4 Makanan Khas Brebes Terpopuler dan Lezat

Panas-panas main ke Brebes? Manjakan perutmu dengan merasakan beberapa makanan khas Brebes berikut ini dijamin kelezatannya.

Ceroboh.com – Kabupaten Brebes berada di daerah pantura. Brebes merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di antara yang lain. Dan Kabupaten Brebes merupakan kabupaten yang memakai bahasa jawa ngapak. Hehehe ….

Tahukah kamu bahwa Kabupaten Brebes merupakan kabupaten yang terkenal sebagai penghasil telur asin yang enak? Yups! Orang-orang yang datang ke Brebes tidak jarang banyak sekali yang membawa pulang telur asin sebagai oleh-oleh untuk kerabat maupun sahabat ketika pulang ke tempat asalnya.

Tapi tenang saja. Selain kamu membawa oleh-oleh berupa telur asin dari Brebes, masih ada banyak oleh-oleh lain dan makanan khas yang akan membuat lidahmu menari-nari.

Inilah 4 makanan khas Brebes yang paling populer dan enak rasanya:

Kerupuk Tulang Bandeng Khas Brebes

Kerupuk Tulang Bandeng Khas Brebes
Kerupuk Tulang Bandeng – Fotonya @sate.bandeng

Untuk mencoba makanan khas Brebes, daftar pertama mungkin kamu bisa mencoba kerupuk tulang bandeng. Bagi kalian para penggemar kerupuk, semestinya kamu tidak boleh melewatkan makanan renyah satu ini. Untuk menemukan makanan khas satu ini, kamu bisa mendatangi daerah Bulakamba.

Nah, pertanyaannya, kenapa tulang bandeng dijadikan kerupuk? Karena bandeng termasuk tulang yang tidak banyak memiliki duri. Jadi jika dijadikan kerupuk, pastinya akan terasa renyah dan lezat di lidahmu.

Saya rasa, sebagian besar penduduk Indonesia tidak asing dengan makanan kerupuk ini kan, ya?

Artikel lainnya: Makanan khas Kebumen

Crispy Ikan Serinding Khas Brebes

Ikan serinding merupakan salah satu ikan yang banyak muncul di perairan Brebes dan sekitarnya. Kalau kamu mau tahu apakah itu ikan serinding, sekarang akan kami beritahu.

Bahwa ikan serinding merupakan ikan yang memiliki warna transparan agak keperak-perakan dan bentuknya kecil. Ikan ini juga banyak ditemukan dalam keadaan berkelompok-kelelompok. Ikan serinding habitatnya berada di muara sungai dan mungkin juga mangrove.

Nah untuk oleh-oleh khas Brebes satu ini, ikan serinding diolah menjadi crispy. Pengolahannya pun tidak jauh berbeda dengan crispy-crispy lain. Jadi, ikan ini digoreng bersama dengan bumbu-bumbu khusus krispi sampai kering. Setelah ikannya digoreng sampai kering, kemudian dikemas satu persatu menggunakan plastik lalu diberi label merek dan crispy ikan serinding sudah siap untuk dipasarkan.

Tentu saja rasanya sangat unik dan lezat dan pasti kriuknya mengggoda untuk ingin terus mencoba. Tunggu apalagi? Ayo serbu tempat oleh-pleh satu ini. Jangan sampai kalian melewatkannya, yaaa!

Telur Asin Khas Brebes

Makanan Khas Brebes
Telur Asin Brebes – Fotonya @rafkashop12

Sudah tahu kan, bahwa telur asin merupakan makanan khas Brebes yang sangat populer di seluruh nusantara? Yaps! Telur asin khas Brebes sangat terkenal dengan kelezatannya yang tiada banding.

Telur asin khas Brebes dioalah dengan cara diberi garam banyak. Pemberian garam tersebut bertujuan untuk menonaktifkan enzim-enzim perombak yang terkandung di dalam telur. Nah, setelah enzin perombak itu non-aktif, maka telur tersebut akan menjadi lebih awet dan tahan lama. Bahkan lama waktu bertahan telur asin bisa sampai satu bulan, loh!

Biasanya telur asin berbahan dasar utama dari telur bebek yang cangkangnya berwarna biru. Selain kering tempe atau sambal goreng, makanan awet dan tahan lama lain yang bisa kamu jadikan bekal adalah telur asin ini.

Gimana? Penasaran ingin mencoba telur asin khas Brebes untuk dijadikan oleh-oleh atau kamu santap langsung di sini ketika berkunjung? Tentu kepengin kan? Jangan tanya lagi ringkat kelezatannya, ya. Dijamin pasti lezat tiada banding!

Makanan lainnya: Makanan khas Boyolali

Kerupuk Rumput Laut Khas Brebes

Kerupuk Rumput Laut makanan Khas Brebes
Kerupuk Rumput laut – Fotonya @octavienni

Bisa dikatakan budidaya rumput di daerah kabupaten Brebes termasuk sudah mulai berkembang. Pengolahan krupuk rumput laut pertama-tama rumput laut yang telah diambil dari budidayanya kemudian dicampur dengan tepung tapioka.

Lalu setelah dicampur dengan tepung tapioka, kemudian dibentuk bundar pipih lalu dikeringkan. Setelah kering, kemudian digoreng hingga krenyesss.

Maka jadilah kerupuk rumput laut khas Brebes yang siap dinikmati kelezatannya. Karena permintaan konsumen, kerupuk ini memiliki berbagai varian rasa seperti rasa bandeng presto, rasa keju atau rasa kerang.

Itulah beberapa makanan khas Brebes yang tidak boleh kamu lewatkan ketika kamu berkunjung ke kota Brebes. Semoga bisa menambah wawasan tentang Kota Brebes, ya. Selamat berlibur dan berburu makanan khas di daerah ini!

Lainnya: Makanan khas Banymas