terkenal.

Makanan Khas Bojonegoro

CEROBOH.COM – Selanjutnya kita akan beralih ke Kota Bojonegoro. Masih dengan kawasan Jawa Timur, Kota Bojonegoro merupakan sebuah kota  Jatim yang mendapat julukan sebagai Kota Angling Dharmo.

Sebab,banyak sekali wisata-wisata budaya yang tersebar di seluruh Bojonegoro. Nah, kalau kamu kebetulan sedang berkunjung ke Bojonegoro atau sekadar lewat, tak ada salahnya dong mencicipi wisata kulinernya juga.

Karena di Bojonegoro kamu akan menemukan makanan-makanan unik dan khas yang jarang bahkan tak bisa kamu temukan di daerah-daerah lain. Berbagai macam jajanan dan kuliner penggugah selera menantimu untuk kamu cicipi kelezatannya.

Penasaran kan, apa saja makanan khas di Kota Bojonegiro yang populer dan membuat lidahmu ketagihan?

Yuk langsung saja simak ulasan saya mengenai beberapa makanan khas Bojonegoro yang populer dan akan membuat lidahmu ketagihan mencicipinya:

1. Wedang Tape Khas Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro
foto instagram/@makanan_ndeso_

Jika kamu tiba di Bojonegoro ketika malam-malam, mungkin menu khas Bojonegoro yang bisa kamu cicipi yaitu wedang tape. Wedang tape masuk dalam kategori minuman tradisional yang hingga kini masih dilestarikan.

Sesuai dengan namanya wedang tape terbuat dari beras ketan yang dipadukan dengan santan panas. Selanjutnya dicampur juga dengan rempah lain yang membuat wedang tape srupuuutt sekali di mulut.

Penasaran dengan hangatnya, kan? Datang saja ke Jalan KH. Mansur. Warung wedang tape ini sudah buka sejak 1950-an loh. Legend banget, kan?

2. Ledre Khas Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro
foto instagram/@fdlfoods.sby

Selanjutnya setelah minuman khas kita akan beralih ke makanan khas berupa camilan yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Beberapa dari kamu pasti tak asing lagid deh, dengan nama makanan satu ini, yaitu ledre.

Hampir para wisatawan luar kota yang pulang dari Bojonegoro tak lupa membeli ledre sebagai oleh-oleh dan sebagai teman perjalanan.

Citarasa ledre yang gurih bercampur dengan manis membuat ledre digemari oleh para wisatawan. Jika dipandang sekilas, ledre ini mirip dengan egg roll.

Namun, kalau kamu sudah mencicipinya kamu pasti akan bisa merasakan citarasa khasnya yang menggugah selera.

Baca juga: Makanan Khas Blitar Terpopuler

3. Gethuk Lindri Khas Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro
foto instagram/@bilco.handmade

Pernah mendengar jajanan bernama gethuk nggak? Mungkin di kawasan Bandung sekitarnya ada beberapa orang yang tak tahu nama makanan ini.

Namun di Jawa terutama Jawa Timur dan Jawa Tengah gethuk sangat populer di masyarakat. Nah, di daerah Bojonegoro sendiri memiliki makanan khas berupa gethuk.

Gethuk dibuat dari singkong rebus yang dihancurkan, dibentuk-bentuk lalu diberi warna. Penyajiannya biasanya diberi topping berupa taburan kelapa parut. Endesss sekali deh, pokoknya.

4. Putu Ayu Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro
foto instagram/@oryza_snack

Masih dengan makanan khas Bojonegoro berupa jajanan berat. Kali ini kamu akan menemukan putu ayu khas Bojonegoro.

Biasanya putu ayu bisa ditemukan ketika sore hari atau malam hari. Sebab, hangatnya maknyus sekali di lidah.

Putu ayu sendiri dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa dan sedikit garam. Tengahnya biasanya diselipkan gula merah. Penyajiannya ditabur lagi dengan parutan kelapa dan juga sedikit gula pasir.

5. Serabi Khas Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro
foto instagram/@fzbimasakti

Berikutnya kamu akan menjumpai makanan khas berupa serabi. Pasti sudah tak asing lagi kan, dengan jajanan mengenyangkan satu ini?

Selain serabi dari Solo atau dari serabi oncom dari Majalengka, serabi khas dari Bojonegoro juga tak kalah lezat loh!

Berbeda dengan serabi daerah lain, untuk serabi Bojonegoro, biasanya ditaburi topping berupa kelapa parut. Jadi, kamu akan menemukan rasa gurih sekaligus manis dari kelapa parut dan serabinya sendiri.

6. Nasi Flambe Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro
foto instagram/@terasalfaros

Beralih ke makanan berupa kuliner khas. Nasi flambe ini merupakan nasi yang ditemani dengan udang goreng, ayam suwir, telur orak-arik dilengkapi pula dengan sambal terasi yang maknyus.

Jika kamu mampir di Bojonegoro di siang hari, jangan lupa cicipi nasi flambe di kawasan Jalan Rajawali dekat SMP 5 Bojonegoro. Tepatnya di Warung Dumi Express.

7. Sego Mawut Khas Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro
foto instagram/@sanisaksono

Selain kuliner nasi flambe, kamu juga bisa mencicipi kuliner mengenyangkan berupa sego mawut.

Sego mawut sendiri merupakan nasi goreng yang dicampur dengan mie, sayuran dan telur. Kamu bisa menemukan sego mawut di malam hari di pedagang kaki lima.

Jadi cocok banget buat kamu pecinta nasi goreng. Jangan lupa cobain, ya!

8. Ender-ender Khas Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro
foto instagram/@endyscemilanmurah.bjn

Ender-ender merupakan makanan khas Bojonegoro yang dibuat dari bahan utama ubi jalar. Ender-ender ini cocok banget buat kamu jadikan oleh-oleh untuk orang rumah.

Kamu akan menemukan ender-ender dengan dua varian rasa. Rasa manis dan juga rasa gurih.

Ender-ender sendiri sangat digemari oleh masyarakat. Baik masyarakat lokal ataupun pelancong yang berkunjung ke Bojonegoro.

Lihat juga: Makanan Khas Bandung Paling Legen

9. Dadar Jagung Khas Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro

Sesuai dengan namanya, dadar jagung tentunya dibuat dari bahan utama jagung. Nah, dadar jagung ini biasanya dipadu dengan tepung tapioka, telur serta rempah-rempah pilihan khas Bojonegoro.

Kamu bisa menemukan dadar jagung di penjual-penjual di warung makan. Jadi kalau mampir Bojonegoro jangan lupa cobain, ya!

Itulah beberapa makanan khas Bojonegoro  yang populer dan terkenal. Coba cicipi beberapa makanan khasnya ya, kalau mampir kota ini. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR