8 Makanan Khas Cianjur Paling Enak Yang Banyak Diburu Wisatawan

Makanan khas Cianjur memang Nyunda banget, ketika kamu mengunjungi Kabupaten Cianjur, saya sarankan untuk menikmati kelezatan makanan berikut.

8 Makanan Khas Cianjur Paling Enak Yang Banyak Diburu Wisatawan

Ceroboh.com – Buat kamu yang tinggal di daerah Jakarta, Bandung, atau mungkin Kota Bogor kamu mungkin tak asing lagi dengan daerah Cianjur.

Nah, kalau kamu sedang melewati daerah Cianjur, tak ada salahnya dong, nyobain salah satu atau beberapa makanan khasnya. Baik berupa kuliner ataupun berupa oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang untuk kerabat di rumah.

Sebab selain Cianjur terkenal dengan banyak wisata yang akan me-refresh otakmu, kota di Jawa Barat ini juga memiliki kekayaan kuliner yang melimpah.

Nah, kira-kira apa saja sih makanan khas Cianjur yang wajib dicicipi?

Berikut ini adalah beberapa makanan khas kota Cianjur yang lezat dan paling terkenal:

1. Roti Popon Khas Cianjur

8 Makanan Khas Cianjur Paling Enak Yang Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@tettysitompul

Makanan khas Kota Cianjur yang pertama harus kamu cobain adalah roti popon khas Cianjur. Pasalnya, roti popon ini adalah roti unik yang hanya bisa ditemukan di daerah Cianjur.

Tentu saja rasanya yang khas dan lembut di lidah tak kalah saing jika dibandingkan dengan roti-roti yang dijual di mall-mall besar.

Variasi rasa yang disediakan roti popon ada variasi rasa pisang dan juga variasi rasa coklat. Jika kamu mampir di Cianjur jangan lupa membeli roti ini untuk teman perjalanan atau untuk oleh-oleh, ya.

2. Laksa Khas Cianjur

8 Makanan Khas Cianjur Paling Enak Yang Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@visitcianjur

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan khas dari Cianjur berupa kuliner laksa. Selain di Banten ternyata Cianjur juga memiliki makanan khas berupa laksa loh. Tentu saja dengan rasa yang khas dan berbeda dengan laksa lain.

Laksa lebih mirip gulai jika dipandang sekilas. Namun tentunya berbeda. Jika kamu penasaran rasa laksa Cianjur, kamu bisa mencobanya jika kamu mampir di kota ini.

Kamu bisa menjumpai laksa Cianjur di Jalan Dewi Sartika tepatnya di Wisata Kuliner Sinar Cianjur. Atau mungkin bisa juga di Jalan Siliwangi tepatnya di Laksa Kang Aam.

Lihat juga: Makanan Khas Sukabumi

3. Tauco Khas Cianjur

8 Makanan Khas Cianjur Paling Enak Yang Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@taucocapmeong

Bisa dikatakan tauco masuk dalam daftar makanan khas cianjur. Jadi kamu akan menyesal jika melewatkan makanan satu ini.

Jika kamu belum tahu, apa itu tauco? Nah, tauco ini semacam bumbu makanan yang dibuat dari bahan utama kedelai yang direbus, lalu dihaluskan bersama dengan tepung terigu. Terakhir, tauco tersebut difermentasi.

Jika kamu tertarik, kamu bisa membeli tauco cap meong yang diproduksi oleh Nyonya Tasma. Konon, Nyonya Tasma sudah memproduksi tauco cap meong sejak 1880 hingga sekarang. Legend sekali, kan?

Lokasinya berada di Jalan Bypass dekat dengan kawasan kampus UNPI.

4. Roti Manis Tan Keng Cu

8 Makanan Khas Cianjur Paling Enak Yang Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@tkc_resto_bakery

Selain roti popon, roti lain dari Cianjur yang tak kalah lezat di mulut yaitu roti manis tan keng cu. Konon, roti manis ini sudah produksi sejak tahun 1926 hingga sekarang. Jadi wajar jika roti tan keng cu menjadi makanan legendaris di daerah Cianjur.

Yang membuatnya masih unik dan khas adalah proses pembuatannya yang masih dengan olahan tradisional. Dalam membakar roti pun masih memanfaatkan batu bara.

Jika kamu sekarang kebetulan sedang melewati Cianjur, kamu bisa membeli roti manis ini untuk oleh-oleh orang rumah. Dijamin ketagihan!

5. Sate Maranggi Cipanas

8 Makanan Khas Cianjur Paling Enak Yang Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@satehajiabad

Makanan khas Cianjur selanjutnya kamu bisa menjumpai sate maranggi Cipanas. Biasanya sate maranggi dijual di penjual lesehan-lesehan. Dan kamu akan menemukannya di tengah malam.

Sate maranggi banyak diburu wisatawan dikarenakan bumbu yang digunakan sangat khas. Yaitu sate dilumuri bumbu bacem yang gurih dan nikmat. Selanjutnya sate dibakar hingga matang.

Kamu hisa menemukan sate Cianjur di dekat pertigaan Cipendawa yang berada di jalan raya Cipanas.

6. Marici Putu Mayang

8 Makanan Khas Cianjur Paling Enak Yang Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@aryretnowati

Berikutnya kamu akan menemukan makanan Cianjur dalam bentuk camilan berupa marici putu mayang. Marici sebenarnya merupakan kependekan dari makanan riangan Cianjur.

Marici putu mayang ini dibuat dari bahan utama tepung terigu yang dibentuk mie. Biasanya marici dinikmati bersama dengan santan dan saus gula. Rasa yang dihasilkan dari marici adalah renyah serta gurih di mulut.

Kamu bisa menemukan marici putu mayang di toko pusat oleh-oleh Cianjur.  Harga dan kualitasnya juga sesuai kok. Biasanya dibandrol sekitar 40 ribu-an.

7. Kentang Stick Khas Cianjur

8 Makanan Khas Cianjur Paling Enak Yang Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@achmat.rosid

Nah, makanan selanjutnya juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh yaitu kentang stick. Rasanya yang lezat dan nikmat akan membuat ketagihan, deh. Jadi tidak heran kalau para pengunjung sering berburu kentang stick.

Kentang stick diolah dengan cara kentang dipotong-potong kecil lalu kentang digoreng. Selanjutnya kentang ditabur bumbu-bumbu khas yang memiliki banyak varian rasa.

 Jangan lupa mampir dan cobain kelezatannya!

Baca juga: Makanan Khas Subang

8. Mochi Khas Cianjur

8 Makanan Khas Cianjur Paling Enak Yang Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@kulinerlimitededition

Terakhir adalah makanan khas Cianjur berupa mochi. Jajanan mochi biasa dijadikan oleh-oleh untuk para pengunjung. Apalagi rasa gurih dan manisnya yang khas. Akan membuat lidahmu ketagihan deh!

Harga mochi juga murah. Hanya sekitar 4 ribu hingga 6 ribu rupiah satu box-nya. Jadi cocok untuk kantongmu. Jangan lupa beli, ya!

Demikian beberapa makanan khas Cianjur  yang populer dan terkenal. Sebagian bisa kamu cobain di tempat sebagai wisata kuliner. Sebagian lain bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk kerabat dan teman dekat. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR