8 Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diburu Wisatawan

Makanan khas Bondowoso memang lezat-lezat. Diantara banyaknya kuliner khas Bondowoso, berikut ini delapan yang paling populer dan enak.

Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diburu Wisatawan

Ceroboh.com – Pernah mendengar daerah Bondowoso belum? Nah, salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur ini merupakan daerah yang memiliki banyak wisata alam berupa pegunungan dengan panorama yang menakjubkan.

Bagi kamu yang sengaja berkunjung ke Bondowoso untuk menikmati indahnya panorama pegunungan. Ada baiknya kamu juga menikmati wisata kulinernya.

Karena Bondowoso memiliki banyak sekali wisata kuliner makanan khas. Yang jika dilewati begitu saja, kamu akan menyesal. Sebab, kelezatannya akan membuat lidahmu ketagihan.

Penasaran kan, apa saja makanan khas dari Bondowoso yang terkenal dan akan membuat lidahmu ketagihan?

Inilah 8 makanan khas Bondowoso yang paling populer dan wajib kamu cicipi kelezatannya:

1. Pia Tape Khas Bondowoso

Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@wikaajember

Salah satu makanan khas dari Bondowoso yang populer dan banyak dikenal hampir seluruh daerah yaitu tape. Maka tak heran ada makanan khas lain yang bahan utamanya dibuat dari tape.

Kali ini kamu akan menjumpai olahan tape dalam bentuk pia tape. Pia tape dibuat seperti proses pembuatan pia-pia lain. Namun yang khas adalah rasa tapenya

Kamu bisa menjadikan pia tape sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan tetanggamu. Harganya tak terlalu mahal kok. Hanya sekitar 20 ribu satu kotak saja.

2. Rujak Gobet Khas Bondowoso

Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@grace_graciana

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan berupa rujak gobet. Rujak gobet sendiri tak memakai sayuran atau buah bermacam-macam. Biasanya menggunakan singkong dan ketimun.

Setelah singkong dan ketimun diiris-iris kecil, selanjutnya disiram dengan kuah petis khas Madura. Mantap pedasnya dijamin akan membuatmu ketagihan.

Jika kamu mampir Bondowoso, jangan lupa mencicipi rujak gobet, ya! Harganya hanya dibandrol sekitar 4 ribu rupiah saja kok. Murah, kan?

Baca juga: Makanan Khas Gresik

3. Bakso Gulung Khas Bondowoso

Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@prisnataedo

Tak ada yang bisa memungkiri. Hampir semua orang pernah mencicipi bakso–bahkan menfavoritkannya. Nah, di Bondowoso kamu akan menemukan bakso khas Bondowoso yaitu bakso gulung.

Sesuai namanya, bakso gulung adalah bakso yang dibuat dengan cara digulung-gulung. Di dalam gulungan bakso, kamu akan menemukan telur dadar yang gurih. Unik, bukan?

Nah kalau kamu penasaran, kamu bisa mendatangi Jalan Raya Situbondo. Tepatnya di Bakso Gulung Cak Rusdi. Harga bakso gulung per porsinya hanya 15 ribu rupiah saja.

4. Nasi Bakar Mamong Khas Bondowoso

Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@foiagung

Masih dengan wisata kuliner. Selanjutnya makanan khas Bondowoso yang bisa kamu cicipi kelezatannya yaitu nasi mamong khas Bondowoso.

Mamong sendiri berasal dari Bahasa Madura yaitu bingung. Biasanya nasi mamong disajikan bersama dengan aneka lauk pauk dengan sambal yang super pedas di mulut.

Kamu bisa menemukan nasi mamong di berbagai tempat makan seperti restoran, warung-warung makan maupun para penjaja nasi mamong keliling. Harga satu bungkus nasi mamong murah loh. Hanya sekitar 10 ribu-an saja kamu sudah kenyang.

5. Surma Khas Bondowoso

Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@njajandibondowoso

Jika dilihat sekilas, surma merupakan makanan khas dari Bondowoso yang mirip dengan kebab. Surma dibuat dari bahan cincangan daging, mentimun itis, tomat, sayur dan saus.

Selanjutnya bahan-bahan tersebut dibungkus dengan kulit tepung. Penasaran nggak dengan surma atau swarma ini?

Cusss langsung datangi saja Jalan Raya Situbondo di depan alfamart. Makanan ini cocok untuk oleh-oleh atau teman makan perjalanan kalau lagi lapar.

6. Kopi Blankon Khas Bondowoso

Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@kopi_rempah_bondowoso

Buat kamu para coffe-addict yang ingin mencicipi kopi lain, mungkin kamu bisa mencoba kopi blankon khas Bondowoso. Kalau mampir sini, tak lengkap kalau tak menyeruput kopi blankon.

Kopi blankon sendiri dibuat dengan bahan-bahan tambahan aneka rempah seperti kunyit, serai, jahe, jeruk purut hingga ada penyedap kopinya.

Kamu bisa menemukan kopi blankon di Jalan Brigol Sudarlan No. 266. Tepatnya di Nice Coffee Roastery. Buruan cobain, kuy!

7. Tape Manis Khas Bondowoso

Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@kulinerkalbar

Seperti yang sudah diulas sedikit di poin satu, bahwa makanan khas Bondowoso yang sangat terkenal yaitu tape. Tepatnya tape manis.

Rasanya yang didominasi manis dan lembut di mulut akan membuatmu ketagihan untuk mencicipinya.

Kamu bisa menjadikan tape sebagai oleh-oleh khas Bondowoso untuk kamu bawa pulang. Kamu bisa membagikannya ke tetangga, kerabat dan teman dekatmu.

Lihat juga: Makanan Khas Jombang

8. Suwar-suwir Khas Bondowoso

Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@oleholeh_bondowoso

Seperti halnya pia tape, suwar-suwir juga merupakan makanan khas yang dibuat dari tape manis Bondowoso.

Bentuk dari suwar-suwir persegi panjang dengan aneka warna yang membuatnya lebih menarik. Rasanya yang manis dan legit membuat suwar-suwir juga diminati banyak pelancong yang berkunjung ke Bondowoso.

Kamu bisa menemukan suwar-suwir di berbagai toko yang menjual makanan khas dari Bondowoso. Jangan lupa cobain juga ya!

Demikian beberapa makanan khas Bondowoso yang populer dan terkenal. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR