8 Makanan Khas Kudus Paling Enak dan Populer

Benarkah makanan khas Kudus banyak berbahan baku Kerbau? kalo mau tau bahasan lengkapnya, baca sampai tuntas ulasan kami ini!

8 Makanan Khas Kudus Paling Enak dan Populer

Ceroboh.com – Masih dalam lingkup Provinsi Jawa Tengah, kali ini Saya akan mengulas tentang makanan khas yang ada di salah satu daerah unik dan penuh dengan wisata religi di daerah Jawa Tengah bagian utara. Nama kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kudus.

Pernah mendengar daerah Kabupaten Kudus? Kabupaten Kudus terkenal dengan banyaknya pesantren-pesantren besar dan terkenal dengan dengan wisata religinya yang sangat populer yaitu menara Kudus.

Karena Kudus adalah kota dengan wisata religi yang terkenal dengan menara Kudus dan makam sunan kalijaga juga berada di sana, tentu saja para wisatawan juga akan mencari makanan khas yang ada di daerah Kudus, dijadikan wisata kuliner atau oleh-oleh untuk dibawa pulang buat keluarga dan kerabat di rumah.

Selain soto kerbau khas Kudus yang sudah terkenal di seluruh Pulau Jawa bahkan Indonesia, Kota Kudus juga terkenal dengan lenthog yang memiliki rasa yang khas dan unik di lidahmu.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Kudus yang sayang banget jika kamu melewatkannya ketika kamu berkunjung ke daerah ini setelah wisata religi atau wisata lain.

Lenthog Tanjung Khas Kudus

8 Makanan Khas Kudus Paling Enak dan Populer
Sajian Lenthog Tanjung

Bagi kamu yang sekarang ini sedang berkunjung di Kudus, rekomendasi makanan khas pertama yang harus kamu coba adalah lenthog. Lenthog merupakan makanan khas tradisional dari Kudus yang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Bahan dasar lenthog yaitu lontong. Jadi lontong tersebut dipotong kecil-kecil di dalam piring yang dberi alas daun pisang, lalu disiram dengan sayur lodeh. Buat yang tidak tahu sayur lodeh, sayur lodeh merupakan sayur bersantan kental dengan bumbu pedas yang khas. Biasanya sayur lodeh pada lenthog isinya terdiri dari tewel atau nangka muda dan tahu.

Lenthog akan semakin lezat jika disantap bersama dengan sate telur puyuh, bakwan sayur, tempe goreng atau kerupuk. Lenthog juga biasa disebut dengan lenthog tanjung karena makanan lenthog sendiri berasal dari Desa Tanjung, Kudus.

Baca juga: Makanan Khas Jepara

Nasi Pindang Khas Kudus

8 Makanan Khas Kudus Paling Enak dan Populer
Nasi Pindang Enak

Nasi pindang ini, kalau dilihat dari penyajiannya, sekilas mirip dengan rawon.  Meskipun bernama nasi pindang, bahan dasar dalam pembuatan nasi pindang justru ada pada daging kerbaunya. Sedangkan kuahnya berasal dari kuah ikan pindang.

Makanya disebut dengan nasi pindang. Seperti yang sudah dijelaskan, kuah nasi pindang bumbunya juga agak mirip dengan rawon karena ia berwarna kecoklatan. Kuahnya lebih terasa lezat dan gurih karena ditambahi juga dengan daun mlinjo muda.

Nasi pindang enak dimakan kalau ditemani dengan nasi hangat di siang hari. Dijamin segar, deh. Apalagi kemantapan kuahnya yang khas dan berbeda dari daerah lain. Dijamin akan membuatmu ketagihan.

Oh iya, nasi pindang juga disebut nasi pindang colo karena berasal dari Desa Colo.

Soto Kerbau Khas Kudus

8 Makanan Khas Kudus Paling Enak dan Populer
Soto Kerbau Khas Kudus

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Kudus yang paling dicari para wisatawan setiap kali mereka berkunjung ke Kudus ini. Pasalnya, jika soto biasanya berbahan daging sapi, di Kudus justru adanya soto berbahan daging kerbau.

Penyebabnya unik. Konon, karena orang Kudus dulu di zaman Kerajaan Hindu, sapi merupakan hewan yang disucikan masyarakat Hindu Kudus yang saat itu masih berkeyakinan Hindu.

Jadi sampai sekarang warga Kudus mematuhi pantangan itu. Makanan-makanan yang semestinya berasal dari daging sapi, biasanya diganti daging kerbau. Termasuk soto kerbau ini.

Isi dari soto Kudus di antaranya tauge, seledri, kpol yang kemudian supaya semakn gurih diberi toping bawang goreng. Kuahnyapun melengkapi kesegaran dan kelezatannya.

Baca juga: Makanan Khas Klaten

Sate Kerbau Makanan Khas Kudus

8 Makanan Khas Kudus Paling Enak dan Populer
Sate Kerbau Gurih dan Enak

Seperti halnya soto khas Kudus, daging yang digunakan dalam sate tidak memakai daging kambing ataupun daging sapi akan tetapi daging kerbau. Pengolahan sate kerbau juga unik loh.

Tidak seperti pada umumnya yang setelah diiris kemudian ditusuk lalu dibakar, tapi sehabis dipotong kecil-kecil, dagingnya dimemarkan terlebih dahulu.

Setelah memar dan agak pipih, barulah dilumuri rempah yang sudah diuleg lalu didiamnya selama beberapa waktu dengan tujuan supaya bumbunya meresap sempurna.

Dalam  proses pembakaran sate, waktu yang diperlukan juga tidak terlalu lama supaya dagingnya tetap terjaga keempukannya dan tidak alot jika dimakan.

Bumbu pada sambal yang disiramkan ke sate berbeda dari daerah lain. Bumbu tersebut, selain bawang, ia juga dicampur dengan kacang tanah, kentang dan serundeng yang akan menambah kelezatan sate ketika disantap bersama dengan nasi hangat dan teh hangat di malam hari.

Opor Bakar Sunggingan Khas Kudus

8 Makanan Khas Kudus Paling Enak dan Populer
Opor Bakar Sunggingan

Opor ini dinamakan opor bakar sunggingan dikarenakan berasal dari Desa Sunggingan yang dibuat sejak tahun 1920-an. Yang membuat opor bakar khas Kudus ini berbeda dengan opor lain adalah, cara masaknya yang unik.

Jika opor lain dimasak dengan dipotong-potong terlebih dahulu dagingnya, maka opor bakar sunggingan dimasak dengan dibiarkan dagingnya utuh tanpa dipotong-potong. Nah, bumbu-bumbu yang sudah diracik lalu dimasukan ke dalam rongga ayam supaya bumbunya meresap sempurna.

Setelah ayamnya sudah masak, lalu diangkat dan dibakarlah ayam tersebut hingga merata sehingga disebut dengan opor bakar. Setelah ayam diangkat dari pembakaran, ayam kemudian dipotong-pptong menjadi beberapa bagian dan lalu disiram dengan kuah santan kental mirip seperti kuah opor biasanya. Dan opor bakar sunggingan siap disantap!

Ayam Gongso Khas Kudus

8 Makanan Khas Kudus Paling Enak dan Populer
Ayam Gongso

Makanan khas satu ini enak disantap bersama dengan nasi hangat ketika siang hari. Disebut ayam gongso karena ayamnya ditumis. Gongso berasal dari Bahasa Jawa yaitu tumisan.

Untuk menumis ayam gongso, supaya lebih sedap ditambah dengan kecap yang akan membuat makanan ini terasa gurih dan manis serta lezat yang bercampur menjadi satu.

Nggak bakal rugi deh, menyantap makanan khas satu ini. Apalagi disantap bersama rang tercinta. Semakin terasa mantap kan?

Baca juga: Makanan Khas Lasem

Lepet Khas Kudus

8 Makanan Khas Kudus Paling Enak dan Populer
Lepet Makanan Khas Kudus

Lepet merupakan makanan yang dibungkus dengan daun kelapa. Bahan utamanya yaitu ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan biasanya juga kacang tolo atau nangka. Kamu bisa menjadikan lepet Kudus sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Karena jajanan tradisonal satu ini lezat dan mengenyangkan.

Biasanya lepet dimasak ketika hari raya idul fitri bersama dengan ketupat, lontong dan lain-lain.

Garang Asem Khas Kudus

8 Makanan Khas Kudus Paling Enak dan Populer
Garang Asem dari Kudus

Seperti garang asem di daerah Jawa Tengah lain, garang asem dari Kudus ini juga dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukuslah sampai matang.

Garang asem dari Kudus bahan utamanya adalah daging ayam, tahu, kan dan jeroan ayam. Apalagi tomat dan cabe yang membuatnya menjadi terasa pedas dan asam yang gurih. Siap menyantap makanan satu ini?

Itulah beberapa makanan khas Kudus yang akan rugi jika kamu lewatkan begitu saja ketika kamu berkunjung ke kota religi satu ini. Cobain deh, satu atau dua makanan khas yang sudah kami uraikan di atas.

Dan semoga uraian ini membantu kamu untuk menambah pengetahuan tentang makanan khas Kudus. Selamat berwisata religi sekaligus berwisata kuliner!