8 Makanan Khas Gresik Paling Enak dan Wajib Dinikmati

Makanan khas Gresik memang tiada duanya, kamu bisa mencicipi beberapa kuliner khas Gresik yang saya rekomendasikan berikut ini. Dijamin mantul!

Makanan Khas Gresik Paling Enak dan Wajib Dinikmati

Ceroboh.com – Tahukah kamu bahwa Gresik adalah daerah yang terkenal dengan pabrik semen terbesar pertama di negeri Indonesia tercinta ini?

Nah, Gresik merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini sendiri berbatasan langsung dengan Kota Surabaya dan juga Selat Madura.

Dibalik terkenal akan pabrik semen terbesarnya, Gresik ternyata memiliki berbagai macam makanan khas yang menggugah selers. Apalagi sama halnya dengan Jombang, Gresik juga mendapat julukan Kota Santri.

Jadi tak heran jika para pengunjung dari luar kota banyak sekali. Pula, di Gresik terdapat maqom Sunan Gresik, yang bernama asli Syeikh Maulana Malik Ibrahim–yang termasuk satu dari sembilan walisongo.

Nah kamu penasaran kan, apa saja makanan khas dari Gresik yang sangat populer dan diburu banyak wisatawan?

Inilah 8 makanan khas Gresik paling terkenal dan diburu banyak wisatawan yang berkunjung:

1. Jubung Khas Gresik

Makanan Khas Gresik Paling Enak dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@gentikmardjoeni

Makanan khas pertama yang mungkin bisa kamu coba yaitu jubung khas Gresik. Tahukah kamu apa itu jubung? Well, jubung merupakan camilan berat yang dibuat dari bahan ketan hitam, lalu ditaburi dengan wijen.

Sebenarnya kamu bisa menemukan jubung di berbagai kota di Jawa Timur. Namun tentu setiap daerah memiliki makanan khas jubung dengan keunikannya sendiri-sendiri.

Kamu bisa menjadikan jubung sebagai buah tangan buat orang-orang rumah seperti kerabat, tetangga ataupun teman dekatmu.

2. Sego Karak Khas Gresik

Makanan Khas Gresik Paling Enak dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@agsetiawan18

Karak dalam istilah Jawa sendiri berarti nasi sisa yang dikeringkan. Nah, namun di Gresik nasi karak sudah dijadikan makanan khas yang sengaja dibuat dari nasi yang baru–bukan sisa lagi.

Pengolahan nasi karak biasanya nasi yang sudah matang kemudian dikeringkan. Selanjutnya nasi karak diolah bersama dengan ketan hitam.

Nasi karak akan semakin lezat karena ditemani dengan aneka lauk pauk seperti tempe goreng, kerupuk, rempeyek dan lauk lain. Tentu saja nasi karak akan membuatmu ketagihan jika mencicipinya.

Lihat juga: Makanan Khas Jombang

3. Kue Pudak Khas Gresik

Makanan Khas Gresik Paling Enak dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@maktiendailyfood

Mungkin di beberapa daerah, kue pudak terdengar asing di telinga. Namun tahukah kamu bahwa kue ini juga banyak diburu oleh para wisatawan jika mereka mampir di Kota Gresik?

Pudak sendiri dibuat dari bahan dasar tepung beras, ketan serta gula jawa. Namun ada beberapa kue pudak yang dibuat dari tepung sagu. Sehingga orang-orang menyebutnya kue pudak sagu.

Kue pudak sangat cocok dijadikan buat tangan. Harga kue pudak sendiri tak terlalu mahal. Kamu bisa mencicipinya jika mampir Gresik.

4. Sego Rumo Khas Gresik

Makanan Khas Gresik Paling Enak dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@foodhastory

Selain sego karak, ada sego lain yang berasal dari Gresik yaitu segi rumo. Nama rumo diambil dari nama desa tempat sego/nasi ini ditemukan. Yaitu Desa Rumo.

Sego rumo sendiri terdiri dari nasi ataupun lontong yang dipadu dengan bubur udang lezat.

Akan terasa lebih mantap lagi, karena sego rumo disantap dengan ditemani sambal merah, sayur dan juga kriuk krupuk.

5. Otak-otak Bandeng Khas Gresik

Makanan Khas Gresik Paling Enak dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@freshfishjogja

Bandeng juga merupakan kota dengan kekhasan berupa ikan bandeng yang diolah dalam berbagai bentuk makanan. Nah, salah satu olahan khas bandeng dari Gresik yaitu otak-otak Bandeng.

Sama seperti otak-otak pada umumnya, pengolahan otak bandeng juga tak berbeda jauh. Namun bahan yang dibuat yaitu dengan menggunakan ikan bandeng.

Otak-otak bandeng sangat cocok dijadikan oleh-oleh atau teman lauk makan bekal ketika di perjalanan.

6. Martabak Usus Khas Gresik

Makanan Khas Gresik Paling Enak dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@bebekgorengmadinah

Mungkin beberapa dari kamu masih asing (atau mungkin baru pertama kali) mendengar martabak usus. Martabak usus sendiri merupakan martabak yang ada berbagai macam isian.

Di antara isian tersebut yaitu telur, bihun, dan yentunya usus ayam yang sudah diberi bumbu pedas. Biasanya martabak usus dimakan dengan cara dicocol ke petis. Penasaran? Buruan cobain!

7. Bonggolan Khas Gresik

Makanan Khas Gresik Paling Enak dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@bonggolan_cakgendos

Bonggolan merupakan satu jenis makanan khas Gresik yang terbuat dari bahan utama daging ikan. Selanjutnya daging ikan dibalut dengan kanji yang sudah dibumbui rempah pilihan.

Bonggolan kemudian dibentuk bulat memanjang. Jadi tak heran jika jajanan ini banyak diminati para wisatawan. Karena tampilannya yang menarik.

Gurih dan lezatnya bonggolan akan membuatmu ketagihan dan ingin mencicipinya lagi dan lagi!

Baca juga: Makanan Khas Banyuwangi

8. Nasi Krawu Khas Gresik

Makanan Khas Gresik Paling Enak dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@kei_1724

Nah, selain nasi karak dan nasi rumo, di Gresik kamu akan menemukan jenis nasi khas Gresik lain yaitu nasi krawu.

Tentu saja nasi krawu memiliki kekhasan sendiri. Nasi krawu biasanya disajikan bersama dengan suwiran ayam, serondeng, petis dan juga belacan.

Lauk-lauk yang menemani nasi krawu bisa kamu pilih sesuai selera. Ada usus, belut, babat, paru goreng dan masih banyak lagi. Kalau mampir Gresik jangan lupa cobain nasi krawu ya!

Well. Demikian beberapa makanan khas Gresik yang populer dan bikin kamu ketagihan. Jangan lupa cobain kalau mampir Gresik, ya. Selamat berwisata kuliner!

BERI KOMENTAR