8 Makanan Khas Garut Terpopuler Dan Banyak Diburu Wisatawan

Ketika main di Garut enaknya makan apa ya? Jika bingung, berikut ini saya rekomendasikan makanan khas Garut terpopuler di kalangan Wisatawan.

8 Makanan Khas Garut Terpopuler Dan Banyak Diburu Wisatawan

CEROBOH – Jika kamu mendengar nama Garut, pasti telingamu tak asing lagi dengan sebuah makanan legit nan manis bernama dodol. Namun ternyata tak hanya dodol saja yang menjadi kekhasan Garut.

Jika kamu berkunjung ke Garut dan menyempatkan diri untuk mampir di banyak tempat, kamu akan menemukan berbagai makanan khas yang ada di Garut yang bisa kamu nikmati kelezatannya.

Apalagi kini Garut mulai membuat inovasi-inovasi makanan khas yang dikembangkan menjadi makanan baru. Dan tentunya tetap memiliki citarasa yang khas dan masih kental dengan ketradisionalannya.

Lalu, apa saja kuliner khas Garut apa saja yang akan membuat lidahmu ketagihan?

Berikut ini saya akan mencoba memaparkan beberapa makanan khas Garut yang wajib kamu cobain:

Burayot Khas Garut

Makanan Khas Garut Terpopuler Dan Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@cemilangarutan

Makanan khas pertama yang wajib kamu cicipi yaitu burayot. Nah, burayot ini sejenis kue yang dibuah dari bahan uta.a tepung beras dan gula merah.

Rasa yang dihasilkan dari kue burayot lebih ke manis-manis legit karena kandungan gula merahnya. Nama burayot sendiri sebenarnya diambil dari bentuk kuenya yang bundar keriput.

Kalau kamu suka makanan manis, burayot cocok buat kamu. Nah, kamu bisa menjumpai burayot di daerah Leles, Garut.

Es Goyobod Khas Garut

Makanan Khas Garut Terpopuler Dan Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@nyaikaron

Beralih ke minuman khas yang segar. Nah, di Garut kamu akan menemukan minuman es yang mirip dengan es campur. Bedanya, es campur ditambah dengan tepung kanji.

Akan lebih menyegarkan lagi jika minjman es goyobod khas Garut kamu lahap siang hari ketika udara sedang panas-panasnya.

Nah, jika kamu mampir Garut, jangan lupa untuk mencicipi es goyobod, ya!

Baca juga: Makanan Khas Majalengka

Chocodot Khas Garut

Makanan Khas Garut Terpopuler Dan Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@jauza_hazna

Makanan khas Garut berikutnya kamu bisa mencicipi chocodot khas Garut. Mungkin ada yang masih asing dengan nama makanan ini. Namun ternyata chocodot adalah makanan khas yang dilopori pemuda asli Garut sendiri.

Banyak sekali varian rasa chocodot. Mulai dari kacang, coklat, dodol hingga cabai. Selain rasanya yang mulai modern, kemasan chocodot juga modern dan mudah dibawa kemana-mana.

Nah, jika kamu sedang melewati daerah Garut, jangan lupa sempatkan membeli chocodot untuk oleh-oleh orang rumah, ya!

Dodol Makanan Khas Garut

Makanan Khas Garut Terpopuler Dan Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@daliessiangadi123

Dodol garut tentunya menjadi makanan yang ada di baris pertama dalam daftarmu dong. Sebab, no dodol no Garut kata orang-orang.

Banyak sekali varian dodol. Mulai dari dodol nangka, dodol wijen, dodol durian hinhha dodol kacang. Untuk rekomendasi, kamu bisa mencoba dodol piknik yang bisa kamu temukan di banyak tempat.

Jangan lupa membeli oleh-oleh dodol Garut kalau mampir di Garut, ya.

Nasi Liwet Khas Garut

Makanan Khas Garut Terpopuler Dan Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@assrishofiiyah

Nasi liwet ini memang terdengar tradisional. Namun kini nasi liwet di Garut ada nasi liwet instan. Kamu bahkan bisa membawanya ke mana pun kamu pergi.

Varian dari nasi liwet makanan khas Garut juga bermacam-macam. Misalnya rasa teri, rasa cumi, rasa pete dan masih banyak lagi. Rugi deh, mampir di Garut tapi tak nyobain lezatnya kuliner nasi liwet!

Kripik Moring Khas Garut

Makanan Khas Garut Terpopuler Dan Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@keripikpedasmorangmoreng

Makanan asli Garut selanjutnya kamu bisa menyantap kriuknya kripik moring. Orang-orang kadang juga menyebutnya moring garutan.

Moring sendiri merupakan kependekan dari cimol kering. Moring dibuat dari bahan utama tepung kanji. Nah, jadi cimol ini dibikin keripik supaya lebih awet.

Rasa-rasa yang disediakan pun bermacam-macam. Seperti keju, pedas, baebeque dan masih banyak lagi rasa-rasa lain. Kriuk dan renyah deh, pokoknya!

Ladu Khas Garut

Makanan Khas Garut Terpopuler Dan Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@imni_salimni_garut

Makanan khas Garut selanjutnya kamu bisa nyobain camilan berupa ladu. Ladu dibuat dari bahan utama tepung ketan putih. Biasanya diolaj dengan dipadukan gula aren dan parutan kelapa.

Tekstur yang dimiliki ladu hampir sama dengan dodol. Namun ladu lebih kasar dan keras. Dibandingkan dodol yang kenyal dan lembut.

Kamu bisa menemukan camilan ladu ini di berbagai pusat oleh-oleh Garut yang tersebar di seluruh kota Garut.

Lihat juga: Makanan Khas Indramayu

Jeruk Garut

Makanan Khas Garut Terpopuler Dan Banyak Diburu Wisatawan
foto instagram/@pusatjerukgarut

Terakhir kamu bisa mencoba makanan khas berupa buah. Yaitu jeruk khas Garut. Jeruk Garut diminati banyak wisatawan karena ukurannya besar dan rasanya manis sekali.

Bahkan jeruk Garut menjadi ikon simbol masyarakat Garut. Jadi tak heran, jika jeruk menjadi makanan kebanggaan orang Garut sendiri.

Selain itu, jeruk Garut dijadikan sebagai jenis pertanian yang unggul baik nasional maupun internasional. Kualitasnya yang premium membuat wisatawan selalu mencarinya.

Demikian beberapa makanan khas Garut yang harus kamu cicipi. Jangan lupa cobain satu hingga tiga makanan khasnya, ya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR