8 Makanan Khas Jombang Terpopuler dan Wajib Dicicipi

Jangan lupa mencicipi makanan khas Jombang, dijamin bakal nyesel jika tidak menikmati kuliner Jombang yang saya rekomendasikan berikut ini

8 Makanan Khas Jombang Terpopuler dan Wajib Dicicipi

Ceroboh.com – Buat para santri Nahdliyin, pasti tak asing lagi dengan kota satu ini, yaitu Kota Jombang. Bahkan Jombang sendiri memiliki julukan sebagai Kota Santri.

Namun, selain terkenal dengan kesantriannya, Jombang ternyata juga memiliki bermacam-macam makanan khas.

Baik berupa oleh-oleh untuk orang-orang di rumah, ataupun berupa wisata kuliner yang akan kelezatannya bikin ketagihan.

Jika kamu singgah di Kota Jombang, tak ada salahnya dong nyobain beberapa makanan khas yang populer dan terkenal dengan kelezatannya.

Penasaran kan, apa saja makanan khas dari Jombang yang terkenal dan akan membuat lidahmu ketagihan?

Yuk ah, langsung cusss berikut ini 8 makanan khas Jombang yang wajib kamu cicipi kelezatannya:

1. Tahu Pong Khas Jombang

8 Makanan Khas Jombang Terpopuler dan Wajib Dicicipi
foto instagram/@daster_mukena_naya

Makanan pertama ini berupa oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Atau mungkin bisa kamu jadikan teman perjalanan. Tak lengkap rasanya jika pergi ke Jombang namun tak membeli tahu pong.

Tahu pong akan semakin nikmat dan mantap jika disantap bersama dengan cabai rawit yang pedasnya nampol.

Rasa gurih tahu pong akan membuat lidahmu ketagihan untuk terus mencicipinya lagi dan lagi. Kalau mampir Jombang jangan lupa beli tahu pong, ya!

2. Sop Buntut Bakar Jombang

8 Makanan Khas Jombang Terpopuler dan Wajib Dicicipi
foto instagram/@bakoelkemangi

Berikutnya kamu akan menemukan makanan khas berupa kuliner berkuah. Yaitu sop buntut bakar. Sop ini cocok sekali disantap ketika siang hari.

Nah, rekomendasi sop buntut bakar yang legendaris dan tak diragukan lagi kelezatannya yaitu Sop Buntut Bakar Bu Henny di kawasan Jalan Jenderal Gatot Subroto No. 45.

Penasaran dengan kesegaran sekaligus gurihnya sop buntut bakar kan? Hayuk buruan cicipi!

Lihat juga: Makanan Khas Banyuwangi

3. Onde-onde Kacang Merah

8 Makanan Khas Jombang Terpopuler dan Wajib Dicicipi
foto instagram/@bintangindocuisine

Kembali ke makanan khas berupa camilan berat. Yaitu onde-onde kacang merah. Jika dilihat sekilas, makanan ini memang mirip onde-onde seperti biasanya.

Namun jika kamu sudah mencicipinya, tentu kamu akan merasakan perbedaannya. Apalagi isian yang digunakan bukan isian pada umumnya. Namun memakai isian kacang merah.

Onde-onde kacang merah bisa menjadi rekomendasi untuk dijadikan oleh-oleh buat orang-orang dirumah, loh. Jadi, jangan lupa mampir sebelum menyesal.

4. Sate Ringin Contong Jombang

8 Makanan Khas Jombang Terpopuler dan Wajib Dicicipi
foto instagram/@jombangfoodies

Sate ringin dibuat dari bahan utama daging kambing. Yang membedakan sate ringin dengan sate lainnya yaitu bumbu yang digunakan merupakan bumbu dengan resep spesial yang khas.

Kamu bisa mencicipi sate ringin contong di Sate Gule Ringin Contong Pak Slamet yang berada di kawasan food court Ring Conthong di Jalan KH. Wahid Hasyim.

Harganya yang masih terjangkau menjadikan sate ringin digemari para pelancong yang berkunjung ke Jombang.

5. Nasi Kikil Khas Jombang

8 Makanan Khas Jombang Terpopuler dan Wajib Dicicipi
foto instagram/@jombangfoodies

Selain sate ringin ataupun sop buntut bakar, kamu bisa mencoba kuliner lain dari Jombang yaitu nasi kikil. Kikil sendiri merupakan bagian dari kulit sapi atau kerbau.

Proses memasaknya yang lama membuat kikil ini menjadi empuk, gurih dan kelezatannya akan membuatmu nagih. Biasanya kikil dimasak dengan cara dicampur santan.

Nasi kikil juga akan semakin mantap jika dilengkapi dengan orek tempe atau orek tahu. Penasaran? Jangan lupa nikmati nasi kikil kalau mampir Jombang!

6. Ketan Merdeka Khas Jombang

8 Makanan Khas Jombang Terpopuler dan Wajib Dicicipi
foto instagram/@yuk_kuliner_

Pernahkah kamu mengkonsumsi ketan? Sebagian dari kalian pasti tak asing lagi kan dengan makanan berupa ketan ini?

Nah, di Jombang terdapat makanan khas Jombang berupa ketan merdeka. Ketan merdeka sendiri memiliki aneka jenis bahan. Mulai dari ketan hitam, ketan putih dan masih banyak lagi.

Kalau penasaran kamu bisa mencobanya. Ketika pagi hari sekitar jam tujuh penjual ketan merdeka sudah mangkal dan cepat habisnya.

7. Kue Jenang Kupas Jombang

8 Makanan Khas Jombang Terpopuler dan Wajib Dicicipi
foto instagram/@cindutya

Kue jenang kupas juga bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk kerabat dan tetangga di rumah. Teksturnya yang lembut membuat rasa kue je ang semakin legit dan manis di mulut.

Kamu bisa mendapatkan kue jenang kupas di pasar-pasar tradisional yang ada di Jombang. Harganya terjangkau kok. Jadi tak perlu khawatir harus merogoh kocek dalam-dalam.

Baca juga: Makanan Khas Bangkalan

8. Pecel Rengkek Khas Jombang

8 Makanan Khas Jombang Terpopuler dan Wajib Dicicipi
foto instagram/@gunkuarve

Pecel rengkek sebenarnya pecel yang tak jauh berbeda dengan pecel lain. Namun yang membuat berbeda adalah wadah yang digunakan berupa daun pisang.

Pecel rengkek sangat nikmat jika dijadikan menu sarapan pagi ditemani nasi hangat yang membuatnya semakin mantap. Untuk lauk biasanya peyek kacang menjadi teman pecel yang lezat.

Nah, demikian beberapa makanan khas Jombang  yang akan bikin menyesal jika tak mencicipinya. Jadi, jangan sampai menyesal, ya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR