9 Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat

Indramayu memang panas. tapi menyantap makanan khas Indramayu yang panas ini pasti bikin ketagihan, yuk nikmati kelezatan rasanya sekarang.

9 Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat

CEROBOH – Indramayu merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang melewati jalur pantura. Sebuah jalur terpadat di Pulau Jawa yang utama.

Tahukah kamu bahwa Indramayu memiliki segudang kuliner yang akan menggugah seleramu? Selain terkenal dengan mangga Indramayu yang segar, ternyata masih banyak makanan-makanan khas lain yang tak kalah lezat.

Jika kamu sedang melakukan perjalanan melewati pantura, sebaiknya kamu tak melewatkan kuliner-kuliner dan oleh-oleh khas yang ada di daerah Majalengka. Nantinya kamu malah rugi sendiri.

Lalu apa saja sih, sebenarnya, makanan khas Indramayu yang mungkin bisa kamu cicipi kelezatannya?

Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa makanan khas asli Indramayu yang mungkin bisa kamu cicipi:

Nasi Lengko Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat
instagram/@dapurnienie

Makanan khas pertama yang bisa kamu coba ketika mampir Indramayu yaitu nasi lengko. Biasanya orang juga menyebutnya dengan sego lengko.

Nasi lengko merupakan nasi putih yang dipadi dengan tahu dan tempe goreng, tauge rebus, bawang goreng dan serta mentimun yang sudah diiris beberapa bagian.

Agar lebih nikmat biasanya beberapa orang menambahkan nasi lengko dengan sayur lombok dan kerupuk. Kamu bisa menjumpai nasi lengko Indramayu khas ini di Warung Nasi Lengko Toang Pindangan.

Pindang Gombyang Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat
instagram/@dapoerduoibun

Selanjutnya kamu sebaiknya juga mencicipi makanan khas berupa pindang gombyang Indramayu. Bahan utama dari pindang gombyang yaitu ikan manyung.

Jika dilihat sekilas sih, pindang gombyang memang mirip dengan gulai pada umumnya. Namun tentu saja berbeda karena yang diolah bukan daging sapi atau daging kambing, namun ikan.

Berbagai paduan rempah-rempah pilihan dan khas membiat kuliner satu ini memiliki banyak rasa. Mulai dari gurih, pedas dan sebagainya.

Apalagi ditambah rasa segar yang berasal dari belimbing wuluh. Mantap deh! Kalau mampir jangan lupa cobain, ya!

Pedesan Enthog Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat
instagram/@tukangjajanid

Masih dengan makanan khas berupa kuliner. Makanan selanjutnya yang bisa kamu cicipi di Indramayu adalah pedesan enthog. Seperti namanya, tentu saja bahan utama yang diolaj adalah daging enthog.

Tekstur dari daging enthog kenyal dan tebal. Olahan rempah-rempah khas dengan banyaknya cabai, membuat pedasnya makanan ini menguar dan akan membuat lidahmu ketagihan.

Jika kamu pagi-pagi mampir di Indramayu, kamu bisa mencicipi pedesan enthog. Dijamin lezat.

Baca juga: Makanan Khas Yogyakarta

Dodol Pelem Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat
instagram/@tawati15

Dodol pelem atau dodol mangga merupakan makanan khas Indramayu yang tentu saja terbuat dsri mangga. Tak salah. Karena Indramayu memang salah satu kota penghasil mangga terbanyak.

Rasa yang dihasilkan dari dodol pelem sangat legit, berpadu dengan rasa asam yang justru bikin segar. Jika kamu mampir di Indramayu, jangan lupa nyobain dodol legit satu ini, ya.

Dijamin rasanya akan membuat lidahmu ketagihan dan ingin terus mencicipinya.

Kue Koci Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat
instagram/@stitchyogurtlemon

Selanjutnya kamu bisa mencicipi makanan khas Indramayu berupa camilan berat yaitu kue koci. Sebagian yang lain menyebutnya kue poci.

Sekilas kue koci ini memang mirip denhan nagasari. Sebab, tak jauh berbeda, koci juga diolah dengan cara dibungkus daun pisang. Dalamnya pun rasanya hampir sama dengan nagasari.

Hanya saja, jika nagasari berbentuk persegi panjang, kue koci berbentuk persegi. Rasa yang dihasilkan dari koci yaitu manis campur gurih dari tepung ketan yang dicampur santan. Dan biasanya koci tak menggunakan isian pisang seperti nagasari.

Burbacek Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat
instagram/@aboutindramayu

Berikutnya kamu bisa mencoba makanan khas Indramayu berupa burbacek. Rasa yang dihasilkan dari burbacek pedas campur gurih dan tiga jenis kuliner. Bubur, rumbah dan cecek (kikil sapi).

Burbacek sendiri merupakan kependekan dari bubur, rumbah dan cecek tersebut. Kamu bisa menemukan burbacek di banyak tempat di Indramayu. Tak sulit deh, menemukan kuliner khas satu ini.

Biasanya masyarakat menyantap burbacek pada siang hari karena terasa mantap dan nikmat.

Bubur Gintir Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat
instagram/@irohiir

Jika kamu perhatikan, makanan khas Indramayu satu ini hampir sama dengan bubur candil. Tapi jika dilihat dari bahannya, tentu berbeda.

Jika bubur gintir dibuat dari bahan utama tepung beras, bubur candil dibuat dari ubi. Pengolahan bubur gintir biasanya tepung beras dicampir dengan air, diaduk hingga kalis dan dibentuk bulat.

Bulatan tepung beras kemudian direbus bersama dengan santan dan gula merah. Kalau kamu kebetulan lewat Indramayu, sebaiknya kamu nyobain deh, makanan khas satu ini. Dijamin seger dan gurih.

Geblog Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat
instagram/@riskadamayanti1

Kue geblog biasa disebut dengan kue gemblong. Meski sudah jarang ditemukan, kue geblog ternyata masih bisa ditemukan di beberapa tempat tertentu di Indramayu.

Makanan Indramayu berupa kudapan berat ini terbuat dari bahan utama singkong. Singkong diolah dengan cara diparut kemudian diperas. Setelah itu dicampur dengan garam, gula merah, gula pasir dan daun pandan.

Setelah itu adonan dibentuk-bentuk menjadi oval, tak lupa diisi dengan gula merah. Terakhir digoreng. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas lezat ini ya!

Lihat juga: Makanan Khas Sleman

Rumbah Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu Paling Populer Dan Lezat
instagram/@febyalinesa

Terakhir kamu bisa mencoba rumah. Makanan khas Indramayu yang merupakan paduan dari rebusan sayuran. Kemudian disiram dengan sambal kacang. Hampir mirip sih, dengan pecel.

Namun, tentu saja agak berbeda. Citarasa yang dihasilkan rumbah juga lebih khas dari pecel atau lotek (di daerah Sunda). Harga rumbah pun terjangkau dan mudah ditemukan di warung pinggir jalan.

Jadi tak perlu khawatir. Jika mampir melewati Indramayu, jangan lewatkan makanan rumbah ini, ya!

Demikian beberapa makanan khas Indramayu yang bisa saya jelaskan. Nah, jika kebetulan kamu melewati Indramayu, jangan lupa untuk mencicipi salah satunya, ya!

BERI KOMENTAR