10 Makanan Khas Blora, Bisa Bikin Ketagihan

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kota Blora dan ingin tahu apa saja makanan khas Blora, wajib baca artikel ini. Nikmati kelezatan kulinernya!

Ceroboh.com – Kota Blora merupakan salah satu kabupaten kecil di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan dua kabupaten di Jawa Timur yaitu Ngawi dan Tuban. Selain itu, Blora juga berbatasan langsung dengan Rembang, Pati, Kudus dan Grobogan.

Kota Blora terkenal akan hutan jatinya yang luas. Bahkan Blora merupakan penghasil kayu jati terbaik di Indonesia. Dan yang bikin khas, Kota Blora juga budaya uniknya yang disebut dengan Barongan. Karena itu juga, Blora juga terkenal dengan sebutan Kota barongan.

Kalau untuk julukan Kota Sate, kamu sudah tidak asing lagi, kan? Iya, Blora juga terkenal dengan satenya yang sedap, nikmat dan memiliki kekhasan tersendiri di hati para penikmatnya.

Tapi kali ini selain sate, saya akan mencoba mengulas beberapa kuliner lain seperti dumbeg, pecel dan masih banyak lagi.

Inilah 10 makanan khas Blora yang rasanya enak dan bisa bikin ketagihan:

Sate Ayam Khas Blora

Makanan Khas Blora Bisa Bikin Ketagihan
Sate Ayam Blora – Foto @hroeriz

Pertama dan yang utama ketika berkunjung ke Blora, kuliner yang wajib kamu coba adalah sate. Yang membedakan antara sate ayam Blora dengan sate Madura adalah terletak pada cara penyajiannya. Sate ayam Blora tidak serta merta menggunakan piring, tapi menggunakan daun jati.

Untuk bisa menikmati sate ayam khas Blora memang agak perlu merogoh kantong lebih dalam, sih. Karena dagingnya menggunakan daging ayam kampung yang masih muda. Hal itu membuat tekstur dagingnya terasa empuk.

Proses pengolahan yang berbeda dan tidak bisa ditemukan di daerah lain yaitu sebelum dipanggang dagingnya di marinade dengan rempah khusus. Bumbu yang digunakan juga menggunakan bumbu khusus yang berbeda dari daerah lain.

Apalagi dengan ditambah guyuran kuah sayur lodeh yang membuat satenya terasa mantap. Bahkan presiden Amerika, Barak Obama merindukan kuliner Indonesia satu ini, loh!

Lihat juga:Makanan Khas Grobogan

Sate Kambing Khas Blora

Makanan Khas Blora Bisa Bikin Ketagihan
Sate Kambing Blora – Foto @kanjengprabudesign

Makanan khas Blora yang paling populer adalah sate kambing. Tidak jauh berbeda dengan sate ayam, daging yang diambil dari sate kambing khas Blora menggunakan daging kambing yang muda yang memiliki tekstur empuk dan sangat terasa lezat dilidah.

Untuk bumbunya, sate kambing khas Blora menggunakan irisan bawang merah dan tomat mentah yang dicampur dengan kecap.

Dan yang membuatnya menjadi lebih khas lagi, sate ini juga diguyur dengan kuah lodeh kemudian ditaburi klethuk seperti soto klethuk khas Blora. Wah, pasti rasanya sangat lezat.

Pecel Pincuk Khas Kota Blora

Makanan Khas Blora Bisa Bikin Ketagihan
Pecel Pincuk – Foto @zivrisclay

Pecel pincuk biasanya dijadikan sebagai sarapan pagi bagi masyarakat Blora. Kamu bisa menjumpai pecel pincuk hampir di setiap sudut daerah kota Blora setiap pagi di jam-jam berangkat kerja.

Sayuran yang digunakan dalam pecel pincuk biasanya sayuran kacang panjang, daun ubi dan tauge yang kemudian atasnya disiram dengan sambal kacang khas Blora. Yang rasa khasnya tidak dapat ditemui di daerah lain.

Disebut pecel pincuk karena penyajiannya menggunakan daun jati yang dipincuk.

Soto Klethuk Makanan Khas Blora

Makanan Khas Blora Bisa Bikin Ketagihan
Soto Kelethuk – Foto @laurence.jehezquiell

Kenapa disebut soto klethuk? Karena penyajian sotonya menggunakan toping klethuk yang terbuat dari singkong yang dikusus, kemudian di iris kubus kecil-kecil dan digoreng sampai kering.

Untuk bahan sajian lainnya, soto klethuk dilengkapi dengan mie sohun, suwiran daging ayam, daun kucai, dan tauge.

Untuk kuahnya, soto klethuk makanan khas Blora cenderung bening sehingga menjadikan sotonya terasa lebih segar dan mantap. Penasaran ingin mencoba?

Lihat juga:Makanan khas Ciamis Paling Enak

Sego Kobong Blora

Makanan Khas Blora Bisa Bikin Ketagihan
Sego Kobong Blora @genidproduction

Kobong dalam Bahasa Jawa artinya kebakaran. Sedangkan sego artinya nasi. Dinamakan sego kobong karena nasinya dibakar.

Sego kobong disajikan dengan cara dibakar, dibungkus daun pisang yang di dalamnya dilengkapi dengan macam-macam rasa seperti cumi, pindang, ayam dan lain-lain.

Biasanya bisa dijumpai di malam hari di angkringan-angkringan pinggir jalan atau sekitaran alun-alun.

Es Jati Asli Blora

Makanan Khas Blora Bisa Bikin Ketagihan
Es Jati – Foto @jalanmangan

Nah, setelah kuliner-kuliner makanan berat, sekarang saatnya mencoba kuliner berupa minuman yang segar. Es jati sebenarnya penyajiannya tidak jauh berbeda dengan es cincau Bandung pada umumnya.

Yang membuatnya berbeda, jika cincau terbuat dari daun cincau, maka es jati terbuat dari daun jati bagian pucuk sehingga menjadikan warnanya berwarna hijau kemerah-merahan.

Untuk menikmati es jati, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar 3000 rupiah dan kamu sudah bisa menikmati kesegarannya.

Kopi Santan di Blora

Makanan Khas Blora Bisa Bikin Ketagihan
Kopi Santan Blora – Foto @christincheese

Kopi santan juga merupakan salah satu kuliner unik di Blora. Kopi santan merupakan kopi yang dipadu dengan santan alami dari parutan kelapa asli yang apabila menyeruputnya, kamu akan menemukan rasa sedap tiada banding.

Kopi santan harganya juga terjangkau. Hanya dengan membayar 4000 rupiah kamu sudah bisa menyeruput kopi ini. Sayangnya, untuk mendapatkan satu gelas kopi saja, kamu bisa antri dua jam karena saking ramenya tempatnya.

Kamu bisa menemukan kopi santan ini di daerah Jepangrejo tepatnya di Warung Kopi Mbak Sakijah.

Dumbeg Khas Kota Blora

Makanan Khas Blora Bisa Bikin Ketagihan
Dumbeg – Foto @layseatdiary

Setelah kopi santan, mari berlari ke kue tradisional. Dumbeg terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula jawa, gula aren dan garam. Bahan-bahan tersebut diaduk rata dengan tekstur yang encer.

Lalu dituangkan dalam janur yang dibentuk menyerupai terompet. Karena dibungkus janur itulah, jajanan kue tradisional ini menjadi terasa lebih sedap.

Makanan khas Blora ini memiliki rasa yang enak. Wajib kamu cicipi.

Wedang Cemohe Khas Blora

Makanan Khas Blora

Kuliner terakhir khas Blora yang wajib kamu cicipi adalah wedang cemohe. Wedang cemohe adalah wedang yang direbus, terbuat dari rebusan jahe. Untuk isi, wedang cemohe tediri dari potongan roti tawar kecil-kecil, kelapa muda yang dipotong kecil-kecil, serta kacang tanah dan susu krim kental manis.

Biasanya kamu bisa menemukan minuman ini di malam hari karena minuman ini cocok disantap di malam hari yang dingin, setelah atau di saat hujan.

Lainnya:Oleh-oleh khas palu yang wajib dibeli

Alternatif Makanan Khas Blora

Kuliner khas Blora lain yang dapat kamu jumpai di Blora di antaranya:

  • Opor Ayam Khas Jawa
  • Tape Sugihan
  • Mancho Khas Blora
  • Sate Sapi
  • Lontong Tahu Dan Lontong Sayur Khas Blora
  • Dan Masih Banyak Lagi Kekhasan Kuliner Blora

Demikian ulasan singkat mengenai wisata kuliner di Kota Blora yang wajib kamu cicipi apabila kamu sedang berkunjung ke Blora. Gimana? Terlihat lezat-lezat kan, makanan khas Blora di atas?

Kalau mampir ke kota ini, jangan lupa mencobanya barang satu dua makanan khas, yaaaa. Semoga bisa menambah pengetahuanmu tentang kuliner khas Kota Blora.