9 Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer

Ada banyak aneka makanan khas Cirebon. Berikut ini adalah 9 kuliner khas Cirebon yang paling populer dan wajib kamu nikmati kelezatannya.

Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer

CEROBOH – Pernahkah kamu berkunjung ke Kota Cirebon? Kalau pernah, makanan khas Kota cirebon apa saja yang pernah kamu cicipi kelezatannya?

Jika pernah berkunjung dan mencicipi makanan Cirebon pasti kamu sudah tak asing lagi dengan makanan berupa nasi jamblang. Sebab nasi jamblang sudah populer ke penjuru Nusantara.

Selain nasi jamblang, ternyata Cirebon masih memiliki banyak sekali kekayaan kuliner yang akan menyesal jika tak dicoba. Harga yang ditawarkan pun terjangkau.

Nah, kira-kira apa saja sih makanan khas Cirebon yang wajib dicicipi?

Berikut ini adalah beberapa makanan khas kota yang dijuluki Kota Udang ini:

1. Empal Gentong Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer
foto instagram/@mbahoen

Makanan khas pertama yang mungkin bisa kamu cicipi kelezatannya yaitu empal gentong. Tahukah kamu, bahwa selain nasi jamblang empal gentong juga termasuk ikon kuliner khas Cirebon, loh.

Dinamakan empal gentong karena empal ini dijual di atas kuali yang terbuat dari tanah liat seperti gentong kecil. Empal gentong sangat nikmat jika dinikmati dalam keadaan panas.

Aromanya yang khas dan sangat menggugah selera akan membuat lidahmu ketagihan deh. Harga empal gentong berkisar antara 17 ribu hingga 20 ribu rupiah. Kalau mampir jangan lupa cobain, ya!

2. Nasi Jamblang Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer
foto instagram/@aboutcirebon.food

Nah, inilah makanan khas Cirebon yang tak boleh kamu lewatkan. Yups! Nasi jamblang merupakan ikon kuliner nomor wahid dari Kota Cirebon. Tak heran jika digemari banyak para wisatawan yang berkunjung.

Nasi jamblang biasanya terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan lauk pauk seperti semacam ikan. Nasi jamblang makin terasa lezat karena disajikan di atas piring yang diberi alas daun jati.

Kamu akan menyesal loh, kalau mampir Cirebon tapi tak nyobain nasi jamblang!

Lihat juga: Makanan Khas Tasik

3. Sate Kalong Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer
foto instagram/@aritriyu

Dalam Bahasa Jawa, kalong berarti kelelawar. Nah, di Cirebon ada makanan bernama sate kalong. Eits! Tapi sate ini bukan berasal dari daging kelelawar ya. Akan tetapi dari daging kerbau.

Nah, dinamakan sate kalong dikarenakan penjualnya biasa muncul di malam hari seperti kalong. Tertarik nggak buat nyobain sate kalong?

4. Mie Koclok Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer
foto instagram/@mimolette_1106

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan khas Cirebon berupa mie koclok. Apa sih, mie koclok? Nah, sesuai dengan namanya mie koclok dibuat dari bahan utama mie.

Jadi, kalau kamu penyukai berat mie, sepertinya kamu wajib buat nyobain mie satu ini. Mie koclok masuk dalam kuliner legendaris khas Cirebon loh. Karena sudah populer sejak tahu 1945.

Miie koclok disajikan bersama dengan irisan telur, toge, suwiran ayam dan juga daun bawang. Yang khas lagi dari mie koclok yaitu makanan ini memiliki kuah yang kental dan putih.

5. Tahu Gejrot Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer
foto instagram/@demialicious

Tahu gejrot merupakan makanan khas yang sudah populer dan terkenal di Nusantara. Kalau kamu mampir ke Cirebon dan bingung mau nyobain kuliner apa, mungkin tahu gejrot adalah pilihan tepat.

Tahu gejrot biasanya disajikan dengan cara tahu diiris-iris kecil. Selanjutnya tahu disiram dengan bumbu ulegan seperti bawang, gula merah dan juga cabai.

Kamu bisa menemukan tahu gejrot di penjual pinggir jalan. Rasanya yang lezat dijamin akan membuat kamu ketagihan.

6. Nasi Lengko Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer
foto instagram/@mimolette_1106

Selain nasi jamblang, ada satu jenis nasi lagi di daerah Cirebon yaitu nasi lengko. Biasanya nasi lengko disajikan bersama dengan tahu dan tempe goreng, taoge yang direbus serta mentimun yang dicacah-cacah.

Selanjutnya nasi beserta lauk tersebut kemudian disiram dengan  bumbu kecap kacang lalu diberi topping bawang goreng dan kucai.

7. Gado-gado Ayam Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer
foto instagram/@mimolette_1106

Memang sih, gado-gado merupakan makanan yang sudah populer dan umum di kalangan masyarakat. Makanan yang sering dijuluki salad Indonesia ini ternyata juga bisa ditemukan di daerah Cirebon dengan keunikannya tersendiri loh!

Jika gado-gado biasanya hanya sayuran yang disiram dengan bumbu kacang, maka gado-gado Cirebon disajikan bersama dengan gulai ayam. Rasanya yang unik dan khas serta memiliki citarasa yang masih tradisional akan membuat lidahmu ketagihan.

Dan jika kamu kebetulan mampir, jangan lupa cobain gado-gado ayam ini di Jalan Kesambi Cirebon. Dijamin nagih beneran!

8. Terasi Cirebon

Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer
foto instagram/@pawoninaa

Beralih ke makanan khas berupa oleh-oleh. Selanjutnya kamu akan menemukan makanan khas berupa terasi Cirebon.

Karena dijuluki Kota Udang, tentunya kekhasan terasi udang Cirebon tak kalah lezat dibanding dengan produk terasi di daerah lain.

Kamu bisa menjadikan terasi udang rebon ini sebagai oleh-oleh khas Cirebon untuk orang-orang rumah atau teman dekat.

Baca juga: Makanan Khas Bondowoso

9. Sate Kentang Cirebon

Makanan Khas Cirebon Paling Maknyus dan Populer
foto instagram/@dapur__sedap

Jika sate biasanya terbuat dari daging ayam atau daging kambing, maka sate di Cirebon berasal dari bahan utama kentang. Bisa dikatakan sate kentang ini merupakan camilan khas Cirebon.

Sate kentang biasanya diolah dengan cara kentang diiris-iris melingkar panjang kemudian digoreng. Namun sebelum digoreng sate dibumbui dengan tepung dan rempah lain yang membuat aroma sate kentang semakin harum dan menggugah selera.

Jangan lupa cobain jajanan Cirebon satu ini ya, kalau mampir!

Demikian beberapa makanan khas Cirebon yang bisa kamu coba kelezatannya. Atau mungkin kamu jadikan oleh-oleh untuk kerabat dan teman dekat. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR