8 Makanan Khas Kendal Paling Lezat, Bikin Ketagihan

Makanan khas kendal yang paling unik adalah pecel kembang turi. Tapi, kamu harus cicipi makanan enak lainnya.

Makanan Khas Kendal Paling Lezat

Ceroboh.com – Halo Cer! Apa kalian sekarang ini sedang berjalan-jalan di kawasan Provinsi Jawa Tengah? Atau bahkan kamu sekarang berada di sekitar Kota Kendal? Lalu kamu bingung mau mencicipi atau membawa pulang makanan khas dari kota satu ini?

Kota Kendal merupakan salah satu kabupaten di daerah Jawa tengah yang masih berada di jalur pantura (pantai utara) dan berjarak sekitar 25 km dari sebelah barat Kota Semarang.

Bahkan kamu bisa sampai ke kota Kendalnya menggunakan bust Trans Semarang dengan mudah karena bisa dibilang sih, dekat dengan Kota Semarangnya sendiri.

Nah, tapi bukan itu yang akan dibahas. Kkali ini, Saya akan membahas tentang makanan-makanan khas yang ikonik dan menjadi kekhasan tersendiri bagi Kabupaten Kendal.

Jika kamu sekarang pas sekali berada di kota ini, kamu akan rugi melewatkan makanan-makanan khas Kendal yang sudah antri untuk kamu cicipi atau dibawa pulang.

Nah, apa saja sih makanan di Kendal yang bisa menggugah selera makanmu?

Berikut ini adalah 8 makanan khas Kendal terlezat, bikin kamu ketagihan:

Sate Bumbon Khas Kendal

8 Makanan Khas Kendal Paling Lezat, Bikin Ketagihan
Sate Bumbon Enak

Sate khas Kendal ini dijamin memiliki kekhasan tersendiri. Karena apa? Karena, jika di Madura terkenal dengan sate kambingnya dan Kota Blora terkenal dengan sate ayamnya—bahkan sampai dijuluki kota sate, maka sate bumbon ini dibuat dari bahan utama yaitu daging sapi, loh!

Upsss, jangan salah! Sate bumbon ini meskipun terbuat dari bahan utama daging sapi, jangan ragukan keempukannya. Sate bumbon justru memiliki tekstur daging yang empuk dan tidak alot jika digigit.

Minim menyebabkan sakit gigi. Hehehe …. Apalagi daging sapi akan membuat aroma dan rasanya menjadi unik dan memiliki tingkat kesedapan tersendiri.

Untuk sambal dari sate bumbon, dibuat dari bahan-bahan di antaranya sambal kacang yang kental, irisan bawang merah, tomat dan cabai rawit yang sangat menggoda. Dijamin memantapannya tak tertandingi!

Baca juga: Makanan Khas Lasem

Makanan Momoh Khas Kendal

8 Makanan Khas Kendal Paling Lezat, Bikin Ketagihan
Foto kotakendal.com

Jika sate bumbon terbuat dari daging sapi, maka momoh terbuat dari jeroan sapi. Oh iya, sebelumnya kamu pernah mendengar makanan momoh ini belum? Atau malah sudah pernah mendengar tapi belum mencobanya? Tedengar aneh dan asing, ya? Hehehe ….

Meskipun makanan Kendal satu ini terdengar aneh, tapi rasanya tidak aneh, kok. Bahkan rasanya malah unik dan kelezatannya berbeda dari kuliner khas Kendal yang lain.

Apalagi bumbu-bumbu yang dipakai untuk pengolahan momoh adalah bumbu pilihan yang akan membuat gurih dan sedapnya terasa sekali. Bumbu-bumbu tersebut seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas juga bumbu lainnya.

Tidak hanya dalam bentuk momoh kuah, tapi ada juga momoh goreng yang bisa kamu jadikan teman makan nasi hangatmu. Apalagi disantap di saat siang hari ditemani dengan es teh segar. Tentu akan membuatnya terasa lebih mantap!

Rica-rica Mentok Khas Kendal

8 Makanan Khas Kendal Paling Lezat, Bikin Ketagihan
Sajian Rica-rica Mentok

Kalau kamu sedang berlibur di Kendal, makanan ini kayaknya wajib banget untuk kamu coba. Pasalnya, rica-rica mentok termasuk makanan dari Kendal yang terkenal dengan jenis makanan khas yang kepedasannya dicari banyak orang.

Tapi jangan salah. Buat kamu yang nggak suka dengan pedasnya, kamu bisa memperbanyak kuah santan yang akan meredakan kepedasan di lidahmu.

Oh iya. Karena mentok yang diolah dalam pembuatan rica-rica mentok ini adalah mentok jenis petelur, dijamin deh, dagingnya nggak amis dan menyengat. Kalau nggak percaya, coba aja kamu mendatangi warung rica-rica entok di kawasan Kendal kota. Hayooo, udah mulai ngiler kan? Hohoho ….

Pecel Kembang Turi Khas Kendal

8 Makanan Khas Kendal Paling Lezat, Bikin Ketagihan
Pecel Kembang Turi Yang Enak

Sebenarnya pecel khas Kendal satu ini tidak jauh berbeda dengan pencel pada umumnya. Tapi, yang membuatnya berbeda adalah, untuk sayurnya, pecel kembang turi menggunakan kembang turi yang meskipun pahit, justru rasa pahit tersebut yang membuat rasa pecel satu ini menjadi unik dan khas juga terasa lembut.

Tapi tentu saja tidak hanya daun kembang turi yang digunakan. Ada juga kacang panjang, tauge, kol, sayur kangkung dan sayur bayam.

Pecel kembang turi akan semakin terasa lezatnya jika dimakan dengan dilengkapi ayam kremes ataupun tempe goreng dan bakwan sayur yang akan menyempurnakan kelezatan pecel khas satu ini. Selamat mencoba!

Baca juga: Makanan Khas Klaten

Mangut Lele Khas Kendal

8 Makanan Khas Kendal Paling Lezat, Bikin Ketagihan
Mangut Lele Yang Enak

Jika di daerah-daerah lain pada umumnya mangut terbuat dari ikan-ikan dari laut, mangut khas Kendal satu ini menggunakan ikan lele. Selain harganya yang terjangkau, ikan lele juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah banyak jika dibanding dengan ikan-ikan lain.

Untuk rempah-rempah yang diracik dalam pengolahan mangut lele tidak jauh berbeda juga dengan mangut pada umumnya. Yang membuat berbeda adalah tambahan irisan cabai hijau pedas yang akan membuat lidahmu membara kepedasan.

Makanya, makanan satu ini direkomendasikan buat kamu yang hobi sekali makan makanan pedas.

Brongkos Makanan Khas Kendal

8 Makanan Khas Kendal Paling Lezat, Bikin Ketagihan
Brongkos Asli Kendal

Buat kamu yang tidak tahu apa itu brongkos, brongkos merupakan makanan khas Kendal yang bahan dasarnya sama seperti satn bumbon yaitu daging sapi.

Olahan brongkos tidak jauh berbeda dengan olahan rawon yang ada di daerah Jawa Tengah lainnya. Yaitu, kuah yang berwarna hitam yang berasal dari kluek dan diberi kecap.

Brongkos tampak lebih berbeda karena tambahan cabe merah utuh yang membuatnya terasa semakin mantap dan menantang di lidahmu. Oh iya, untuk mendapatkan satu porsi  brongkos, kocek yang akan kamu rogoh dri sakumu lumayan mahal, loh. Yaitu sebesar 35 ribu rupiah.

Tapi tentu saja sebanding dengan rasanya yang mantap tiada dua. Gimana? Mau coba?

Krupuk Rambak Khas Kendal

8 Makanan Khas Kendal Paling Lezat, Bikin Ketagihan
Krupuk Rambak Kriuk

Jika enam makanan khas Kendal di atas berupa kuliner, maka krupuk rambak adalah makanan khas Kendal berupa oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang selepas kamu berkuliner dan berjalan-jalan di daerah Kendal.

Krupuk rambak terbuat dari bahan utama kulit kambing atau kulit sapi yang kemudian dikeringkan. Setelah benar-benar kering, barulah kulit tersebut digoreng.

Setelah digoreng, kemudian dibumbui dengan rempah-rempah pilihan yang akan membuat rasanya semakin lezat, gurih dan istimewa di lidah. Nah, untuk bisa mendapatkan krupuk rambah khas Kendal satu ini, kamu bisa langsung cus ke kawasan jalan H. Matoha.

Lainnya: Makanan Khas Pati

Sumpil Khas Kendal

8 Makanan Khas Kendal Paling Lezat, Bikin Ketagihan
Sumpil Makanan Khas Kendal

Sumpil, ya. Bukan sumpel, huhuhu ….

Bahan utama dari sumpil berasal dari beras. Jika lontong dibungkus dengan daun pisang, maka sumpil dibungkus dengan daun bambu. Sumpil dimakan dengan parutan kelapa yang sudah diolah menjadi sambal kelapa.

Biasanya sumpil dibuat ketika acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh warga Desa Kaliwungu karena makanan ini berasal dari daerah Kaliwungu, Kendal.

Semoga uraian di atas menambah pengetahuan tentang makanan khas dari Kendal, ya. Pertanyaannya, dari semua makanan khas Kendal yang telah kami jelaskan, apa yang membuat teman-teman penasaran untuk mencicipinya jika kamu berkunjung ke kota Kendal? Tulis di komentar, ya. Selamat berlibur!

BERI KOMENTAR