8 Makanan Khas Gunungkidul Terpopuler Dan Lezat

Main ke Munung Kidul rasanya kurang lengkap jika tidak berkuliner. Yuk nikmati makanan khas Gunungkidul yang saya rekomendasikan berikut ini.

8 Makanan Khas Gunungkidul Terpopuler Dan Lezat

CEROBOH – Setelah kemarin membahas mengenai makanan-makanan lezat di daerah Bantul, kini beralih ke makanan khas yang ada di daerah Gunungkidul Yogyakarta.

Apakah kamu sudah menikmati pantai-pantai indah di daerah Gunungkidul? Mulai dari Pantai Baron, Sadeng, Indrayanti dan sebagainya. Kalau sudah, kini gantian destinasi kulinernya dong yang dicoba.

Ini dikarenakan, selain pantainya yang eksotis Gunungkidul ternyata juga memiliki kekayaan kuliner. Makanan khasnya yang unik dan menarik, akan membuat lidahmu ingin segera mencicipinya.

Lalu, apa saja sih makanan khas Gunungkidul  yang musti dicicipi?

Berikut ini adalah makanan khas daerah Gunungkidul populer dan wajib dicicipi:

Walang Goreng Khas Gunungkidul

Makanan Khas Gunungkidul Terpopuler Dan Lezat
walanggorenglia

Makanan khas pertama yang harus kamu cicipi ketika berkunjung ke Gunungkidul yaitu walang goreng, atau belalang goreng.

Meski beberapa orang geli dengan mendengarnya saja, namun jika sudah mencoba kamu akan ketagihan rasa khasnya.

Apalagi walang goreng memiliki banyak sekali kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Terutama kandungan proteinnya yang tinggi.

Walang goreng diolah menggunakan bumbu-bumbu rempah yang khas dan spesial. Jadi, rasa gurih dan renyahnya sangat nendang. Harga per toplesnya lumayan mahal. Biasanya dibandrol seharga 30 ribu-an.

Jangan Lombok Ijo Gunungkidul

Makanan Khas Gunungkidul Terpopuler Dan Lezat
endahomemade

Setelah menikmati keindahan dan kesegaran pantai Gunungkidul, tak ada salahnya mengisi perut dengan makanam tradisionalnya.

Mungkin kamu bisa mencoba jangan lombok ijo. Atau sayur cabai hijau.

Sebenarnya jangan lombok ijo ini tak jauh berbeda dengan sayur lombok ijo yang ada di Wonogiri. Namun, tetap saja jangan lombok ijo Gunungkidul memiliki rasa yang khas sendiri.

Apalagi kuah santannya yang gurih. Tentu akan membuat lidahmu ketagihan. Nah, kamu bisa menemukan sayur lombok di warung makan pinggir jalan di sepanjang jalan di daerah Gunungkidul.

Gathot Khas Gunungkidul

Makanan Khas Gunungkidul Terpopuler Dan Lezat
sasrarga

Selanjutnya kamu bisa mencicipi makanan khas Gunungkidul berupa camilan gathot. Jika kamu belum pernah mencobanya, atau mungkin baru mendengar namanya kamu sebaiknya tak melewatkan deh.

Ini dikarenakan gathot dibuat dari singkong yang dikeringkan, kemudian direbus dan ditaburi parutan kelapa dan gula serta sedikit garam. Jangan lupa mencicipinya, ya!

Kamu bisa menemukan gathot di pasar tradisional sekitar Gunungkidul atau di penjaja-penjaja keliling.

Nasi Tiwul Khas Gunungkidul

Makanan Khas Gunungkidul Terpopuler Dan Lezat
godhongjatiyk

Tak beda jauh dengan gathot, tiwul juga dibuat dari bahan utama singkong. Dimana singkong ini dikeringkan yang kemudian disebut dengan gaplek.

Tak salah jika banyak jajanan yang terbuat dari gaplek. Sebab, banyak petani Gunungkidul yang menanam singkong.

Rasa yang dihasilkan tiwul adalah rasa manis yang berasal dari singkong tersebut. Nasi tiwul biasa dimakan ditemani dengan ikan asin atau urap. Kadang juga ditambah dengan telur atau ayam untuk melengkapinya. Buruan yuk cobain!

Lihat juga: Makanan Khas Salatiga

Sego Abang Gunungkidul

Makanan Khas Gunungkidul Terpopuler Dan Lezat
saraswati.bunga

Sego abang atau sego abang jirak merupakan sejenis nasi merah yang diproduksi oleh para petani Gunungkidul. Ini dikarenakan curah hujan di sana rendah dan tanahnya berbatu.

Rasa yang dihasilkan nasi merah lebih gurih daripada nasi putih biasa. Makanan khas Gunungkidul juga cocok untuk kamu yang pingin makan nasi tapi diet nasi. Sebab nasi merah mengandung karbo lebih rendah.

Nasi merah cocok dimakan dengan lauk apa saja kok. Gurih nasinya tetap terasa di lidah.

Oseng Bunga Pepaya

Makanan Khas Gunungkidul Terpopuler Dan Lezat
chalimatunnisa

Makanan khas Gunungkidul berikutnya kamu bisa mencicipi oseng bunga pepaya. Sebab, olahan oseng bunga pepaya Gunungkidul memiliki citarasa yang tak dipunyai daerah lain.

Biasanya bunga pepaya dioseng dengan rempah-rempah khas. Rempah khas inilah yang menghasilkan rasa gurih, sedap dan bercampur pahit yang nikmat.

Biasanya oseng daun pepaya dimakan dengan ditemani nasi hangat dan sambal bawang yang nikmatnya tiada dua.

Sambal Goreng Krecek Gunungkidul

Makanan Khas Gunungkidul Terpopuler dengan Rasa Yang Lezat

Sambal goreng krecek sangat cocok buat kamu pecinta makanan pedas. Mungkin bagi penduduk Jawa Tengah tak aneh lagi dengan sambal ini. Namun daerah lain mungkin belum tahu.

Biasanya sambal krecek dinikmati bersama dengan tempe sebagai pelengkap. Masyarakat Gunungkidul sangat menyukai sambal krecek loh!

Baca juga: Makanan Khas Temanggung

Urap Trancam Gunungkidul

Makanan Khas Gunungkidul

Terakhir kamu bisa mencicipi makanan khas Gunugkidul berupa urap trancam. Urap trancam biasanya diolah dari bahan utama parutan kepala.

Kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu rempah khas yang membuat citarasa urap trancam sangat lezat. Bumbu urap tersebut lalu dicampur dengan sayuran mentah seperti daun kemangi, kacang panjang dan mentimun. Tertarik untuk mencicipinya?

Itulah beberapa makanan khas Gunungkidul yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Jangan lupa untuk mencicipi satu hingga tiga makanan khasnya, ya. Selamat berkuliner di Yogyakarta!

BERI KOMENTAR