7 Makanan Khas Jepara Terenak Dan Banyak Dicari Wisatawan

Banyaknya makanan khas jepara kadang bikin bingung para wisatawan. Tapi, pastikan kamu mencicipi salah satu dari makanan berikut ini.

Makanan Khas Jepara Terenak Dan Banyak Dicari Wisatawan

CEROBOH – Halo Berjumpa lagi dengan saya yang tidak akan pernah bosan menyajikan uraian tentang makanan khas dari daerah-daerah di Indonesia yang akan membantumu untuk menjadikannya salah satu referensi ketika kamu berkunjung di kota-kota di Indonesia ketika kamu berlibur.

Dan makanan khas setiap daerah itu tidak hanya satu dua tapi banyak sekali. Nah, untuk lebih jelas dan agar ada gambaran apa saja yang akan dicoba atau dibawa sebagai oleh-oleh untuk sahabat dan keluarga di rumah.

Berikut adalah aneka kuliner khas Jepara yang enak dan wajib kamu cicipi:

Horok-horok Khas Jepara

Makanan Khas Jepara Terenak Dan Banyak Dicari Wisatawan
Horok-horok Lezat

Pertama dan yang utama kamu coba ketika kamu berkunjung ke daerah Kabupaten Jepara adalah horok-horok. Karena makanan satu ini selain unik dan has, ia juga sangat murah meriah karena hanya dipatok harga sekitar seribu sampai dua ribu rupiah perbungkusnya.

Untuk bahannya utamanya, horok-horok dibuat dari tepung yang berasal dari pohon aren. Horok-horok biasanya disajikan dengan beberapa lauk seperti sayur pecel, bakso dan juga kikil.

Oh iya, selain dengan lauk-lauk tersebut, horok-horok juga akan sangat terasa lezat jika disajikan dengan gula pasir dan santan. Wah, terdengar lezat bayanginnya saja, ya!

Nah, jika pengganti nasi di daerah Papua menggunakan pappeda yang terbuat dari sagu, maka horok-horok merupakan makanan khas Jepara pengganti nasi. Sayangnya, makanan satu ini sudah sangat langka dan susah untuk ditemukan kembali seperti zaman dulu.

Bakso Bambu Runcing Khas Jepara

Makanan Khas Jepara Terenak Dan Banyak Dicari Wisatawan
Bakso Bambu Runcing Yang Unik

Penasaran nggak kenapa disebut sebagai bakso bambu runcing? Apakah karena disajikan di atas bambu runcing? Atau, apakah disajikan bersamaan dengan bambu runcing? Nope. Haha.

Disebut bakso bambu runcing karena bentuk baksonya dibuat dalam bentuk bambu runcing yang tengahnya bolong. Nah, isi dari tengah baksonya itu adalah bakso kecil-kecil yang dicampur dengan irisan wortel serta daging yang dicincang-cincang kecil. Pokoknya varian baru dalam dunia perbaksoan, deh!

Yang membuat kuliner khas satu ini semakin unik, cuka yang biasa dipake untuk bakso, diganti dengan irisan mentimun atau anggur.

Untuk bisa menikmati kelezatan bakso bambu runcing, kamu bisa mendatangi kawasan Pasar Ngabul tepatnya di Kedai Jegluk. Untuk harga, sesuai lah ya, dengan rasa dan penyajiannya. Buruan cicipi kuliner Jepara satu ini sebelum menyesal, ya!

Baca juga : Makanan Khas Bengkulu

Adon-adon Coro Khas Jepara

Makanan Khas Jepara Terenak Dan Banyak Dicari Wisatawan

Adon-adon coro sebenarnya merupakan jamu tradisional khas Jepara. Untuk bahan-bahannya, adon coro dibuat dari cengkeh, lengkuas, daun pandan, kayu manis, serta merica bubuk.  Setelah semuanya dicampur, maka disiramlah rempah tersebut dengan santan segar yang baru diperas, gula merah, kemudian jahe dan air.

Karena ada jahenya, rasa ditenggorokan pasti sangat hangat dan tentu saja enak diminum ketika cuaca sedang dingin atau hujan-hujan.

Singit Khas Jepara

Nah, makanan khas Jepara satu ini dibuat dari bahan utama berupa daging sapi. Untuk bumbunya, singit menggunakan bumbu antara lain bawang merah, bawang putih, cabe merah, garam juga kecap manis dan gula merah secukupnya.

Untuk memasaknya, singit sebaiknya dimasak dalam keadaan api kompor yang sedang supaya hasilnya perfect. Biasanya sih, makanan ini dimasak ketika hari raya dan acara lain seperti nikahan dan sunatan.

Tapi tidak perlu khawatir. Karena warung makan di Jepara juga menyediakan makanan satu ini untuk disantap kelezatannya!

Lihat juga : Makanan Khas Kebumen

Pindang Serani Khas Jepara

Makanan Khas Jepara Terenak Dan Banyak Dicari Wisatawan
Pindang Serani Disajikan Di Mangkuk

Jika singit terbuat dari daging sapi, maka pindang serani terbuat dari bahan utama ikan laut atau ikan air tawar yang dibudidaya, seperti ikan bandeng, kakap, kerapu, mujair, patin dan ikan nila yang kemudian direbus.

Nah, apa yang membuat khas makanan satu ini? Adalah serani. Sebuah bumbu rahasia yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja. Bumbu serani akan membuat pindang serani menjadi terasa lezat dengan perpaduan rasa antara pedas, asam dan manis yang bersamaan.

Ikan serani cocok dimakan bersama dengan nasi yang hangat, sambal serta lalapan dan disantap pada siang hari karena kuah serani akan membuat tubuhmu terasa segar.

Sup Udang Jepara

Makanan Khas Jepara Terenak Dan Banyak Dicari Wisatawan
Sup Udang Lezat Khas Jepara

Awal dari terciptanya resep sup udang dikarenakan pesisir pantai daerah Jepara menghasilkan banyak sekali udang. Maka, jadilah resep sup yang sangat khas dari daerah Jepara yaitu sup udang. Karena biasanya sup itu terbuat dari daging ayam, kan?

Kelezatan khas dari sup udang adalah kuahnya yang terbuat dari kaldu udang yang akan membuat lidahmu menari-nari, deh. Jangan lewatkan makanan khas satu ini, ya, gaes!

Baca juga : Makanan Khas Karanganyar

Moto Belong Khas Jepara

Makanan Khas Jepara Terenak Dan Banyak Dicari Wisatawan
Moto Belong Makanan Khas Jepara

Bahan dasar dalam pembuatan moto belong antara lain singkong, garam, gula pasir, kelapa muda, pisang dan vanili serta pewarna makanan. Selain moto belong, sebutan lain dari makanan tradisional khas Jepara satu ini adalah boto blong.

Secara bahasa, moto berarti mata dan belong berarti melotot. Maka, makanan satu ini dinamakan moto belong dikarenakan bentuknya yang sangat mirip dengan mata—yang sedang melotot. Kamu bisa menjumpai moto belong di pasar tradisional yang ada di Jepara.

Selain makanan khas Jepara di atas, beberapa makanan khas Jepara lainnya yang ada di daerah ini yaitu:

  • Kuluban khas Jepara
  • Blenyik khas Jepara
  • Lontong krubyuk
  • Opor panggang khas Jepara
  • Bakso ikan ekor kuning
  • Sambal samtis khas Jepara
  • Bongko mento
  • Bontosan khas Jepara

Nah, kamu bisa mencicipi satu atau beberapa makanan khas yang ada di Jepara yang telah saya jelaskan di atas. Jangan lupa cicipi kalau mampir di Jepara, ya. Semoga membantu memberikan pengetahuan tentang makanan khas Jepara yang dicari wisatawan. Semoga bermanfaat!

BERI KOMENTAR