8 Makanan Khas Boyolali Terenak dan Banyak Diburu

Lagi berlibur di Boyolali? Rasanya kurang lengkap jika tidak menyantap kulinernya, yuk kenali dulu beberapa makanan Khas Boyolali ini.

Ceroboh.com – Boyolali merupakan satu kabupaten di daerah Provinsi Jawa Tengah yang digunakan sebagai jalur utama rute Semarang-Solo. Boyolali juga adalah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali makanan-makanan khas, yang kalau kamu nggak nyoba, kamu bakalan nyesel nanti.

Boyolali tempatnya juga adem loh, anyway. Karena Boyolali berada di daerah yang lebih tinggi dari Semarang. Jadi kalau kamu di semarang merasa kepanasan dan pengen ngadem, kamu bisa pergi ke arah Boyolali atau ke arah Salatiga.

Makanan-makanan khas yang ada di Boyolali sebagian besar memang merupakan menu umum di daerah lain. Tapi karena khas, tentu saja ada perbedaan yang membuatnya menjadi lebih unik dan menarik untuk tak dicicipi jika kamu lewat atau berkunjung ke kota ini.

Inilah 8 makanan khas Boyolali yang paling enak dan banyak diburu wisatawan:

Tahu Susu Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali Terenak dan Banyak Diburu
Tahu Susu – Fotonya @tahususuhq

Kamu tahu nggak sih, kalau Boyolali itu daerah Jawa Tengah yang populer karena produksi susunya yang segar? Susu yang berasal dari Boyolali ini dijamin tiada banding. Rasanya yang segar, gurih dicampur dengan teksturnya yang lembut semakin membuat susunya menjadi semakin creamy dan lezat.

Para peternak susu sapi yang ada di Boyolali selalu menghasilkan kualitas susu yang sangat jos pokoknya.

Selain tahu susu, olahan susu dari Boyolali juga masih banyak loh. Termasuk dodol susu, keju, keripik susu dan masih banyak lagi olahan susu khas Boyolali lainnya.

Baca juga: Makanan khas Blora paling enak

Dodol Susu Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali Terenak dan Banyak Diburu
Dodol Susu Boyolali – Foto @pasundanmilkcaramel

Nah, setelah tahu susu yang sangat unik, sekarang adalah dodol susu. Jika daerah Garut ada dodol garut, maka dodol di daerah Boyolali merupakan dodol yang juga dicampur dengan susu.

Seperti halnya tahu susu, dodol susu juga memiliki rasa yang khas dan unik yang akan membuat lidahmu menari-nari tiada henti. Tunggu apalagi? Ayo coba dodol susu khas Boyolali!

Bebek Goreng khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali Terenak dan Banyak Diburu
Bebek Goreng khas Boyolali – Foto @ayambebeklaos_sibray

Oh, jangan salah dulu, Kawan Ceroboh. Bebek goreng Boyolali merupakan salah satu kuliner khas yang sudah populer di banyak daerah di Indonesia. 

Yang membuat bebek goreng Boyolali menjadi khas dan terasa sangat unik dan lezat adalah dagingnya yang tidak bau, sambalnya yang masih segar, juga memiliki rasa yang gurih tiada banding.

Untuk menemukan bebek goreng enak di Boyolali, kamu bisa berkunjung ke kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan tepatnya di Warung Makan Pak Pinggir.

Tapi tidak perlu khawatir buat kawan yang berada jauh dari kawasan jalan ini. Karena Warung Makan Pak Pinggir memiliki banyak cabang yang berada di sepanjang jalan utama Solo-Semarang.

Tuhkan, nggak cuma Madura aja yang punya bebek goreng yang lezat, kan? Nah loh, tunggu apalagi? Mari coba dan rasakan sendiri sensasi kelezatan tiada bandingnya.

Baca lainnya: Makanan khas Banyumas

Soto Seger Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali Terenak dan Banyak Diburu
Soto Seger Khas Boyolali – Fotonya @ka_ika.cake_

Kalau kamu berkunjung ke Boyolali dan kamu ternyata melewatkan makanan satu ini, dijamin rugi loh. Pasalnya, soto seger ini memiliki rasa yang lezat, gurih dan sangat segar seperti namanya soto seger.

Soto seger memiliki kuah yang cenderung bening tapi kental. Rempah di kuahnya juga sangat terasa sehingga menjadikannya terasa segar dan nikmat.

Jika di daerah lain ada soto yang disajikan bersama ketupat atau lontong, soto ini disajikan bersama dengan nasi ditambah isi seperti suwiran daging ayam, potongan daging sapi, seledri, tauge dan tentunya kuah bening kental yang sangat segar.

Untuk dapat menikmati soto seger, kamu bisa berkunjung ke tempat soto seger paling popular di daerah Boyolali yaitu soto seger haji Fatimah. Kamu bisa menyantap soto seger sebagai sarapan dan akan lebih terasa segar jika dijadikan lunch ketika jam istirahat kerja. Gimana? Penasaran ingin  mencoba, kan?

Jenang Pecel Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali Terenak dan Banyak Diburu
Jenang Pecel – Fotonya @adicoolrider

Jika di daerah k\Kudus terkenal dengan jenang kudus dan Madiun terkenal dengan pecelnya, maka Boyolali terkenal dengan jenang pecelnya. Unik kan, ya? Haha.

Jadi jenang pecel sebenarnya adalah bubur sum-sum yang kemudian disiram dengan sambal pecel. Kamu bisa menemukan jenang pecel di kawasan jalan garuda di daerah pesunggingan.

Untuk satu porsi jenang pecel kamu cukup merogoh kocek hanya sekitar Rp. 10.000,- saja loh. Murah meriah kan? jangan tanya rasanya. Lebih lezat dari yang dibayangkan. Hehehe ….

Rambak Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali Terenak dan Banyak Diburu
Rambak – Fotonya @astycuankie

Rambak merupakan makanan khas Boyolali dengan bahan utama daging sapi yang kemudian dikeringkan lalu dibuat kerupuk. Selain rambak sebenarnya masih banyak olahan dari daging sapi khas Boyolali seperti abon sapi dan dendeng sapi.

Rambak bisa kamu jadikan oleh-oleh yang paling awet dan tidak perlu khawatir basi untuk dibawa pulang karena rambak sifatnya awet dan tahan lama dalam waktu dari harian hingga mingguan. Kamu bisa menemukan rambak di kawasan pertokoan oleh-oleh khas Boyolali yang di sana menjual berbagai jenis olahan dari daging sapi. Jangan lupa beli untuk oleh-oleh, ya!

Marning Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali Terenak dan Banyak Diburu
Marning – Fotonya @kulinerrenyah_borongsay

Marning merupakan camilan makanan ringan yang terbuat dari jagung yang digoreng sampai kering. karena tuntutan konsumen, selain rasa original, maka dibatlah varian rasa lain seperti rasa keju, rasa pedas dan rasa balado serta rasa lain.

Jangan salah, marning khas Boyolali tentu saja memiliki rasa yang unik dari daerah lain. Harganyapun tidak mahal-mahal amat. Sesuai lah, dengan rasanya.

Artikel lainnya: Tempat Kuliner di Sidoarjo

Petis Sapi Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali Terenak dan Banyak Diburu
Fotonya @novanurzana2911

Tahu kan, Boyolali terkenal dengan ternak sapi dan banyak olahan-olahan dari dagng sapi serta susu sapi? Nah, untuk satu ini, daging sapi diolah sebagai petis sapi.

Petis sapi ga kalah lezat dibandingkan dengan petis dari bahan ikan atau udang. Kalau berkunjung ke Boyolali jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Boyolali satu ini ya. Dijamin tidak menyesal.

Itulah 8 makanan khas yang berada di salah satu daerah Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Boyolali. Kalau kamu sedang berkunjung atau inginm mengunjungi Boyolali, kamu bisa sekali menargetkan makanan-makanan khas di atas untuk dijadikan destinasi wisata kuliner serta oleh-oleh khas. Dan semoga menjadi pengetahuan buat kawan-kawan semua!