Makanan Khas Karanganyar Terbaik dan Paling Populer

Berburu makanan nggak akan ada abisnya, apalagi kalo kamu sedang berada di Karanganyar, pastikan menikmati kelezatan makanan khas Karanganyar berikut.

Makanan Khas Karanganyar Terbaik dan Paling Populer

Ceroboh.com – Kita tentu tahu bahwa Indonesia itu kaya sekali akan makanan khas daerah. Apalagi Indonesia luas banget. Tentu makanan khas yang ada di setiap daerah sampai tidak terhitung saking banyaknya.

Salah satu makanan khas yang populer dan banyak sekali dicari wisatawan ada di daerah Karanganyar. Sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Selain melimpah destinasi wisata di daerah kabupaten satu ini, di Karanganyar juga melimpah sekali loh, makanan-makanan khasnya.

Dan kamu akan banyak ruginya jika kamu berkunjung di Kabupaten Karanganyar jika tidak mencicipi satu atau lebih makanan khas yang ada. Tidak cuma dicicipi, makanan khas Karanganyar juga bisa banget dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga atau teman dekat yang ada di daerah kamu berasal.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Karanganyar paling populer, kamu bisa mencicipi kelezatannya:

Sate Kelinci Khas Karanganyar

Makanan Khas Karanganyar Terbaik dan Paling Populer
Sajian Sate Kelinci Karanganyar

Jika daerah Blora terkenal dengan sate ayam dan daerah Madura terkenal dengan sate kambingnya, maka Kabupaten Karanganyar terkenal dengan sate kelinci. Tentu saja sate yang berasal dari daging kelinci ini sangat terasa lezat dan empuk—tidak kalah jauh dibanding dengan kelezatan sate kambing dan sate ayam.

Sate kelinci termasuk salah satu makanan tradisional yang khas di daerah satu ini. Tidak perlu cemas, untuk menjumpai sate kelinci kamu bisa menemukan dengan mudah karena sate kelinci telah tersedia di banyak tempat daerah Karanganyar. Tapi yang paling trend dan populer, kamu bisa menjumpainya di lereng Gunung Lawu.

Kenapa tersedia di lereng Gunung Lawu? Karena sate kelinci jika dimakan akan membuat badan kita seketika terasa hangat oleh sebab dinginnya lereng Gunung Lawu yang membuat badan menggigil. Tenang, sate kelinci akan menghangatkannya.

Timus Makanan Khas Karanganyar

Makanan Khas Karanganyar Terbaik dan Paling Populer
Timus Khas Kabupaten Karanganyar

Timus, ya. Bukan timun. Hehehe. Timus merupakan makanan khas Karanganyar yang terbuat dari ubi atau orang Jawa biasa menyebutnya ketela rambat.

Timus berbentuk bulat lonjong. Timus diolah dengan cara ubi direbut hingga medok. Kemudian setelah medok, timus dicampur dengan gula dan tepung terigu lalu dibentuk dengan bentuk bulat lonjong.

Lainnya : Makanan Khas Kelaten

Setelah dibentuk-bentuk, digorenglah timus dalam keadaan api yang sedang. tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Rasa yang dihasilkankan dari timus tidak mengecewakan. Sangat terasa kelezatan dan kekhasan serta keunikannya, gaes.

Nah, penasaran kan? Jika kamu penasaran, segera saja kunjungi toko oleh-oleh yang ada di berbagai kawasan di Karanganyar. Harganyapun terjangkau. Cepat buru sebelum menyesal dan pulang tidak membawa oleh-oleh ya, gaes. Hehehe.

Grubi Khas Karanganyar

Makanan Khas Karanganyar Terbaik dan Paling Populer
Grubi Disajikan Menarik

Ketika kamu berkunjung ke Kabupaten Karanganyar akan tetapi tidak mencicipi makanan khas tradisional daerah satu ini, kamu akan menyesal loh. Sebab apa? Sebab makanan satu ini sangat khas dan unik. Namanya adalah grubi.

Tidak jauh berbeda dengan timus, grubi merupakan satu makanan tradisinal khas Karanganyar yang bahan utamanya juga terbuat dari ubi/ketela rambat yang dicampur dengan gula jawa serta kepala parut.

Tidak sulit kok, untuk mengolah makanan satu ini menjadi satu camilan khas yang siap santap. Pertama, kamu parut ketela juga parut kelapa.

Setelah keduanya diparut, campur tiga bahan tersebut sampai semua merata satu sama lain. Buatlah bentuk bulat-bulat lalu goreng dengan api kompor yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Kamu bisa menjadikannya oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga di rumah sebagai oleh-oleh tradisional khas Karanganyar. Tidak sulit juga untuk menemukannya. Jika kamu menemukan toko oleh-oleh khas Karanganyar, datangi saja toko itu dan belilah grupi dan bawa pulang, deh. Hehehe.

Artikel lainnya : Makanan Khas Rembang

Balung Kethek Super Dari Karanganyar

Makanan Khas Karanganyar Terbaik dan Paling Populer
Balung Kethek

Perlu diketahui makanan khas Karanganyar satu ini bukan merupakan tulang monyet beneran, ya. Kalau di daerah Blora sih, disebutnya tatak kriyak. Hehehe. Disebut balung kethek mungkin dikarenakan mirip dengan tulang monyet kali, ya. Tapi sebenarnya bahan utamanya tuh terbuat dari ketela pohon.

Untuk pembuatannya cukup panjang. Pertama rebus dulu singkong-singkong yang telah dibersihkan. Kemudian setelah matang, potong-potong singkong tersebut menjadi bentuk persegi panjang yang kecil-kecil.

Setelah dipotong-potong, keringkan/jemur irisan ketela tersebut hingga benar-benar kering. setelah benar-benar kering, barulah irisan ketela digoreng.

Awalnya rasa dari balung kethek ini hanya rasa original yang berasal dari gula jawa. Tapi karena permintaan konsumen, kemudian dibuatlah berbagai varian rasa seperti rasa manis, rasa gurih, rasa pedas dan rasa –rasa lezat dan khas lainnya.

Kamu bisa menemukan balung kethek super di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di Karanganyar. Jangan lupa membawa oleh-oleh balung kethek super kalau kamu berkunjung ke kota ini. Dijamin tidak akan menyesal, deh!

Baca juga: Makanan Khas Berebes

Nah, itulah empat makanan khas tradisional yang berasal dari Karanganyar. Kamu bisa membawa salah satu dari beberapa makanan khas versi ceroboh.com yang direkomendasikan. Selamat berlibur dan selamat menikmati makanannya!

Semoga uraian ini bisa memberikan pencerahan untuk menambah pengetahuan tentang makanan khas tradisinal Karanganyar, yang wisatawan banyak nyari. Selamat berkuliner dan berlibur, ya!