10 Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler

Makanan khas Kebumen yang mana lagi yang kamu dustakan? Pastikan wisatawan yang baru berkunjung ke kota ini merasakan kelezatan kulinernya.

10 Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler

CEROBOH – Apakah kamu ada rencana untuk liburan di daerah Jawa Tengah? Jika kamu memang berencana berlibur di Jawa Tengah dan bingung kamu mau ke kota mana.

Kamu bisa mengunjungi salah satu kota yang selain kaya akan destinasi wisatanya. Kamu juga akan dimanjakan dengan wisata kuliner dan makanan khas yang sangat menggoda.

Kota yang saya maksud adalah salah satu kota berbahasa ngapak yaitu Kota Kebumen. Seperti yang kami sebutkan di atas, Kota Kebumen ini terkenal dengan kota sejuta wisata, loh! Tapi jangan salah.

Kali ini saya juga akan menyajikan beberapa makanan khas yang tidak boleh kamu lewatkan ketika kamu berkunjung ke kota satu ini.

Sudah mulai bertanya-tanya dan penasaran? Langsung saja berikut adalah 10 makanan khas yang wajib kamu coba di Kota Kebumen.

Kethek Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler
Kethek – Fotonya @roso.kampung

Dalam Bahasa Jawa, kethek artinya adalah kera. Tapi kalau di daerah Kebumen, kethek juga merupakan makanan khas. Memang terdengar lucu sih, ya. Tapi rasanya sangat khas dan sangat direkomendasikan untuk tidak dilewati.

Cara membuat kethek sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Pertama racik dulu bumbu-bumbu pilihan, di antaranya adalah bawang putih, capai, lengkuas, kencur, beri daun salam dan garam secukupnya.

Nanti racikan bumbu tesebut akan dicampur dengan bahan utamanya yaitu ampas yang berasal dari kelapa yang diperas untuk dijadikan minyak goreng—orang-orang daerah sana biasa menyebutnya dengan sebutan blondo.

Nah, untuk membuat kesan tradisionalnya tetap kental, kemudian kethek dibungkus dengan daun pisang yang masih segar. Kamu bisa menjumpai kethek di daerah Cinere, Karanganyar dengan harga yang terjangkau yaitu hanya 20 ribu-25 ribu perkilogramnya saja.

Yakin tidak ingin mencoba makanan khas yang unik satu ini? Ayo cobain!

Lihat juga: Makanan khas Bengkulu

Sate Ambal Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler
Sate Ambal – Fotonya @iptrumann

Sate ambal termasuk sate unik yang ada di Indonesia. Di daerah Kebumen kamu bisa menemukannya di kawasan Jalan Deandels Ambal, tepatnya di Warung Sate Pak Kasman.

Yang membuat sate ambal unik adalah sambal yang disiramkan ke satenya terbuat dari jahe, sambal tempe  dan beraneka bumbu pilihan yang membuatnya semakin terasa khas di lidah. Apalagi cara pembakarannya yang berbeda yang membuat tekstur dagingnya terasa lembut dan mantap di mulut.

Untuk bisa nemikmati kelezatan sate ambal, kamu cukup merogoh kocek sebesar 34 ribu untuk satu porsi. Satenya berisi sekitar 10 tusuk sate. Di mana? Mau nyoba? Penasaran, kan?

Lanting Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler
Lanting – Fotonya @aredheiadi

Kalau kalian pertama mendengar lanting pasti ini sudah ada di banyak daerah di Indonesia dan lingkungan sekitarmu. Tapi tentu saja namanya makanan  khas, maka setiap daerah juga memiliki kekhasan lanting yang berbeda satu sama lain.

Makanya, jika kamu berkunjung di daerah Kebumen, jangan sampai melewatkan lanting khas kota ini karena sangat sayang kalau tidak dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya, lanting di daerah Kebumen bentuknya tidak jauh berbeda dengan daerah lain. Seperti angka delapan. Bahan utamanya terbuat dari singkong yang dicampur dengan bumbu pilihan.

Untuk rasa-rasa lanting, sudah sangat bervarian mengingat permintaan konsumen yang naik. Varian rasanya antara lain rasa jagung bakar, bawang goreng, original, keju manis serta rasa balado yang kelezatannya tiada banding.

Oh iya, untuk bisa menjumpai lanting khas Kebumen, kamu bisa berkunjung ke daerah kawasan Lemahduwur, Kuwarasan tepatnya di Pusat Oleh-oleh Lanting Bumbu Cahaya dengan harga terjangkau yaitu sebesar 9 ribu – 12 ribu rupiah saja perkilogramnya.

Tergantung rasa apa yang kamu beli. Ayo buruan diserbu dan bawa pulang untuk oleh-oleh!

Baca juga: Tempat wisata di Raja Ampat

Yutuk Goreng Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler
Yutuk Goreng – Fotonya @hermayu

Kamu tahu hewan yutuk? Kalau tidak tahu, yutuk memilki bentuk yang mirip dengan undur-undur yang nantinya bakal diolah menjadi rempeyek dan bakwan. Nah, yutuk  ini merupakan  satu hewan laut yang hidup di pesisir pantai-pantai pasir yang ada di daerah Kebumen.

Kamu tidak perlu khawatir. Soal harga, yutuk ini sangat murah meriah. Kamun tinggal kunjungi saja daerah kawasan Pantai Petanahan. Dengan hanya patokan harga sebesar 1000 rupiah per bijinya, kamu sudah bisa menikmati renyahnya yutuk goreng.

Tunggu apalagi? Ayo beli sekarang dan jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Jipang Kacang

Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler
Jipang Goreng – @yaanneri

Makanan khas Kebumen satu ini terbuat dari bahan-bahan dasar yaitu minyak sayur, gula jawa yang kemudian dicampur dengan kacang juga.

Rasanya yang manis, legit dan khas akan membuat dirimu menyesal jika kamu melewatkan begitu saja. Apalagi sensasi lengket dari gula jawanya ketika digigit akan membuatnya menjadi terasa sangat menggoda untuk dicicipi.

Jipang kacang bisa kamu jumpai di daerah Kalijirejek dengan harga 6500 rupiah saja perbungkusnya. Murah, kan? Jangan lewatkan makanan legit ini ya, Gaes.

Soto Tawanwinangun Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler
Soto Tawanwinangun – Fotonya @yuni_red_white

Nah, setelah makanan khas berupa oleh-oleh, sekarang akan membahas tentang makanan khas berupa kuliner. Dan apa kuliner tersebut? Yaps! Soto.

Nama tepatnya adalah soto tamanwinangun. Yang membuat soto ini khas adalah dagingnya tidak terbuat dari daging ayam atau daging sapi tapi menggunakan daging itik  atau daging entok.

Disebut soto tamanwinangun dikarenakan soto ini berasal dari daerah Tamanwinangun, Kebumen.

Untuk bisa menemukan soto dengan rasa lezat tiada banding ini, kamu bisa berkunjung di daerah kawasan Jalan Pemuda di Pasarsari tepatnya di Warung Soto Entok Darsum. Jangan cemas dengan harganya.

Cukup terjangkau, kok. Hanya sekitar 8 ribu – 10 ribu saja kamu sudah bisa menikmati makanan khas Kebumen satu ini. Yakin tidak ingin mencoba?

Sale Pisang Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler
Fotonya @eka183

Salepisang mungkin sudah tidak asing lagi. Selain kebumen sale pisang mudah ditemukan di berbagai Kota di Indonesia ini

Namun ketika berkunjung ke Kebumen, jangan lupa untuk membeli sale pisang. Sale pisang ini bisa dijadikan buah tangan setelah berwisata di kebumen.

Sale pisang dari Kebumen memiliki rasa yang khas. Jadi, tentu berbeda dengan sale pisang pada umumnya.

Nasi Penggel Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler
Fotonya @bangzaky08

Nasi penggel merupakan makanan khas Kebumen yang tidak boleh dilewatkan. Kamu bisa menikmati Nasi Penggel sebagai menu sarapan pagi.

Biasanya, pedagang Nasi Penggel buka dari jam 05.00 sampai jam 08.00. Karena rasanya yang lezat, jadi masih pagi biasanya sudah habis. Makanya, kalo ingin menikmati makanan khas yang satu ini bangun pagi-pagi ya.

Kamu bisa menemui pedagang Nasi Penggel di pinggiran jalan di Kebumen.

Soto Ayam Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler
Fotonya @infokulinerkebumen

Tak kalah enak dengan soto khas daerah lain. Soto ayam khas Kebumen memiliki rasa yang khas.

Ketika berkunjung ke Kebumen, jangan lupa mencicipi makanan yang lezat ini. Mayan, nambahin list aneka soto khas Nusantara tercinta.

Baca juga: Makanan khas Boyolali

Golak Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Terlezat dan Terpopuler
Fotonya @carimakankebumen

Golak merupakan makanan khas Kebumen yang bahan utamanya terbuat dari singkong.

Golak ini memiliki rasa yang lezat dan gurih. Sebagai wisatawan, rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipinya.

Memakan golak secara bersama, akan lebih enak. Apalagi sambil ngobrol-ngobrol santai.

Nah, itulah 10 makana khas Kebumen yang tidak boleh kamu lewatkan ketika kamu berkunjung ke daerah jawa tengah. Tunggu apalagi? Ayo coba sekarang juga!

BERI KOMENTAR