8 Makanan Khas Klaten Yang Maknyus Dan Bikin Nagih

Makanan khas Klaten yang paling populer adalah Sego Gudangan, tapi jangan sungkan untuk menikmati makanan enak lainnya.

8 Makanan Khas Klaten Yang Maknyus Dan Bikin Nagih

Ceroboh.com– Jika kamu sekarang sedang merencanakan jalan-jalan ke suatu kota, atau bahkan sedang jalan-jalan di salah satu kota di kabupaten di Jawa Tengah, kamu bisa sekali memilih daerah satu ini untuk kamu jadikan destinasi. Namanya adalah Kabupaten Klaten.

Jika kamu berkunjung ke Klaten, kamu akan menemukan hal unik dari kabupaten ini. Apa yang membuatnya berbeda? Karena Klaten merupakan satu daerah di Jawa Tengah yang diapit oleh dua kerajaan. Yang pertama adalah Keraton Solo atau Surakarta, yang kedua adalah Keraton Yogyakarta. Jadi tentunya, Klaten adalah satu daerah strategis yang menghubungan dua daerah besar ini.

Selain banyak sekali ditemukan wisata-wisata seru, Klaten tentunya juga memiliki makanan khas yang membuat para pelancong merasa rugi jika melewatkan semua makanan khas yang ada.

Berikut ini adalah makanan khas Klaten yang rasanya maknyus dan dijamin akan membuatmu rindu saat meninggalkan Klaten:

Sego Wiwit Khas Klaten

8 Makanan Khas Klaten Yang Maknyus Dan Bikin Nagih
Sego Wiwit di Mangkok

Makanan khas pertama jika kamu sedang berkunjung ke Klaten yang wajb kamu coba adalah sego wiwit. Buat kamu yang penasaran bagaimana sajian sego wiwit, sego wiwit merupakan nasi yang kemudian dipadu dengan gudangan, telur, asinan dan biasanya diberi lauk peyek kacang tolo.

Konon, sego wiwit biasanya disajikan dalam acara-acara selametan seperti hajatan dalam rangka sedekah bumi. Tapi seiring berkembangnya zaman, sego wiwit kini bisa ditemukan di warung-warung makan yang ada di kota Klatennya.

Untuk masalah harga sih, tak perlu dikhawatirkan. Karena satu porsi sego wiwit saja harganya hanya dipatok tujuh ribu rupiah. Kamu bisa menemukan sego wiwit di kawasan Tlogo tepatnya di Sego Wiwit Prambanan.

Baca juga: Makanan Khas Kudus

Nasi Terancam Khas Klaten

8 Makanan Khas Klaten Yang Maknyus Dan Bikin Nagih
Nasi Terancam Enak

Makanan khas kedua yang bisa kamu cicipi ketika kamu berkunjung di Klaten adalah nasi terancam. Yang khas dari nasi terancam adalah sayur dan bumbu yang digunakan adalah sayur mentah. Jadi ya ndak heran kalau aroma dan rasanya begitu kuat dan lebih tajam terasa, ketimbang bumbu yang sudah dimasak. Buat kamu yang suka sayur, makanan ini rekomendasi sekali, deh.

Harga nasi ini lumayan merogoh kocek, sih. Seharga 18.000 karena di dalamnya ada ayamnya Hehehe …

Sego Gudangan Khas Klaten

8 Makanan Khas Klaten Yang Maknyus Dan Bikin Nagih
Sego Gudangan Hidangan Menarik

Bisa dibilang, kuliner satu ini tidak sulit untuk menemukannya. Karena nasi gudangan bisa ditemukan di sekitar alun-alun atau di pinggir jalan pedagang kaki lima dengan harga yang sanat terjangkau dan tidak merobek kantongmu. Hanya sekitar tiga ribu rupiah. Murah, kan?

Biasanya masyarakat sekitar menjadikan sego gudangan sebagai sarapan. Sego gudangan berbahan dasar sayuran, kemudian dicampur dengan bumbu kacang dan parutan kelapa lalu terakhir diberi saus tempe. Yakin tidak coba?

Swike Kodok Khas Klaten

8 Makanan Khas Klaten Yang Maknyus Dan Bikin Nagih
Swike Berbahan Kodok Khas Klaten

Kalau mendengar kata swike yang dibenak kita pasti daerah Purwodadi. Tapi jangan salah, loh. Klaten juga memiliki swike kodok khas Klaten sendiri. Seperti namanya, swike kodok berbahan dasar kodok yang kemudian dimasak bersama dengan rempah khusus yang diolah dengan cara khas pula.

Swike kodok bisa kamu temukan di daerah Kawrangduwet, Mejayan, Klaten tepatnya di Warung Swike Bu Reso yang terletak di belakang Plasa Matahari dengan patokan harga antara 10-15 ribu saja.

Lihat juga: Makanan Khas Batang

Slondok Khas Klaten

8 Makanan Khas Klaten Yang Maknyus Dan Bikin Nagih
Slondok Khas Klaten

Bahan utama dari makanan khas Klaten satu ini adalah singkong. Awalnya singkong digiling. Setelah digiling kemudian direbus dengan rempah khusus yang sudah disiapkan. Setelah itu barulah dibentuk seperti cincin dan dijemur sampai kering.

Jika bahan benar-benar kering, barulah slondok digoreng. Dan jadilah makanan khas Klaten yaitu slondok. Kamu bisa menjadikan slondok sebagai oleh-oleh untuk kamu hadiahkan kepada kerabat ataupun teman dekatmu.

Bakmi Miroso Asal Klaten

8 Makanan Khas Klaten Yang Maknyus Dan Bikin Nagih
Bakmi Miroso Enak

Bakmi merupakan bakmi legendaris yang akan menyesal jika kamu melewatknannya. Bakmi miroso juga merupakan makanan khas Klaten selanjutnya. Bakmi ini terdiri dari mie pangsit khas Klaten, ayam koloke dan nasi goreng. Untuk resepnya merupakan resep turun temurun. Jadi dimakin rasanya sangat khas dan berbeda dari daerah lain.

Kepel Khas Klaten

8 Makanan Khas Klaten Yang Maknyus Dan Bikin Nagih
Foto dari cookpad

Makanan ini dinamakan kepel karena makanan ini bentuknya seperti kepalan-kepalan kecil, gitu. Makanna ini berasal dari Desa Pedan. Kepel termasuk jajanan khas yang sekarang mulai sulit ditemukan.

Kepel terbuat dari tepung gandum, merica dan bawang merah serta bawang putih dan diberi garam dan air secukupnya.

Wajik Buatan Khas Klaten

8 Makanan Khas Klaten Yang Maknyus Dan Bikin Nagih
Wajik Buatan Klaten

Makanan satu ini merupakan makanan khas tradisional yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika kamu pulang kembali ke kotamu. Rasanya manisnya yang khas akan membuatmu ketagihan, loh. Harganya juga terjangkau.

Itulah 8 makanan khas Klaten yang akan menyesal jika kamu melewatkannya. Semoga menambah pengetahuan temen-temen yang berkunjung ke daerah Klaten, ya. Selamat berlibur!

Lainnya: Makanan Khas Rembang

BERI KOMENTAR