Makanan Khas Gianyar Bali Terpopuler dan Enak

Cobain kenikmatan makanan khas Gianyar berikut! Dijamin kamu pasti ketagihan, dan bakal merindukan makanan khas ini saat pulang ke rumah.

ceroboh.com – Tak asing lagi mendengarnya jika Bali merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh ribuan wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara. Pasalnya, Bali merupakan salah satu tempat yang sangat kaya raya. Baik kaya akan budaya, maupun kaya wisatanya. Dan, pastinya kurang lengkap jika tidak membahas makanan khasnya

Gianyar merupakan nama salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Bali. Kabupaten Gianyar terkenal dengan kerajinan ukirnya. Kota Gianyar terletak diantara Kabupaten Denpasar dan Kabupaten Badung.

Berbicara tentang makanan khas Bali, sebenarnya sangat banyak dan beragam. Namun, pada kali ini kita akan lebih fokus membahas makanan khas Gianyar Bali saja. Tidak membahas makanan khas Bali secara luas.

Berdasarkan hasil penelusuran di lapangan, kami menemukan dua makanan khas yang patut dicicipi. Jangan sampai kamu melewatkan kedua makanan ini ketika berkunjung ke Gianyar Bali, ya. Nanti bisa menyesal, lho. Sekarang, mari simak apa saja yang menjadi makanan khas yang bisa kamu jadikan bahan referensi pada ulasan berikut ini.

Berikut ini adalah aneka makanan khas Gianyar Bali yang harus kamu cobain:

Nasi Tepeng Khas Gianyar

Nasi Tepeng Makanan Khas Gianyar Bali
Nasi Tepeng Gianyar

Nasi Tepeng adalah makanan khas Gianyar Bali yang harus kamu cicipi pertama kali saat berkunjung ke kota ini. Kenapa harus dicicipi? Karena Nasi Tepeng merupakan makanan dengan harga yang sangat murah meriah tapi rasanya tidak diragukan—sangat lezat. Cukup dengan mengeluarkan uang senilai Rp 10.000,- perut kamu sudah dibuat kenyang dan puas.

Selain banyak digemari oleh warga sekitar, Nasi Tepeng juga banyak digemari oleh para wisatawan. Tak aneh jika makanan khas Gianyar Bali yang satu ini banyak diminati karena memiliki rasa yang lezat.

Lihat juga: Makanan Khas dari Raja Ampat

Makanan Nasi Tepeng diolah dengan campuran rempah-rempah dan lada, sehingga memiliki rasa pedas yang khas jika dimakan. Nah, supaya lebih mantap lagi ia kemudian dicampur juga dengan sayuran seperti kacang merah, kacang panjang, daun kelor, nangka muda, kelapa dan terong.

Seperti namanya, Nasi Tepeng ini pastinya terbuat dari bahan baku nasi. Namun racikannya yang berbeda menjadikan Nasi Tepeng menciptakan rasa yang baru dan cita rasa dengan kualitas khas. Membuat orang yang menyantapnya menjadi ketagihan.

Ayam Betutu Khas Gianyar

Makanan Khas Gianyar
Ayam Betutu

Makanan khas Gianyar Bali yang berikutnya yang direkomendasikan oleh ceroboh.com adalah Ayam Betutu. Bagi sebagian besar orang, jika mendengar kata Ayam Betutu pasti dipikirannya selalu mengarah pada Kabupaten Gianyar.

Baca juga:Tempat Wisata di Magetan yang Kekinian

Kabupaten Gianyar merupakan kabupaten yang sudah terkenal sebagai penghasil Ayam Betutu terbesar. Dan hanya di Gianyar, Ayam Betutu banyak diproduksi. Namun seiring berkembangnya kuliner dan permintaan, Ayam Betutu sekarang sudah menyebar ke beberapa daerah lain di Provinsi Bali. Bahkan sampai ke luar kota Bali juga sekarang sudah mulai ada.

Meskipun sekarang sudah ada Ayam Betutu di daerah lain, Ayam Betutu khas Gianyar masih belum ada yang mengalahkannya. Jadi ketika berkunjung ke Kota Gianyar, kamu jangan sampai melewatkan makanan khas yang enak ini, yaaa.

Itulah dua makanan khas Gianyar Bali yang sangat kami rekomendasikan. Sebenarnya masih ada beberapa makanan khas lain yang terkenal seperti Bebek Bengil dan Babi Guling. Semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat untuk teman-teman semua yang hendak berkunjung ke Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Lihat juga:Makanan Khas Banten Terfavorit