10 Makanan Khas Cilacap Terpopuler dan Enak di Lidah

Apa sih makanan khas Cilacap yang paling enak rasanya? Jika kamu sedang mencari rekomendasi makanan yang enak di Cilacap coba cek list berikut ini!

10 Makanan Khas Cilacap Terpopuler dan Enak di Lidah

CEROBOH – Tahu nggak sih? Selain memiliki banyak sekali wisata-wisata yang menarik, Cilacap juga memiliki bermacam-macam makanan khas yang akan menggoyang lidahmu.

Jadi, tak lengkap rasanya jika kamu berwisata ke Cilacap–atau mungkin lewat saja, akan tetapi tak mampir dan mencicipi kelezatan makanan khasnya.

Lalu, apa saja makanan khas asli Cilacap yang bisa kita rasakan kelezatannya?

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan khas Cilacap yang bisa kamu cicipi:

1. Brekecek Khas Cilacap

Makanan Khas Cilacap Terpopuler dan Enak di Lidah
Instagram/@rmbrekecekpathakjahanmbakwinda

Makanan khas  yang pertama yang bisa kamu cicipi adalah brekecek khas Cilacap. Sebab brekecek sudah menjadi ikon makanan khas dari Cilacap sendiri.

Brekecek merupakan makanan yang terbuat dari ikan, yang kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu rempah khas yang hampir sama dengan rica-rica.

Brekecek dimasak dengan cara dikukus setelah ditaburi dengan bumbu khas tersebut. Jika dicoba, rasa gurih, pedas, manis dan asam akan bercampur menjadi sebuah kelezatan yang tiada banding.

Brek berasal dari Bahasa Jawa yang kurang lebih bermakna jatuh. Dan kecek merupakan bumbu khas yang dicampur pada makanan brekecek itu sendiri.

2. Keripik Sukun Khas Cilacap

Makanan Khas Cilacap Terpopuler dan Enak di Lidah
Instagram/@bmstkripik

Makanan khas Cilacap selanjutnya berupa camilan kerupuk. Karena berupa camilan, kamu bisa sekali membawanya pulang untuk diberikan kepada keluarga dan sana saudara.

Berbeda dengan kerupuk lain, ketipik sukun berbentuk seperti stik. Bentuknya pergi panjang. Kenapa sukun? Karena Cilacap merupakan salah satu wilayah penghasil sukun terbaik.

Untuk rasa jangan ditanya, ya. Kerenyahan yang dipadu rasa gurih dari keripik sukun akan membuat lidahmu ketagihan untuk terus mencicipinya.

Baca juga: Makanan Khas Wonogiri

3. Thempleng Khas Cilacap

Makanan Khas Cilacap Terpopuler dan Enak di Lidah
Instagram/@komukinofest

Masih dengan makanan khas Cilacap berupa camilan ringan. Nama makanan ini adalah thempleng khas Cilacap. Jika di daerah lain, ada yang menyebutkan rempeyek, peyek atau tumpi.

Di Cilacap, thempleng biasa dicampur dengan variasi ikan teri, kacang hijau hingga udang rebon. Kamu bisa menjadikan thempleng sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

Atau mungkin bisa kamu jadikan teman nyemil saat di perjalanan. Buruan cobain!

4. Sate Martawi Khas Cilacap

Makanan Khas Cilacap Terpopuler dan Enak di Lidah
Instagram/@ratnaa_nnana

Selanjutnya kamu Mencicipi makanan khas sate martawi khas Cilacap. Jika kamu berwisata di Cilacap atau sekadar lewat, kamu akan rugi kalau tak mampir daerah Cilacap dulu untuk mencicipi sate ayam martawi.

Memang kuliner satu ini sudah bisa ditemukan di daerah Banyumas dan sekitarnya. Namun, kurang lengkap rasanya jika tak dicoba langsung dari kota asalnya. Satu porsinya sekitar 25 ribu saja, kok. Tak murah juga tak mahal.

Yang membuat sate ayam martawi berbeda dari sate lainnya adalah sate martawi memanfaatkan dua tusuk sate. Bumbunya pun khas dan unik. Jika dilihat sekilas memang agak mirip dengan sate lilit dari Bali. Tapi tetap saja rasa gurihnya berbeda.

5. Menggleng Singkong Cilacap

Kuliner Khas Cilacap Terpopuler dan Enak
Instagram/@stradivariuz_echy

Makanan khas Cilacap berikutnya berupa kudapan berupa singkong yang diberi bumbu. Jika dilihat sekilas sih, mirip singkong balado yang berasal dari Kota Palembang.

Namun tetap tak ada yang bisa menyamai rasa kelezatan khasnya. Biasanya manggleng singkong disajikan dengan banyak varian rasa seperti manis pedas, asin dan juga rasa pedas saja.

Rekomendasi manggleng singkong yang enak bisa kamu temukan di Thoha Snack yang sudah masyhur sejak tahun ’97. Tergugah untuk mencoba kenikmatannya?

Lihat juga: Makanan Khas Semarang

6. Walangan Khas Cilacap

Kuliner Khas Cilacap Terpopuler dan Enak
Instagram/@anekaresepku_

Makanan khas walangan awalnya berasal dari Kroya di Cilacap. Konon, dulu walangan menjadi makanan ringan yang ada di setiap rumah penduduk.

Jika dilihat dari namanya, walangan memang terdengar seperti makanan yang terbuat dari hewan belalang, ya. Tapi ternyata tidak. Walangan hanya penyebutan saja.

Walangan berasal dari bahan utama pisang nangka yang diolah menggunakan tepung yang kemudian digoreng. Kalau rasa, walangan mirip dengan pisang goreng. Tapi ada campuran tepung beras dan terigu yang membuat rasanya khas.

7. Abon Tuna Cilacap

Kuliner Khas Cilacap Terpopuler dan Enak
Instagram/@griyapesisir

Jika di Blora terdapat abon lele, di daerah Cilacap kamu akan menemukan abon yang dibuat dari bahan dasar ikan tuna.

Abon tuna diolah dengan cara dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu rempah sebagai bahan pengawet seperti bawang merah dan sebagainya.

Teksturnya yang halus dengan warna kecoklatan akan membuat lidahmu terbayang dan ingin segera mencicipinya deh. Kamu bisa menjadikan abon tuna sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah

8. Gembus Makanan Khas Cilacap

Kuliner Khas Cilacap Terpopuler dan Enak
Instagram/@namjaravindra

Makanan selanjutnya adalah gembus. Beberapa kalangan menyebutnya dengan Donat Jawa. Ini dikarenakan gembus berbentuk mirip dengan donat.

Biasanya gembus bisa ditemui di pinggir-pinggir jalan saat sore menjelang, di pasar tradisional dan juga di acara-acara besar di desa.

Gembus cocok dinikmati ketika masih hangat ditemani segelas teh hangat. Apalagi jika dinikmati ketika gerimis. Makin mantap pokoknya deh!

9. Tahu Brontak Khas Cilacap

Kuliner Khas Cilacap Terpopuler dan Enak
Instagram/@jawa_landa

Makanan khas Cilacap selanjutnya yang bisa kamu cicipi adalah tahu brontak. Jika dilihat sekilas, tahu brontak mirip dengan tahu pong dari Semarang. Atau tahu susur di Blora. Atau mungkin gehu dari Jawa Barat.

Bedanya adalah jika gehu diisi sayur dengan hanya diiris tengahnya, tahu brontak dikeluarkan isi tahunya dulu baru diisi dengan sayuran.

Biasanya tahu brontak dimakan bersama dengan cabai rawit. Enaknya sih dimakan selagi hangat.

Baca juga: Makanan Khas Pemalang

10. Seafood Pantai Teluk Penyu

Makanan Khas Cilacap Terpopuler dan Enak
Instagram/sumartonopatihan

Makanan terakhir di Cilacap yang mungkin bisa kamu coba adalah seafood Pantai Teluk Penyu. Sebenarnya sih, makanan ini merupakan rumah makan yang ada di Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Deretan rumah makan di sekitaran pantai ini menyajikan berbagai jenis makanan khas dari laut. Dan karena sangat terkenal, tentu rumah makan di sini sangat lezat dan tak kalah rasa dibanding seafood di daerah lain.

Kamu bisa mencoba seafood mulai dari oseng cumi hingga ikan bakar ada semuanya di sini.

Itulah beberapa makanan khas Cilacap yang bisa kamu cicipi ketika mampir di kota satu ini. Kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR